Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Manfaat Tanaman Kasturi, Mengatasi Sembelit Hingga Mengobati Diabetes

271
×

Manfaat Tanaman Kasturi, Mengatasi Sembelit Hingga Mengobati Diabetes

Sebarkan artikel ini
kasturi

Tanaman kasturi umumnya dikenal luas sebagai biji pewangi atau bahan pembuatan parfum kesturi. Namun, penggunaannya tidak terbatas pada itu.

Ada berbagai manfaat dari tanaman kesturi lainnya, dari aromaterapi hingga tujuan pengobatan jamu. Tanaman bunga kasturi banyak ditanam di Asia, Amerika Utara, Inggris, hingga Eropa. Mengutip halaman Makan Planetnyadaun, biji, dan bunga kesturi ini bahkan bisa dikonsumsi.

Baca juga: Jangan Dibuang! Ini 8 Manfaat Ampas Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Di Indonesia, tanaman kasturi juga dikenal sebagai kapas.Abelmoschus moschatus), sedangkan dalam sastra Inggris daun ini disebut musk mallow.

Tumbuhan dari keluarga Malvaceae Tumbuh liar di tempat terbuka seperti kebun atau lahan kosong. Hampir semua bagian tanaman kesturi dapat digunakan.

Biji tanaman kesturi sering digunakan sebagai campuran bahan kosmetik. Sedangkan bunga kesturi digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati beberapa jenis penyakit dalam pengobatan tradisional Ayurveda India.

1. Konstipasi

Mengutip Health Benefits Times, kandungan serat dalam bunga kasturi dapat mengatasi masalah konstipasi atau sembelit dan sakit perut. Serat-serat tersebut bertindak sebagai pencahar alami supaya proses buang air besar lebih lancar.

Untuk mendapat manfaatnya, bunga kasturi bisa diseduh untuk dijadikan minuman teh herbal.

2. Menstabilkan gula darah

Di India, biji bunga musk dikemas dalam bentuk suplemen. Khasiatnya adalah menstabilkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Meski begitu, manfaat dan efektivitas bunga kesturi untuk mengobati diabetes masih perlu dipelajari lebih lanjut.

3. Infeksi saluran kemih

Biji bunga kasturi memiliki sifat anti inflamasi dan antimikroba yang dipercaya dapat mengurangi peradangan pada infeksi saluran kemih Herbal Obat Alami.

Perlu diingat, biji bunga kesturi tidak berperan langsung sebagai obat penyembuh. Anda tetap perlu ke dokter dalam menangani masalah saluran kemih ini.

4. Obat demam

Mengumpulkan kepercayaanHerba, Bagian bunga kasturi dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi gangguan sistem pernapasan dan pencernaan.

Sedangkan daun dan akar bunga kesturi sering digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati sakit kepala, rematik, varises, dan demam.

5. Mengatasi bau mulut

Bubuk biji bunga kasturi yang diseduh dengan airnya dapat digunakan sebagai obat kumur alami untuk mengatasi bau mulut.

Metode ini sebelumnya telah diterapkan dalam metode pengobatan Ayurveda. Adapun manfaat lain untuk kesehatan mulut yaitu mengatasi sariawan, dan gusi berdarah.

6. Meningkatkan selera makan

Rasa asam pada buah kasturi di hasilkan dari beberapa asam yang terkandung khususnyaa asam sitrat. Komposisi asam pada kasturi sekitar 0,31% sampai 0,71%. Selain rasa asam, terdapat rasa manis yang saling berkombinasi. Kombinasi rasa inilah yang merangsang selera makan semakin meningkat.

7. Aman untuk Penderita Hipertensi

Mangga kalimantan memiliki banyak mineral seperti manfaat zat besi, kalium, magnesium, fosfor, potasium, tembaga, seng, mangan, dan selenium. Meskipun jenisnya banyak, namun mineral tersebut masih dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan dengan kadar vitamin yang ada.

Namun, salah satu keunggulan mangga kalimantan ini adalah rasio antara natrium dan kalium masih dalam jumlah yang jauh lebih rendah. Oleh karena itu sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

8. Menurunkan Kolestetol Jahat 

Kolesterol jahat pada tubuh dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan seperti gangguan kesehatan jantung dan hati. Mangga khususnya kasturi cocok dijadikan sebagai daftar menu wajib konsumsi untuk menurunkan kolesterol jahat.

9. Menjaga Kesehatan Kulit 

Kasturi merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk kesehatan kulit karena kaya akan manfaat antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas akibat udara yang tercemar polusi. Selain itu, AHA (alpa hydroxyl acid) yang banyak terdapat di kulit buah kasturi mampu membantu peremajaan kulit dan mempercepat pengelupasan sel-sel kulit yang telah mati.

10. Pencegah kanker

Buah kasturi merupakan salah satu jenis mangga dan sama seperti jenis mangga lainnya, buah kasturi mengandung banyak komponen penting yang mampu mencegah kanker. Selain antioksidan, senyawa penting lainnya yang membantu fungsi pencegahan kanker  adalah asam galat, astragalin, filsetin, kuersentin, dan metilgallat.

11. Antiradang

Pada pengobatan tradisional Ayurveda di India, minyak bunga kasturi sering digunakan sebagai obat antiradang atau pereda nyeri, khususnya untuk mengatasi kram perut, nyeri sendi, keseleo atau terkilir.

12. Mengatasi memar dan gigitan serangga

Bagian daun dan bunga kasturi dapat digunakan untuk mengurangi memar, radang, dan gigitan serangga. Ini berkat emolien dan zat lain di dalamnya yang memberikan efek menenangkan dan mengurangi inflamasi.