Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Tak Disangka, Inilah 5 Manfaat Tanaman Putri Malu untuk Kesehatan Tubuh

367
×

Tak Disangka, Inilah 5 Manfaat Tanaman Putri Malu untuk Kesehatan Tubuh

Sebarkan artikel ini
manfaat tanaman putri malu

Inilah Manfaat Tanaman Putri Malu – Tumbuhan putri malu mungkin dianggap sebagai tanaman yang mudah ditemui di pinggir jalan atau pekarangan rumah. Namun, tahukah Anda ada manfaat putri malu bagi kesehatan berpotensi dijadikan obat tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit?

Manfaat tanaman putri malu sangat terkenal di dunia kesehatan. Hal ini karena tanaman putri malu memang menawarkan manfaat untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit. Lantas apa saja khasiat tanaman herbal ini?

Baca juga: Manfaat Tanaman Kasturi, Mengatasi Sembelit Hingga Mengobati Diabetes

Segudang Manfaat Tanaman Putri Malu

Bagi Anda yang merasa penasaran dengan apa saja khasiat dari tanaman putri malu, tak perlu ragu untuk menyimak pembahasan berikut.

Mengobati Demam

Demam adalah salah satu jenis keluhan kesehatan yang umum masyarakat rasakan. Saat demam melanda, suhu tubuh akan mengalami kenaikan. Selain itu, kondisi ini juga diiringi dengan gejala tak nyaman lainnya.

Misalnya saja badan menggigil, sakit kepala, dan lain sebagainya. Perasaan tidak nyaman tersebut harus segera sembuh agar aktivitas sehari-hari tidak terganggu.

Adapun salah satu cara mengobati demam ialah dengan memanfaatkan tanaman putri malu, khususnya bagian daunnya.

Daun tanaman putri malu ini juga memiliki manfaat dalam menangani keringat dingin. Untuk mendapatkan putri malu pun terbilang mudah karena kerap terlihat di sepanjang pinggir jalan. Hal ini memungkinkan Anda lebih hemat pengeluaran.

Menyembuhkan Luka Bagi Pasien Diabetes

Ketika diabetes melanda, seringkali memunculkan luka. Luka tersebut harus segera diobati agar tidak menjalar ke bagian tubuh lain maupun semakin parah kondisinya. Untuk mengatasinya pun, Anda bisa memanfaatkan tanaman putri malu.

Adapun bagian yang digunakan untuk menyembuhkan luka bagi pasien diabetes ialah akar tanaman putri malu. Khasiat ini sudah dibuktikan oleh Fakultas Kedokteran yang ada di bawah arahan Universitas Brawijaya di Malang.

Baca Juga:  Ikatan Dokter Indonesia Cabang Pangkalpinang Gelar Bakti Sosial

Berdasarkan hasil penelitian, terungkap bahwa akar tanaman putri malu yang diolah jadi bentuk ekstrak kloroform bisa memberikan manfaat berupa penyembuhan luka yang kerap dialami penderita diabetes. Pemanfaatan akar tanaman putri malu ini juga bisa meningkatkan peluang sembuh penderita diabetes.

Meminimalisir Nyeri Rematik

Sudah bukan rahasia lagi apabila rematik bisa memunculkan rasa sakit dan bahkan nyeri yang sangat menyiksa. Apabila Anda merasakan hal demikian, tentu harus meninggalkan rutinitas sehari-hari karena sakitnya memang luar biasa.

Supaya rutinitas Anda tidak terhambat dalam kurun waktu lama, segera ambil tanaman putri malu untuk mengobati nyeri rematik tersebut. Caranya pun terbilang mudah. Hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah merendam tanaman putri malu di arak putih sekitar 2 minggu.

Jika sudah, bisa gunakan tanaman putri malu yang telah Anda rendam tadi untuk mengompres tubuh. Kompreskan tepat di bagian tubuh yang terasa sakit. Supaya lebih cepat sembuh, Anda perlu memberikan perawatan ini secara rutin dan hati-hati.

Melancarkan Saluran Kemih

Manfaat lain dari tanaman putri malu yaitu bisa melancarkan saluran kemih. Perlu untuk Anda ketahui, manfaat tersebut berkat kandungan yang ada di dalam daun putri malu.

Daun tanaman herbal ini kaya kandungan antibakteri yang bisa membunuh sekaligus mencegah serangan bakteri.

Bahkan bukan hanya bakteri saja, melainkan juga mampu menghalau virus dan kuman. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa meminum air rebusan daun putri malu.

Kandungan Tanaman Putri Malu

Di dalam tanaman putri malu, Anda bisa menemukan berbagai kandungan yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari anti depresan, anti asma, anti venom, anti konvulsan, tanin, sterol, asam lemak, terpenoid, asam amino non protein, emetik, dan tonik.

Baca Juga:  AKP Elpiadi : Jaga Kesehatan Melalui Olahraga

Manfaat Akar Putri Malu

Dalam membahas manfaat tanaman putri malu, tak akan lengkap jika tidak mengulas seputar akarnya. Akar tanaman putri malu ternyata bisa menghentikan pendarahan sekaligus mengatasi masalah kulit.

Untuk mendapatkan hasil tersebut, Anda bisa mengolah akar tanaman putri malu jadi pasta hangat. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan pasta tersebut di luka. Dengan perawatan secara teratur, luka pasti bisa segera sembuh.

Efek Samping Putri Malu

Pastikan Anda berhati-hati dalam menggunakan tanaman putri malu untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit maupun keluhan kesehatan. Hal ini karena putri malu juga memiliki efek samping yang tak kalah penting Anda waspadai.

Efek samping tersebut yaitu alergi. Biasanya efek samping ini terjadi karena tubuh tidak bisa menerima kandungan di dalam daun putri malu.

Dari review di atas, Anda bisa tahu apa saja beragam manfaat tanaman putri malu. Agar khasiatnya terasa dan tak mendapatkan efek samping, gunakan secara hati-hati sekaligus penuh pertimbangan.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas