Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Ini 7 Manfaat Daun Pegagan, Mengatasi Insomnia Hingga Masalah Pencernaan

528
×

Ini 7 Manfaat Daun Pegagan, Mengatasi Insomnia Hingga Masalah Pencernaan

Sebarkan artikel ini
manfaat daun pegagan

Manfaat Daun Pegagan – Manfaat daun pegagan penting untuk kesehatan dan juga kecantikan. Terdapat berbagai manfaat dari daun pegagan untuk masalah kesehatan. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan saja, tetapi daun pegagan juga sudah terkenal sejak dahulu untuk perawatan kecantikan. Salah satu tanaman herbal ini juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Baca juga: 10 Manfaat Daun Kecombrang untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Cegah Kerusakan Sel Tubuh

Manfaat Daun Pegagan, Tanaman Liar yang Sudah Ada Sejak Dahulu

Daun pegagan atau Centella Asiatica telah ada sejak lama. Tanaman ini merupakan tanaman herbal yang bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Walaupun termasuk tanaman liar, tetapi daun pegagan menyimpan kandungan yang berkhasiat. Terdapat kandungan daun anti mikroba sampai anti inflamasi.

Daun pegagan ini tumbuh liar di wilayah negara-negara Asia seperti Indonesia, Jepang, Tiongkok, dan India. Dari ribuan tahun lalu daun ini terkenal sebagai pengobatan berbagai macam penyakit. Terdapat berbagai manfaat dari tanaman liar yang tumbuh di wilayah Asia seperti berikut ini:

1. Memperbaiki Suasana Hati

Manfaat daun pegagan yang pertama yaitu dapat memperbaiki suasana hati. Hal itu karena pegagan bisa mengurangi gangguan kecemasan yang terjadi pada seseorang. Caranya yaitu dengan mengontrol aktivitas neurotransmitter atau gaba.

Kandungan asam asetat dalam daun pegagan bisa memicu efek gaba. Sehingga mengonsumsi daun pegagan untuk mengurangi dan juga menekan gangguan kecemasan. Depresi seseorang bisa berkurang dengan memanfaatkan tanaman herbal ini.

2. Membantu Mengurangi Insomnia

Daun pegagan juga bisa untuk membantu meringankan insomnia. Insomnia terkadang menyertai apabila terjadi gangguan seperti stress, depresi, dan kecemasan.

Beberapa orang telah menganggap obat herbal ini menjadi alternatif untuk mengurangi insomnia. Tidak hanya itu, daun pegagan juga bisa mengobati gangguan tidur lainnya.

3. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Daun pegagan juga bisa meningkatkan fungsi kognitif. Terdapat sebuah studi yang membandingkan efek ekstrak pegagan dan asam folat. Studi tersebut dilakukan untuk mengetahui peningkatan fungsi kognitif setelah stroke.

Pada studi ini penilaian terdapat tiga kelompok peserta yaitu mengkonsumsi 1000 MG pegangan per hari, 750 MG pegagan per hari, dan 3 MG asam folat per hari.

Pegagan dan asam folat memang bisa meningkatkan kognisi secara keseluruhan. Tetapi, pegagan lebih efektif dalam meningkatkan domain memori seseorang.

4. Mengobati dan Mencegah Jerawat

Manfaat daun pegagan selanjutnya yaitu dapat mengobati dan mencegah jerawat. Pada saat ini banyak produk skincare yang telah memanfaatkan centella asiatica sebagai kandungannya.

Skincare yang memiliki kandungan tersebut bisa mempercepat proses pemulihan dan membersihkan wajah dari jerawat.

Wajah akan bersih dari jerawat sekaligus bekasnya. Tidak hanya itu, daun pegagan juga efektif dalam meningkatkan produksi kolagen. Sehingga daun pegagan ini bisa mencegah pembentukan luka bekas jerawat atau hiperpigmentasi.

5. Mengobati Penyakit Alzheimer

Tanaman pegagan juga memiliki manfaat untuk mengobati penyakit alzheimer. Hal itu karena pegagan bisa membantu untuk meningkatkan daya ingat dan fungsi saraf. Pada sebuah penelitian, ekstrak pegagan memiliki efek sederhana dalam melindungi sel-sel otak dari toksisitas.

Tidak hanya itu, ekstrak tanaman ini juga bisa melindungi sel dari pembentukan plak. Sehingga memungkinkan bahwa pegagan memiliki potensi untuk mengobati penyakit alzheimer.

6. Melancarkan Sirkulasi Darah dan Mengurangi Pembengkakan

Daun pegagan juga bisa untuk melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi pembengkakan. Pada sebuah penelitian menemukan fakta bahwa pegagan bisa mengurangi masalah retensi cairan pembengkakan pada pergelangan kaki. Penelitian sebelumnya juga telah menunjukkan bahwa pegagan bisa bermanfaat dalam mengobati varises.

Hal ini bisa terjadi karena pegagan memiliki efek metabolisme pada jaringan ikat dinding pembuluh darah. Pemanfaatan tanaman herbal secara rutin maka bisa membantu untuk melancarkan sirkulasi darah sekaligus mengurangi pembengkakan.

7. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Daun pegagan memiliki kandungan antibakteri yang efektif dalam mengatasi masalah pencernaan. Masalah pencernaan seperti diare, kembung, sampai asam lambung akan terasa lebih baik dengan mengonsumsi daun pegagan. Tetapi pastikan bahwa rutin mengonsumsi tanaman ini supaya mendapatkan hasil maksimal.

Itulah beberapa manfaat daun pegagan untuk kesehatan dan juga kecantikan. Banyaknya manfaat dari tanaman liar ini membuatnya populer sebagai obat berbagai masalah kesehatan. Tidak hanya itu, daun pegagan juga menjadi salah satu kandungan skincare yang memiliki berbagai khasiat.