Cara kejar jam tayang Facebook supaya cepat mendapatkan monetisasi – Menjadi salah satu tantangan bagi para konten kreator. Terlebih, untuk mencapainya memerlukan waktu dan proses cukup panjang.
Seperti yang kita ketahui, Facebook merupakan platform media sosial yang menawarkan penggunanya bisa mendapatkan dollar. Dengan mengunggah video di sana, memungkinkan bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah.
Baca juga: Penyebab Fitur Bintang Facebook Tidak Muncul, Begini 6 Solusi Mengatasinya dengan Mudah
Namun, untuk mencapai ke sana, kreator harus memenuhi persyaratan dan ketentuan yang ada di Meta itu.
Salah satu ketentuannya adalah berada di negara yang memenuhi syarat. Beruntungnya, Indonesia sudah masuk untuk beberapa fitur monetisasi, seperti reels, in strem, live, stars, video on demand maupun langganan serta bonus.
Selain itu, kreator juga harus mematuhi kebijakan monetisasi konten di Facebook. Sehingga jangan sampai melanggar panduan komunitas.
Yang paling menantang, untuk bisa mendapatkan monetisasi adalah jam tayang harus memenuhi syarat, mulai dari 60.000 menit dalam 60 hari terakhir.
Begini Cara Kejar Jam Tayang Facebook
Setelah mengetahui beberapa persyaratan di atas, fitur monetisasi FB Anda bisa aktif bila sudah mencapai ketentuan yang berlaku.
Seperti halnya iklan in stream, kreator setidaknya memiliki minimal pengikut sebanyak 5000. Selain itu, akun juga harus memiliki video dengan akumulasi 60.000 menit tayangan yang dilihat oleh penonton dalam 60 hari terakhir. Ini berlaku untuk Fanspage maupun Facebook Profesional.
Nah, yang menjadi persoalan adalah bagaimana mengejar 60.000 menit atau 1.000 jam tayang dalam waktu 2 bulan.
Untuk langkahnya, Anda perlu konsisten memposting video, baik durasi pendek seperti reels, atau video panjang di atas 3 menit.
Selanjutnya, Facebook juga memperbolehkan kreator untuk melakukan siaran langsung secara rutin untuk mencapai jam tayang itu.
Dengan memposting 3 jenis video reels, video panjang maupun live streaming secara konsisten, peluang besar mencapai 60.000 menit tayang bisa Anda dapatkan dalam 60 hari.
Kunci Utama Jam Tayang Cepat Tercapai
Selain konsisten memproduksi konten video di platform Facebook, sebaiknya Anda juga memperhatikan hal-hal di bawah ini, agar ke depannya video yang Anda unggah tetap stabil. Bahkan, penonton akan cenderung betah, terlebih bisa meningkat terus menerus.
Kunci paling utama dalam membuat konten adalah konsisten, baik dari sisi kategori konten maupun waktu postingnya.
Khusus kategori konten, sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Jika merasa tidak mampu di bidang vlog misalnya, baiknya jangan memaksakan membuat konten tersebut.
Sehingga, Anda perlu mengenali kekurangan dan kelebihan diri terlebih dahulu. Pasalnya, ini akan mengantarkan Anda ke depannya seperti apa di konten yang akan diproduksi.
Dalam praktiknya, ketika sejak awal memproduksi konten kategori tips dan trik misalnya, maka seterusnya juga membuat konten tersebut. Ingat, jangan dicampur-campur. Pasalnya, penonton akan cenderung meninggalkan konten random atau acak.
Kemudian, dari sisi waktu posting alangkah baiknya memilih waktu di mana banyak orang sedang istirahat atau bersantai.
Misalnya, Anda bisa memposting video pada pagi hari dengan alasan banyak orang masih santai sebelum bekerja.
Begitu juga sekitar pukul 12.00 WIB di mana banyak orang yang sedang istirahat dari pekerjaannya. Dengan begitu, potensi untuk kejar jam tayang Facebook akan lebih besar.
Sementara itu, untuk jumlah video yang Anda posting juga menyesuaikan dengan kemampuan. Jika dalam sehari mampu memproduksi 2-3 video, itu sangat bagus ketika konsisten setiap harinya.
Namun jika merasa kurang mampu dalam jumlah banyak, sebaiknya Anda putuskan sehari 1 video dengan ketentuan konsisten.
Kunci terakhir yang tidak kalah penting adalah interaksi di Facebook. Untuk poin yang satu ini, Anda bisa memanfaatkan fitur story atau cerita, membalas komentar penonton, menyukai komentar mereka hingga rutin live streaming.
Dengan memperhatikan performa interaksi tersebut, maka jam tayang Facebook untuk mengejar monetisasi bisa tercapai.