Scroll untuk baca artikel
NasionalWisata/Kuliner

Dilantik Menjadi Ketua PASI Babel, Tidak Disangka Efendi Harun Sampaikan Sesuatu !

660
×

Dilantik Menjadi Ketua PASI Babel, Tidak Disangka Efendi Harun Sampaikan Sesuatu !

Sebarkan artikel ini
IMG 20230224 WA0001
Caption : Suasana pelantikan & pengukuhan Efendi Harun menjadi ketua LK PASI Provinsi Bangka Belitung

JAKARTA. INTRIK.ID – Lembaga Komunikasi Pemangku Adat Seluruh Indonesia ( LK PASI ) melantik dan mengukuhkan Efendi Harun menjadi ketua LK PASI Provinsi Bangka Belitung.

Pelantikan dilakukan ketua umum LK PASI Pusat Dato’ Juanda Juma’at ( 24/2/2023) bertempat di Grand Paragon Hotel Jakarta, dalam acara Simposium Nasional. Kegiatan pelantikan tersebut disaksikan Dewan pendiri LK Pasi Prof DR Juarir, Msi. Guru besar Hukum adat Universitas Hasanuddin Makasar, beserta para raja, sultan dan pemangku adat seluruh Indonesia.

Dalam keterangan resminya Efendi Harun menyampaikan LK PASI mempunyai Visi & Misi melestarikan adat istiadat.

“Hadir dalam kegiatan Simposium ini
68 raja dan sultan seluruh Indonesia, menjadi ketua LK PASI Babel tentunya punya tanggung dibilang tidak mudah. Kita akan melestarikan adat dan istiadat Nusantara umumnya, terkhusus adat istiadat Provinsi Bangka Belitung,” ungkapnya.

Bukan hanya melestarikan adat dan istiadat saja, Efendi Harun juga mengutarakan akan perjuangkan Hak – hak adat.

“Selain melestarikan adat dan istiadat LK PASI akan memperjuangkan hak – hak adat seperti lahan – lahan masih ada dikuasai pihak lain. Berdasarkan UU agraria dan UUD 45 pasal 18 memungkinkan pemanfaatan lahan bisa melibatkan masyarakat adat, dimana saat ini lahan – lahan adat masih dikuasai ahli waris.,” terangnya.

Dirinya berharap terjadi harmonisasi adat istiadat seluruh Indonesia bisa mendukung pariwisata.

“LK PASI akan mendorong terjadinya Harmonisasi kegiatan budaya secara nasional, salah satu untuk mendukung pariwisata agar adat istiadat kita bisa terjaga ,” tutupnya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas