Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

Siap Nasionalkan Produk Lokal, ini yang Dilakukan Disperindag Bangka Tengah

242
×

Siap Nasionalkan Produk Lokal, ini yang Dilakukan Disperindag Bangka Tengah

Sebarkan artikel ini
IMG 20231205 WA0031

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop-UMKM) Kabupaten Bangka Tengah memiliki peran penting dalam mendukung dan mengembangkan produk lokal daerah.

Ali Imron selaku Kepala Disperindagkop-UMKM Bangka Tengah mengungkapkan langkah-langkah yang akan diambil oleh dinas tersebut untuk mendorong produk lokal Bangka Tengah.

Ali Imron menjelaskan bahwa Disperindagkop-UMKM Bangka Tengah akan fokus pada tiga hal, yaitu pengemasan produk lokal, pergantian pembuatan logo halal, dan ijin BPOM digital marketing. Menurutnya, langkah-langkah ini diambil untuk meningkatkan kualitas dan mutu produk lokal serta mendorong konsumen untuk memilih produk-produk lokal.

“Kita akan buat produk lokal Bangka Tengah sampai ke nasional dengan membantu pengawasan, ijin BPOM, Logo halal dan juga pemasaran secara digital untuk para pelaku UMKM di Bangka Tengah, ” ucapnya kepada intrik.id, Selasa (5/12/2023).

Ali Imron mengatakan bahwa Disperindagkop-UMKM Bangka Tengah akan memberikan dukungan dalam pengemasan produk lokal. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya tarik produk agar lebih menarik minat konsumen.

“Dinas akan membantu para pelaku UMKM dalam merancang kemasan yang menarik, fungsional, dan sesuai dengan standar keamanan pangan agar banyak pelanggan tertarik dengan rumah kemasan kita yang ada di Provinsi agar masyarakat UMKM bisa lebih berkembang,” ujarnya.

Ali juga menjelaskan tentang rencana penerbitan pembuatan logo halal dimana Disperindagkop-UMKM Bangka Tengah akan menggencarkan pelatihan dan pemutakhiran sertifikasi halal bagi para pelaku UMKM di daerah tersebut. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk lokal yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM.

“Kalau ada logo halal dan ijin BPOM pasti pelanggan juga merasa aman dalam belanja produk kita makanya itu penting, ” ungkapnya.

Terakhir, Ali Imron menyampaikan bahwa Disperindagkop-UMKM Bangka Tengah akan membantu para pelaku UMKM dalam memperoleh ijin BPOM digital marketing. Dinas ini akan memberikan pendampingan dan bimbingan kepada pelaku UMKM dalam proses pengajuan ijin BPOM yang dibutuhkan untuk mempromosikan produk secara daring melalui media sosial dan platform digital lainnya. Dengan adanya ijin BPOM digital marketing, para pelaku UMKM akan memiliki kepercayaan dari konsumen bahwa produk mereka telah memenuhi persyaratan keamanan dan kualitas yang ditetapkan oleh BPOM.

“Dukungan dari berbagai pihak, terutama masyarakat dan pemerintah daerah, dalam mendorong produk lokal Bangka Tengah sangat penting karena dengan adanya dukungan ini, produk lokal Bangka Tengah dapat semakin berkembang, memberikan manfaat ekonomi bagi pelaku UMKM, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, ” tutupnya.