Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 5 Tanda-Tanda Akun FB Diretas, Ketahui Penyebab dan Solusinya

923
×

Inilah 5 Tanda-Tanda Akun FB Diretas, Ketahui Penyebab dan Solusinya

Sebarkan artikel ini
akun fb diretas

Inilah Tanda-tanda Akun FB Diretas – Tanda-tanda akun Fb diretas harus Anda kenali dengan baik. Dengan mengenali apa tanda-tanda tersebut, maka akun Fb bisa lebih cepat terbebas saat diretas. Oleh karena itu, pastikan Anda cermati tutorial aplikasi Facebook di bawah ini.

Tanda-Tanda Akun Fb Diretas Hacker

Facebook merupakan salah satu platform media sosial yang memiliki banyak pengguna karena berbagai fitur menarik di dalamnya. Selain itu, Facebook juga memiliki banyak penggemar sebab menawarkan segi keamanan yang baik.

Hanya saja karena beberapa penyebab atau alasan tertentu, tak sedikit pengguna Facebook yang kena serangan hacker. Jika sudah demikian, media sosial Facebook Anda bisa berpindah tangan ke hacker.

Selain itu, Anda juga bisa kehilangan data yang ada di dalam Facebook. Semakin mengkhawatirkan karena hacker juga bisa lebih mudah dalam menyerang akun media sosial Anda lainnya.

Mengetahui bahaya tersebut, sudah seharusnya Anda meningkatkan keamanan Facebook. Apabila sudah terlanjur kena sadap, lebih baik kenali tanda-tanda akun Fb diretas.

Baca juga: Tidak Bisa Membuka Kata Sandi FB, Cek Solusi dan Penyebabnya 100% Ampuh!

Ada Aktivitas Mencurigakan

Salah satu ciri Facebook Anda kena bajak yaitu terdapat aktivitas mencurigakan. Misalnya Anda tidak mengakses akun Facebook sama sekali selang beberapa waktu.

Namun ketika Anda mengoperasikan akun Facebook, justru ada sejumlah aktivitas yang terjadi sebelumnya. Hal ini menandakan bahwa tidak hanya Anda saja yang mengoperasikan akun Facebook tersebut.

Adapun contohnya yaitu meninggalkan komentar di suatu postingan, membuat unggahan, mengirim pesan ke pengguna lain, dan masih banyak lagi. Anda patut curiga dengan hal itu, sehingga harus cepat-cepat ganti akses loginnya.

Tidak Bisa Login

Apabila Anda tidak bisa login ke akun Facebook, ada kemungkinan sudah kena bajak. Tanda-tanda akun Fb diretas ini bisa terjadi apabila hacker telah mengganti email maupun kata sandi yang Anda daftarkan.

Kondisi ini membuat Anda kesulitan untuk akses Facebook maupun mengembalikannya. Pasalnya, Anda sudah tak bisa mengganti kata sandi tanpa tautan verifikasi ke email.

Semakin sulit Anda kembalikan apabila Facebook tak memiliki nomor telepon. Maka dari itu, lebih baik daftarkan nomor telepon saat membuat akun Facebook.

Nama Akun Berubah

Tanda-tanda lainnya apabila akun Fb Anda diretas yaitu nama akun ataupun informasi pribadi berubah. Saat nama akunnya berubah, Anda tentu kesulitan dalam melacaknya.

Meski Anda meminta bantuan teman ataupun orang lain pun, tentu juga kesulitan untuk melakukannya. Kendati demikian, Anda tetap bisa mendapatkan akun email kembali apabila dalam kondisi login.

Ada Pesan Status yang Tidak Wajar

Ketika ada pesan status Fb yang tidak wajar, bisa jadi tanda-tanda akun diretas. Mungkin pemberitahuan tersebut seperti Anda baru saja mencoba masuk akun dari negara lain.

Bisa juga pesan berisikan informasi Facebook siap terunduh. Selain itu, pesannya juga bisa berisi pemberitahuan soal percobaan untuk mengunggah sesuatu yang melanggar pedoman Facebook.

Anda jangan mengabaikan pesan tersebut jika mendapatkannya dari Facebook resmi. Jika tidak segera bertindak, Anda benar-benar akan kehilangan akun Facebook.

Mengirim Permintaan Pertemanan ke Orang Tak Dikenal

Anda harus waspada jika akun Facebook secara tiba-tiba mengirim permintaan pertemanan ke orang tak dikenal. Terlebih lagi jika Anda tidak melakukannya sebelumnya. Hal ini termasuk tanda-tanda akun Fb diretas.

Perlu Anda ingat kembali bahwa biasanya pengguna Facebook seringkali mengirimkan pertemanan pada orang-orang terdekat. Orang-orang tersebut ia kenal di dunia nyata.

Penyebab Akun Facebook Kena Hack

Selain mengetahui tanda-tanda Fb diretas, tak kalah penting pula untuk memahami sebenarnya apa yang jadi penyebab akun kena hack. Adapun beberapa penyebabnya ialah sebagai berikut.

Malware

Salah satu pemicunya ialah ada malware. Perlu untuk Anda ketahui bahwa malware bisa merusak ataupun membahayakan sistem gadget. Malware ini juga bisa kita kenal dengan virus.

Apabila perangkat yang Anda gunakan terdapat malware, tak heran jika akun Facebook berisiko tinggi terkena retas. Bahkan tidak hanya menyerang Facebook saja, namun juga berbagai platform media sosial lainnya.

Semakin menakutkan karena juga berisiko tinggi untuk mengakses akun perbankan yang Anda miliki di ponsel. Untuk penyebab yang satu ini, sudah semestinya Anda menjaga keamanan HP dengan baik.

Anda harus rutin membersihkan virus dari HP. Untuk melakukannya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi khusus yang saat ini sudah banyak tersedia di Google Play Store maupun App Store.

Kualitas Kata Sandi Buruk

Sudah tak heran jika kualitas kata sandi bisa mempengaruhi peluang pembajakan. Apabila kualitas kata sandinya buruk, akun Fb Anda jelas lebih mudah memperlihatkan tanda-tanda diretas.

Begitu pula sebaliknya. Jika keamanan kata sandinya sangat baik dan kuat, siapapun itu pasti kesulitan untuk membobol Facebook Anda.

Sebagai tips untuk Anda yang ingin menciptakan kata sandi kuat demi keamanan Facebook, lebih baik membuat password panjang. Dalam password tersebut, jangan isi dengan kata-kata umum.

Hindari pula pembuatan kata sandi yang berisikan tanggal lahir atau hal pribadi lainnya. Hal tersebut akan membuatnya mudah orang lain tebak.

Alangkah lebih baik jika Anda membuat kata sandi yang berisikan berbagai jenis karakter. Misalnya saja huruf kapital, huruf kecil, simbol, angka, dan lainnya.

Cara Mengatasi Facebook Kena Hack

Ketika Anda menemukan tanda-tanda akun Fb diretas, pastikan segera mengatasinya. Untuk mengatasinya pun terbilang cukup mudah. Berikut beberapa caranya.

Ganti Password

Salah satu cara yang bisa langsung Anda lakukan ketika muncul ciri Facebook kena hack, pastikan segera mengganti password. Dengan menggantinya secepat mungkin, maka pihak lain akan otomatis logout dari Facebook dan tak bisa login lagi ke akun Anda.

Saat mengganti password, pastikan tidak menggunakan kata sandi sama dengan akun lainnya. Agar semakin aman, alangkah baiknya jika Anda juga mengganti nomor telepon, email, ataupun informasi penting lainnya.

Cek Tempat Login

Selain mengganti password, Anda juga perlu mengecek tempat login saat menyadari ada tanda-tanda akun Fb diretas.

Anda harus curiga terhadap sejumlah tempat login yang tidak wajar. Adapun untuk melakukannya ialah sebagai berikut.

  1. Anda bisa login Facebook seperti biasanya dengan memasukkan username atau nomor telepon dan kata sandi.
  2. Setelah berhasil login ke Facebook, bukalah menu Pengaturan Keamanan dan Login.
  3. Kemudian bisa langsung buka Tempat Anda Login.
  4. Klik Lihat Selengkapnya supaya Anda bisa cek seluruh tempat untuk login Facebook secara jelas.
  5. Langsung saja akhiri tempat login selain Anda. Caranya, Anda bisa klik dan pilih Logout.

Dengan mengikuti cara di atas, Anda telah mengeluarkan tempat login yang tidak wajar. Dalam artian, hanya Anda yang sedang login Facebook.

Akses Laman Cari Akun Anda

Cara lainnya yang juga bisa Anda lakukan saat mengenali tanda-tanda Fb diretas yaitu mengakses halaman Cari Akun. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

  1. Siapkan browser di ponsel untuk mengakses facebook.com/login/identify.
  2. Saat sudah membuka halaman Cari Akun, Anda tinggal mengikuti petunjuk.
  3. Langkah berikutnya, Anda bisa mencari akunnya. Anda cari saja berdasarkan nama, nomor telepon, ataupun alamat email.
  4. Setelah menemukan akun tersebut, Anda bisa mengikuti langkah yang muncul di layar. Nantinya Anda perlu mereset kata sandi Facebook. Pastikan Anda memasukkan password yang kuat supaya terhindar dari hacker di kemudian hari.

Dari uraian di atas, Anda bisa tahu tanda-tanda akun FB diretas. Saat mengetahui tandanya, Anda juga perlu memahami penyebab dan solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mengakses media sosial Facebook kembali.

 

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas