Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Tidak Bisa Membuka Kata Sandi FB, Cek Solusi dan Penyebabnya 100% Ampuh!

659
×

Tidak Bisa Membuka Kata Sandi FB, Cek Solusi dan Penyebabnya 100% Ampuh!

Sebarkan artikel ini
kata sandi fb

Tidak Bisa Membuka Kata Sandi FB – Tidak bisa membuka kata sandi FB perlu perhatian serius, terutama jika Anda aktif bermain media sosial. Kata sandi memang bisa jadi kunci untuk membuka FB, namun ada kalanya tidak berfungsi. Apabila Anda mengalami masalah tersebut, pastikan segera atasi dengan tutorial aplikasi Facebook berikut.

Tidak Bisa Membuka Kata Sandi FB dan Solusinya 

Facebook merupakan media sosial yang memiliki jumlah pengguna aktif melimpah. Banyaknya pengguna yang memainkan media sosial ini lantaran ada banyak kemudahan di dalamnya.

Mulai dari keberadaan fitur yang memadai, dapat terhubung dengan pengguna lain di belahan dunia manapun, kemudahan login, dan masih banyak lagi. Berbicara mengenai akses login, umumnya pengguna perlu menambahkan password dan email atau nomor HP.

Walau demikian, nyatanya ada juga pengguna yang tetap sulit masuk Facebook padahal sudah memasukkan password dengan benar. Namun tak perlu bingung, panik, ataupun sedih sebab Anda bisa atasi dengan cara di bawah ini.

Baca juga: Lupa Kata Sandi FB? Inilah 4 Cara Meresetnya, Salah Satunya Pakai Nomor HP

Atasi Lewat Opsi Lupa Password

Untuk mengatasi masalah tidak bisa membuka kata sandi FB padahal sudah benar, rupanya dapat Anda lakukan dengan memilih opsi lupa password. Perihal bagaimana cara melakukannya, ikuti saja tutorial berikut.

  1. Pertama-tama, Anda dapat membuka aplikasi Facebook. Alternatif lainnya, Anda juga dapat mengakses Facebook lewat web atau situs resminya.
  2. Setelah Facebook sudah berhasil Anda akses, lanjutkan dengan login seperti biasanya.
  3. Lalu Anda dapat memilih opsi Lupa Kata Sandi.
  4. Langkah berikutnya, Anda akan mendapatkan pemberitahuan untuk memilih akun. Anda pilih saja akun yang ada dengan sebelumnya memasukkan nomor HP. Pastikan nomor HP ini masih aktif dan terdaftar di Facebook.
  5. Selanjutnya, Anda dapat langsung melakukan verifikasi lewat nomor HP.
  6. Tunggu saja sampai ada notifikasi berisikan kode yang masuk melalui SMS.
  7. Ketika sudah ada SMS tersebut, Anda tinggal masukkan kode yang tersedia.
  8. Di tahapan selanjutnya, Anda perlu membuat password baru.
  9. Apabila Anda sudah yakin dengan password tersebut, dapat klik Simpan.
  10. Kemudian Anda akan berhadapan dengan laman akun Facebook dan coba login menggunakan password baru.

Cek Kembali Password

Cara lainnya yang juga dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tidak bisa membuka FB padahal kata sandi sudah benar yaitu mengecek ulang. Anda perlu cek lagi password yang terdaftar sebagai akses login ke Facebook.

Dalam pengecekan ulang ini, Anda harus teliti dengan huruf kapital, huruf kecil, simbol, angka, maupun kombinasi lainnya. Pasalnya, hal tersebut sangat berpengaruh sebagai password.

Salah satu karakter saja akan menyulitkan Anda untuk login ke akun Facebook. Untuk itu, sebaiknya Anda catat atau ingat baik-baik bagaimana password akun Facebook sehingga tak akan mengalami masalah ini.

Pulihkan dari Akun Facebook Lain

Saat Anda tidak bisa membuka FB meski kata sandi sudah benar, lebih baik atasi dengan proses pemulihan akun. Dalam memulihkan akun, Anda bisa memanfaatkan akun Facebook yang lainnya.

