Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

3 Cara Praktis Mengembalikan Foto WhatsApp yang Terhapus, Ini Langkah-Langkahnya!

8327
×

3 Cara Praktis Mengembalikan Foto WhatsApp yang Terhapus, Ini Langkah-Langkahnya!

Sebarkan artikel ini
foto whatsapp

Cara Praktis Mengembalikan Foto WhatsApp yang Terhapus – Mengembalikan foto WhatsApp sebenarnya cukup mudah. Berikut kita bahas beberapa cara mengembalikan foto di WhatsApp yang sudah terhapus. Tips aplikasi WhatsApp ini cukup mudah sehingga Anda bisa menerapkannya sendiri kapan saja ketika memerlukannya.

WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang sudah sangat populer dan memiliki banyak pengguna. Melalui WhatsApp, kita bisa mengirim pesan chat, foto, video bahkan audio. Hal tersebutlah yang kemudian menarik banyak orang untuk menggunakan aplikasi WhatsApp.

Melalui WhatsApp, kita juga sering mengirim berbagai foto pada pengguna WhatsApp lain. Proses pengiriman fotonya juga sangat cepat bahkan hanya beberapa detik saja. Namun hal tersebut juga bisa menjadi masalah ketika foto di WhatsApp terhapus secara tidak sengaja.

Baca juga: 3 Cara Memindahkan Grup WhatsApp ke Signal, Berikut Langkah-Langkah Wajib Kalian Ketahui

Mengembalikan Foto WhatsApp dengan Mudah

Foto WhatsApp yang terhapus secara tidak sengaja tentunya membuat kita merasa panik. Apalagi jika foto tersebut sangat penting misalnya karena berurusan dengan pekerjaan. Ketika hal tersebut terjadi tentunya Anda akan mencari cara untuk mengembalikannya bukan?

Sebenarnya kita bisa mencoba mengembalikan foto yang terhapus tersebut. Sehingga foto tersebut bisa kembali Anda dapatkan dan bisa Anda simpan baik-baik. Namun sayangnya mungkin beberapa orang termasuk Anda masih belum mengetahui bagaimana caranya.

Sehingga ketika foto di WhatsApp terhapus Anda tidak bisa berusaha mengembalikannya lagi. Padahal sebenarnya ada beberapa cara untuk mengembalikan foto yang terhapus tersebut. Cara tersebut bahkan juga cukup mudah dan simpel. Berikut ini adalah caranya yang bisa Anda coba:

Mengembalikan Foto WhatsApp Melalui Restore Backup

Cara mengembalikan foto yang terhapus pertama yaitu dengan restore backup.  Namun cara ini Anda hanya bisa mengembalikan foto yang terhapus selama 7 hari terakhir. Jika lebih dari 7 hari cara ini mungkin tidak akan berhasil mengembalikan foto tersebut.

Baca Juga:  Review 3 HP Oppo Teknologi SuperVOOC Bikin Baterai Cepat Penuh, Apa Aman

Hal ini karena kita akan memanfaatkan fitur backup otomatis yang selalu bekerja dalam aplikasi WhatsApp. Fitur ini akan menyimpan file WhatsApp di ponsel termasuk foto selama 7 hari. Jadi file yang terhapus selama 7 hari terakhir tersebut masih bisa kita kembalikan.

Setelah memastikan foto yang terhapus dalam waktu 7 hari terakhir maka Anda bisa mengembalikannya. Nah, berikut ini adalah cara untuk mengembalikannya:

  • Pertama Anda harus menghapus atau menguninstal aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.
  • Cara mengembalikan foto WhatsApp selanjutnya instal kembali WhatsApp dan bukalah aplikasi tersebut.
  • Ikutilah proses pendaftaran WhatsApp dengan memasukkan nomor HP untuk akun WhatsApp Anda.
  • Setelah itu Anda akan menerima kode OTP dari WhatsApp yang terkirim ke nomor ponsel.
  • Masukkanlah kode OTP tersebut untuk menyelesaikan proses verifikasi akun WhatsApp.
  • Setelah verifikasi selesai, WhatsApp akan mendeteksi dalam ponsel tersedia file backup atau tidak.
  • Kemudian akan muncul halaman Restore Backup, lalu pilihlah Restore.
  • Tunggu hingga proses restore selesai dan akan muncul foto serta nama profil Anda.
  • Klik Next dan Anda akan masuk ke ruang chat WhatsApp. Semua data termasuk foto yang terhapus pun akan kembali.

Melalui Google Drive

Untuk Anda pengguna Android maka Anda bisa memanfaatkan Google Drive untuk mengembalikan foto. Hal tersebut karena Google Drive sendiri merupakan tempat untuk backup WhatsApp pada Android. Nah, berikut adalah mengembalikan foto WhatsApp melalui Google Drive:

  • Pertama masuklah ke Google Drive pada ponsel Anda.
  • Setelah itu bukalah menu Trash atau Sampah.
  • Dalam menu ini seharusnya Anda bisa mendapatkan foto maupun media lain yang terhapus di WhatsApp.
  • Cari foto yang ingin Anda kembalikan kemudian pilih menu Restore.
  • Foto yang sudah terhapus di WhatsApp tersebut akan kembali.
Baca Juga:  Review Energizer Ultimate U660S, HP Lipat Clamshell Seharga 8 Jutaan

Mengembalikan Foto Melalui Folder

Foto, video maupun media WhatsApp lainnya sebenarnya masih tersimpan di dalam ponsel. Tepatnya yaitu tersimpan dalam folder media WhatsApp yang bisa Anda akses dengan mudah. Caranya yaitu Anda bisa membuka File pada ponsel Anda dan bukalah penyimpanan internal.

Setelah itu, klik WhatsApp lalu pilih Media dan pilihlah WhatsApp Image. Selanjutnya Anda bisa mencari foto yang sebelumnya telah terhapus dari aplikasi WhatsApp. Setelah ketemu, maka Anda bisa menyimpan ulang foto tersebut dan memindahkannya di folder yang aman.

Itulah beberapa cara mengembalikan foto WhatsApp yang tidak sengaja terhapus. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas