Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 3 Cara Mudah Merekam Layar Laptop Tanpa Harus Instal Aplikasi Tambahan!

229
×

Inilah 3 Cara Mudah Merekam Layar Laptop Tanpa Harus Instal Aplikasi Tambahan!

Sebarkan artikel ini
merekam layar

Cara Mudah Merekam Layar Laptop – Sebagai masyarakat yang hidup di era digitalisasi, segala aktifitas sepenuhnya akan bergantung pada perangkat elektronik, salah satunya seperti laptop. Tidak bisa dipungkiri, perangkat elektronik yang satu ini memang sangat multifungsi terutama untuk menunjang pekerjaan supaya cepat selesai.

Namun, siapa sangka, ternyata laptop juga memiliki sebuah fitur canggih yang tidak semua orang bisa menggunakannya, yaitu perekam layar.

Baca juga: Tips Merekam Suara di Laptop Dengan Baik dan Tanpa Aplikasi Terbaru 2023

Cara Merekam Layar di Laptop dengan Benar

Fitur perekam layar berfungsi untuk berbagi layar atau video yang diambil dengan cara merekam dalam mode jendela maupun layar penuh. Namun tahukah kamu, jika setiap jenis laptop ternyata memiliki cara yang berbeda dalam penggunaan fitur perekam layar tersebut? Nah, supaya kalian tidak bingung, sebaiknya pelajari cara merekam layar di laptop yang benar dengan membaca ulasan pada artikel kali ini.

Cara Merekam Layar Menggunakan Xbox Game Bar

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk merekam layar laptopmu yaitu menggunakan fitur Xbox Game Bar. Fitur ini tersedia gratis di Windows. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pada laman pencarian Windows, ketik Xbox Game Bar, lalu klik.
  2. Setelah itu, akan terlihat baris di bagian atas yang menyediakan berbagai ikon. Selanjutnya, klik ikon webcam yang ada di samping ikon volume.
  3. Jika sudah diklik, akan terlihat beberapa menu lalu klik Start Recording untuk memulai perekaman layar.
  4. Setelah proses perekaman selesai, klik Stop Recording.
  5. Selesai, hasil rekaman layar kamu akan otomatis tersimpan di laptop.

Menggunakan Kombinasi Tombol Windows + Alt + R

Cara kedua bisa dibilang lebih mudah untuk dilakukan dibanding cara sebelumnya. Pasalnya, kamu hanya perlu klik kombinasi tombol tertentu saja pada keyboard laptopmu untuk melakukan rekam layar. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Tekan tombol Windows, lalu tekan Alt + R secara bersamaan.
  2. Setelah beberapa detik, fitur perekaman layar akan otomatis merekam layar laptopmu.
  3. Jika selesai, kamu bisa klik Stop Record untuk menghentikan perekaman layar.
  4. Selesai, rekaman layar laptopmu akan tersimpan otomatis.

Menggunakan Microsoft Stream

Cara ketiga, kamu bisa memanfaatkan fitur Microsoft Stream. Microsoft Stream merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Windows, salah satu kegunaannya bisa digunakan untuk merekam layar laptop. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Jalankan Microsoft Stream terlebih dahulu.
  2. Pilih menu Create – Record Screen lada Microsoft Stream.
  3. Lalu, klik ikon webcam dan mikrofon.
  4. Klik Record untuk memulai perekaman layar, lalu pilih tampilan layar yang ingin direkam, selanjutnya klik Share hingga layar memulai perekaman otomatis.
  5. Jika sudah selesai merekam layar, klik Pause lalu klik Next. Kamu bisa langsung melihat hasil video yang telah direkam.

Gimana, cukup mudah bukan? Itu dia cara merekam layar laptop yang benar, baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Semoga bermanfaat!

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas