Scroll untuk baca artikel
Advertorial

GPL Bersama ASN Angkat Satu Ton Sampah di Sungai Coyan

320
×

GPL Bersama ASN Angkat Satu Ton Sampah di Sungai Coyan

Sebarkan artikel ini
IMG 20231126 WA0004

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Gerakan Peduli Lingkungan Bangka Tengah (GPL Bateng) bersama ASN dan masyarakat bahu membahu membersihkan Sungai Coyan di Simpang Perlang, Koba, Minggu (26/11/2023).

Walau dilanda hujan, semngat rombongan itu tak kendor dalam membersihkan Sungai Coyan. Terlihat Ketua TP-PKK Bangka Tengah, Wakil Bupati Bangka Tengah, Kepala OPD Bangka Tengah, maayarakat dan seluruh jajaran dengan antusias membersihkan sungai Coyan tersebut.

Pembersihan itu dilakukan dari pukul 07.00 sampai 12.00 WIB karena melihat Air Coyan yang sudah tampak kotor dan dipenuhi lumut.

IMG 20231126 WA0008

Padahal, Sungai Coyan dulunya adalah salah satu sungai yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Koba dan sekitarnya untuk keperluan air bersih, MCK dan lainnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Tengah Eva Alga fry mengatakan, gerakan bersih Sungai Coyan ini diinisiasi oleh GPL dan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah.

“Inisiasinya GPL Bamgka Tengah dan kami diajak bersama masyarakat. Makanya kami juga menurunkan personil dari semua OPD yang juga ikut hadir membantu bersih-bersih sungai coyan ini,” ucapnya kepada intrik.id.

IMG 20231126 WA0012

Eva menyebutkan, ini adalah langkah awal untuk membuat Bangka Tengah lebih hijau lagi dengan mengajak masyarakat dan pemerintah agar lebih memperhatikan lingkungan dan menjaga kebersihan terutama dilingkungannya sendiri.

“Ini bagian langkah awal untuk mengedukasi masyarakat dan mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan di Bangka Tengah ini. Gak usah jauh-jauh, minimal lingkungan rumahnya sendiri saja bisa dijaga maka yang lain juga akan mengikuti,” ujarnya.

“Mungkin seperti sepele ya ini, tapi ini adalah pemantik awal dalam perubahan yang lebih besar. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi,” lanjut Eva.

IMG 20231126 WA0014

Ia berharap akan adalah langkah lebih besar lagi dan mampu mengedukasi masyarakat dalam menjaga lingkungan. Eva juga menghimbau agar masyarakat bisa menjaga lingkungan dengan baik.

“Semoga nanti akan ada langkah lebih besar. Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan dan Terima kasih untuk masyarakat yang sudah membantu dan peduli dengan lingkungan dan kami juga akn mengevaluasi kinerja kami sebagai pemerintah dalam menjaga lingkungan, ” tutupnya.

IMG 20231126 WA0018

Sementara itu, Ketua GPL Bateng Hermanto menjelaskan, kegiatan diikuti oleh masyarakat, pemerintah dan juga jajaran kepolisian dan TNI yang membantu bersih-bersih. Bahkan, jumlah sampah ditaksir seberat 1 ton itu berhasil dibersihkan bersama-sama.

“Nanti kami akan buat gerakan yang lebih besar lagi. Ini hanya pemantik sebagai langkah awal kami. Dan kami akan selalu komitmen dalam program Gerakan Peduli Lingkungan, ” jelasnya singkat.(adv)