Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Ketahui 3 Komponen Laptop yang Bisa di Upgrade atau Diganti

1777
×

Ketahui 3 Komponen Laptop yang Bisa di Upgrade atau Diganti

Sebarkan artikel ini
komponen laptop

Ketahuo Komponen Laptop yang Bisa di Upgrade – Bagian laptop yang bisa di upgrade cukup beragam. Berikut kita bahas beberapa bagian pada laptop yang bisa di upgrade dengan mudah. Tentunya komponen tersebut harus Anda ketahui dan memperbaruinya jika sudah waktunya, dengan tutorial laptop berikut.

Seperti yang kita ketahui, laptop memang terdiri atas berbagai komponen yang penting. Komponen tersebut bertugas membuat kinerja laptop menjadi lebih bagus dan maksimal. Sehingga kita bisa menggunakan laptop untuk berbagai keperluan dengan lancar.

Baca juga: 3 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Blank Putih, White Screen Windows!

Bayangkan jika salah satu komponen laptop tersebut tidak ada atau mengalami kerusakan. Pastinya laptop menjadi terganggu, muncul berbagai masalah dan kinerjanya menurun. Akibatnya kita juga tidak bisa menggunakan laptop untuk berbagai urusan dengan maksimal.

Bagian Laptop yang Bisa di Upgrade untuk Mengoptimalkan Kinerjanya

Bagian atau komponen laptop tidak akan selamanya memiliki kondisi yang baik. Terkadang terdapat berbagai kondisi yang mengharuskan kita untuk mengganti komponen laptop. Bahkan kita disarankan untuk mengganti komponen laptop dalam kurun waktu tertentu.

Memperbarui komponen laptop juga bisa memberikan berbagai keuntungan dan juga manfaat. Misalnya mampu meningkatkan kinerja laptop sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kemudian bisa memperbaiki berbagai masalah yang sempat terjadi di dalamnya.

Hasilnya laptop yang semula terasa lambat bisa kembali kencang seperti baru. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan bagi pemilik laptop tersebut. Sebab, mereka bisa kembali menggunakan laptop dengan maksimal tanpa mengalami gangguan.

Bagian laptop yang bisa di upgrade untuk mengoptimalkan kinerjanya juga cukup beragam. Bagian atau komponen tersebut juga perlu Anda ganti secara berkala demi mempertahankan performa laptop. Nah, berikut ini adalah beberapa komponen yang perlu di upgrade:

Storage Disk

Komponen atau bagian laptop pertama yang bisa kita ganti yaitu hardware storage. Baik itu HDD, SHDD, SSD maupun SSD M.2 bisa dengan mudah kita upgrade. Namun tentunya dalam mengupgrade storage disk Anda juga harus mengecek spesifikasinya terlebih dahulu.

Data Drive

Data drive berfungsi untuk menyimpan data yang menempati ruang penyimpanan disk. Ketika ruang penyimpanan laptop habis, maka Anda bisa mengganti data drive. Dengan meningkatkan kapasitas data drive maka Anda bisa merasakan peningkatan kinerja laptop.

RAM

Selain storage disk, RAM juga termasuk komponen yang bisa kita upgrade. Kebanyakan laptop biasanya juga menyisakan satu slot RAM kosong untuk menambah kapasitas RAM. Selain menambah kapasitas RAM tentunya kita juga bisa mengganti RAM dengan yang baru.

Jika ingin menambah slot kosong maka pilihlah RAM yang satu tipe dengan RAM bawaan. Bahkan jika memungkinkan Anda juga bisa memilih satu merek yang sama.

Jika ingin mengupgrade RAM sepenuhnya maka Anda bisa mengganti semua slot dengan satu set utuh.

Bagian Laptop yang Bisa di Upgrade, Baterai

Baterai laptop tanam maupun tidak juga termasuk komponen laptop yang bisa kita ganti. Anda bisa mengganti baterai ketika kondisinya sudah rusak seperti bocor dan sebagainya. Proses upgrade baterai ini juga sangat mudah dan bisa Anda terapkan sendiri saja.

Keyboard

Komponen selanjutnya yang bisa kita ganti yaitu keyboard laptop. Namun untuk mengganti keyboard sendiri juga memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Anda pun harus mengetahui spesifikasi keyboard dan mengetahui teknologi yang keyboard gunakan.

Processor

Processor juga di upgrade namun dengan proses sulit. Sebab bisa menimbulkan masalah kompatibilitas yang tinggi jika terjadi kesalahan dalam prosesnya. Namun jika berhasil maka bisa memberikan perubahan yang signifikan pada kinerja laptop.

Monitor

Jika keyboard juga bisa kita ganti maka monitor laptop juga bisa kita ganti. Upgrade monitor bisa Anda lakukan saat kondisinya memang sudah bermasalah atau mengalami kerusakan.

Dengan begitu maka monitor bisa kembali bagus dan nyaman selama kita gunakan.

Graphics Card

Upgrade graphics card juga bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan kinerja komputer. Produsen biasanya juga sudah memproduksi graphic terintegrasi.

Sehingga Anda tidak perlu membeli kartu grafis tambahan dan bisa menghemat pengeluaran.

Itulah beberapa komponen atau bagian laptop yang bisa di upgrade. Dengan mengupgrade komponen tersebut secara berkala maka pastinya performa laptop tetap bagus. Sebaliknya, jika tidak pernah upgrade maka bisa menimbulkan masalah tertentu.