Hal ini sangat menguntungkan Anda apabila memiliki akun Facebook lebih dari satu. Anda hanya perlu gunakan akun Facebook cadangan tersebut.

Akan tetapi, bagi Anda yang hanya memiliki satu akun Facebook tak perlu berkecil hati. Anda tetap dapat mencoba cara ini dengan meminta bantuan anggota keluarga lain maupun teman.

Untuk caranya juga tak kalah mudah dari tutorial sebelumnya. Coba saja langkah-langkah berikut ini.

  1. Siapkan komputer, PC, atau laptop.
  2. Akses situs resmi Facebook.
  3. Login menggunakan akun Facebook lain atau meminta bantuan teman.
  4. Bukalah profil akun yang hendak Anda pulihkan.
  5. Lanjutkan dengan klik More yang biasanya ada di bagian bawah foto sampul.
  6. Dari sini, Anda dapat memilih Cari Dukungan. Dapat juga memilih Laporkan Profil.
  7. Lalu Anda dapat memilih Hal Lain.
  8. Jika sudah, Anda pilih saja Berikutnya.
  9. Selanjutnya, Anda dapat memilih Pulihkan Akun Ini.
  10. Nantinya akan muncul berbagai langkah untuk Anda ikuti sampai selesai. Apabila Anda berhasil mengikuti langkahnya sampai usai, berarti telah terbebas dari masalah tersebut.

Atasi Melalui URL Khusus

Sebenarnya ada URL khusus yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah tidak bisa membuka kata sandi FB. Cermati saja tutorial berikut.

  1. Akses URL khusus yakni facebook.com/login/identity.
  2. Kemudian carilah akun Facebook Anda. Akun ini yang ingin Anda pulihkan.
  3. Ikuti langkah-langkah yang tampil di layar sampai tiba di laman reset password.
  4. Anda tinggal masukkan password yang baru dan jangan lupa menyimpannya.
  5. Anda coba lagi login ke akun Facebook, namun dengan password yang baru.

Penyebab Facebook Tidak Bisa Dibuka Padahal Kata Sandi Sudah Benar

Anda tak hanya perlu tahu bagaimana cara mengatasi kasus tidak bisa membuka kata sandi FB saja, namun juga penyebabnya. Masalah ini memang dapat terjadi karena beberapa penyebab. Apa saja?

Lupa

Sudah bukan rahasia lagi jika manusia jadi tempatnya lupa. Anda mungkin saja sudah pernah mengganti password Facebook, namun melupakan hal tersebut.

Anda seolah-olah belum pernah melakukannya. Karena hal itu, Anda jadi memasukkan password yang lama ketika login ke akun Facebook. Jelas saja Anda gagal login.

Kena Hack

Selain lupa, alasan atau penyebab lainnya kenapa Anda tidak bisa membuka akun FB padahal sudah memasukkan kata sandi yang benar ialah kena hack. Hacker akan meretas dan mengambil alih akun Facebook tanpa sepengetahuan Anda.

Karena kena serangan hacker, Anda pun tak dapat login ke akun Facebook seperti biasanya. Akun Facebook Anda akan sulit kembali jika email maupun nomor HP yang terdaftar sudah tak lagi aktif.

Koneksi Internet Tak Lancar

Hal lainnya yang juga jadi penyebab tidak bisa membuka FB padahal kata sandi sudah benar yakni berkaitan dengan koneksi internetnya. Masalah tersebut akan Anda alami apabila jaringan internetnya tak stabil.

Jaringan internet yang tidak lancar jelas menghambat setiap aktivitas multitasking Anda. Apalagi mengakses media sosial mengharuskan Anda untuk tersambung ke koneksi internet yang stabil.

Oleh karena itu, Anda harus pastikan dahulu sudah menyambungkan perangkat ke koneksi internet yang lancar. Baru setelah itu, Anda dapat mencobanya lagi.

 

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas