Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

10 Manfaat Daun Kecombrang untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Cegah Kerusakan Sel Tubuh

804
×

10 Manfaat Daun Kecombrang untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Cegah Kerusakan Sel Tubuh

Sebarkan artikel ini
manfaat daun kecombrang

Manfaat Daun Kecombrang untuk Kesehatan Tubuh – Manfaat daun kecombrang selama ini terkenal sebagai penyedap masakan. Namun siapa sangka bahwa daun kecombrang juga memiliki manfaat di bidang kesehatan. Tanaman herbal ini ternyata ampuh dalam menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Anting-Anting untuk Kesehatan, Dapat Mengatasi Disentri dan Asam Urat

Manfaat Daun Kecombrang Bagi Kesehatan

Bagi Anda yang peduli dengan kesehatan, sudah semestinya tahu apa saja khasiat daun kecombrang. Adapun beberapa khasiatnya ialah sebagai berikut.

1. Mendukung Program Diet

Salah satu khasiat daun kecombrang yaitu mendukung penurunan berat badan. Anda bisa menurunkan berat badan karena daun kecombrang memiliki kandungan lemak yang rendah.

Dari 1 ons daun kecombrang saja hanya ada 1 mg lemak. Karena hal itu, daun ini sangat efektif untuk Anda yang menjalankan diet sehat.

2. Mengatasi Bau Badan

Manfaat daun kecombrang berikutnya yaitu bisa mengatasi bau badan. Selama ini kita tahu bahwa pemicu bau badan ialah bakteri.

Daun kecombrang memiliki bau yang harum dan khas sehingga menghalau bakteri tersebut. Bau badan yang mengganggu Anda selama ini pastinya akan hilang seketika berkat daun kecombrang.

3. Membersihkan Darah

Di dalam daun kecombrang terdapat senyawa alami yang bisa membersihkan darah. Bukan hanya itu saja, sebab senyawa alami tersebut juga berperan penting dalam menjaga virus atau bakteri.

4. Mengatasi Kerusakan Sel

Daun kecombrang termasuk salah satu tanaman herbal yang bersifat antioksidan dan antibakteri. Sifat tersebut memungkinkan daun kecombrang bisa membantu mengatasi adanya kerusakan sel di dalam tubuh.

Selain itu, daun kecombrang ini juga bisa menangkal berbagai jenis bakteri. Alhasil, tubuh bisa selalu sehat apabila mengambil manfaat daun kecombrang.

5. Menguatkan Tulang

Di dalam daun kecombrang terdapat kandungan mineral yang melimpah, tak terkecuali kalsium. Kandungan tersebut memungkinkan tulang jadi lebih kuat.

Lebih dari itu, kandungan mineral di daun kecombrang juga bisa menguatkan gigi. Dengan khasiat tersebut, banyak anjuran bagi anak-anak untuk mengonsumsi tanaman herbal tersebut.

6. Melancarkan ASI

Daun kecombrang juga memberikan keuntungan bagi ibu menyusui. Hal ini karena daun kecombrang bisa melancarkan ASI.

Dengan manfaat daun kecombrang ini, Anda tidak perlu ragu untuk mengonsumsinya. Karena jumlah ASI melimpah, tentu juga berdampak positif terhadap tumbuh kembang bayi Anda.

7. Menjaga Kesehatan Lambung

Daun kecombrang juga efektif dalam menjaga kesehatan lambung Anda. Bukan tanpa alasan sebab daun kecombrang berperan sebagai penetralisir asam di dalam tubuh.

8. Mencegah Dehidrasi

Sebagaimana yang sudah kita singgung tadi bahwa di dalam daun kecombrang terdapat kandungan mineral yang melimpah. Kandungan tersebut sangat efektif dalam mencegah dehidrasi.

9. Mengatasi Masalah Kulit

Kulit bisa sehat dan cantik apabila mengonsumsi daun kecombrang. Dalam hal ini, bisa kita bilang bahwa daun kecombrang juga berperan penting sebagai perawatan kulit. Dengan mengonsumsi daun kecombrang, Anda memang bisa mendapatkan beragam manfaat sekaligus perihal kulit.

10. Meningkatkan Fungsi Otak

Daun kecombrang berkhasiat dalam meningkatkan fungsi otak. Sebagaimana yang kita tahu bahwa otak jadi pusat kendali yang ada di dalam tubuh manusia.

Peran otak sangat berperan penting bagi manusia. Apabila fungsinya mengalami penurunan, maka semua organ tubuh juga ikut bermasalah.

Begitu pula sebaliknya. Jika fungsinya mengalami peningkatan atau kondisi kesehatannya terjaga dengan baik, bisa memberikan manfaat yang optimal. Oleh karena itu, sudah semestinya berupaya sebaik mungkin dalam menjaga fungsi otak.

Kandungan Daun Kecombrang

Setelah melihat manfaat atau efek samping yang baik dari daun kecombrang, sebenarnya tidak terlepas dari kandungan yang ada di dalamnya. Di dalam daun kecombrang ini ada kandungan nutrisi yang melimpah untuk menjaga kesehatan tubuh.

Adapun beberapa kandungan yang ada di dalamnya seperti halnya tanin, flavonoid, alkaloid, kuinon, glikosida, saponin, dan minyak atsiri. Terlihat jelas bahwa kandungan nutrisi di dalam daun kecombrang menguntungkan siapa saja yang mengonsumsinya.

Tak berhenti di situ saja sebab daun kecombrang juga memiliki kandungan magnesium, zat besi, dan zinc. Semakin menyehatkan tubuh karena daun ini juga memiliki kandungan fosfor dan kalium.

Kini Anda sudah tahu beragam manfaat daun kecombrang bagi kesehatan. Karena hal itu, Anda tidak perlu ragu mengonsumsi daun kecombrang dan merasakan sendiri khasiat tersebut.