Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

8 Manfaat Daun Pepaya Jepang, Si Pahit Dapat Mencegah Kanker dan Anemia

601
×

8 Manfaat Daun Pepaya Jepang, Si Pahit Dapat Mencegah Kanker dan Anemia

Sebarkan artikel ini
manfaat daun pepaya jepang

Manfaat Daun Pepaya Jepang – Manfaat daun pepaya Jepang sangat baik untuk kesehatan. Daun Pepaya Jepang memiliki beragam manfaat, mulai dari membantu menyembuhkan diabetes hingga anemia. Daun tanaman yang biasa kita masak untuk dihidangkan ini, ternyata menjadi salah satu obat herbal mujarab.

Manfaat Daun Pepaya Jepang bagi Kesehatan

Daun pepaya dikenal sebagai superfood atau makanan super. Dalam 100 gram daun pepaya Jepang, tersimpan berbagai macam zat gizi penting. Seperti air 85 ml, protein 5,6 g, zat besi 11,4 mg, fosfor 39 mg, kalsium 199 mg, kalium 217 mg, hingga vitamin C 165 mg.

Baca juga: 6 Manfaat Daun Sukun, Meningkatkan Kesehatan Serta Efektif Lancarkan ASI Secara Herbal

Dengan mengonsumsinya secara teratur dan dalam jumlah sesuai, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Mencegah Penyakit Anemia

Daun pepaya Jepang kaya akan zat besi. Bahkan, jika kita bandingkan dengan daun bayam, jumlahnya jauh lebih tinggi.

Banyaknya zat besi yang terkandung dalam daun pepaya Jepang, dua kali lipat lebih banyak dari daun bayam. Karena kadar zat besinya inilah, daun pepaya Jepang dipercaya dapat membantu pembentukan sel darah merah, sehingga mencegah penyakit anemia.

2. Memperbanyak Produksi ASI

Daun pepaya Jepang dinilai sangat baik untuk ibu menyusui. Pasalnya, dapat memperbanyak produksi ASI ketika mengonsumsinya.

Hal ini berkat kandungan antioksidan dalam daun pepaya Jepang. Jenis antioksidan yang dimaksud adalah flavonoid dan alkaloid.

Kedua antioksidan tersebut berfungsi untuk meningkatkan hormone prolactin. Hormon ini memiliki peran penting untuk meningkatkan produksi ASI.

Namun, konsumsi daun pepaya Jepang bagi ibu hamil tidak bisa sembarangan. Karena belum ada penelitian lebih lanjut, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya. Hal ini bertujuan untuk memastikan keamanannya.

Baca Juga:  Mengenal 3 Manfaat Belerang (Sulfur) serta Fakta Menarik dari Belerang

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Salah satu manfaat daun pepaya Jepang, yakni dapat mengatasi masalah pencernaan. Manfaatnya ini bisa kita dapatkan karena kandungan serat alaminya.

Serat alami pada daun pepaya Jepang berperan membantu melunakkan dan menambah berat feses. Dengan begitu, BAB menjadi lebih lancar dan mencegah penyakit sembelit hingga ambeien.

4. Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan vitamin C pada daun pepaya Jepang terbilang tinggi. Selain itu, kaya akan antioksidan. Kedua kandungannya ini, membantu meningkatkan fungsi sistem imun, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Berkat kandungan vitamin C ini juga, dapat memicu produksi sel darah putih. Seperti yang kita tahu, sel darah putih berperan penting dalam melawan kuman dan zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

5. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Manfaat daun pepaya Jepang yang tak kalah penting, yakni dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Khasiatnya ini berasal dari kandungan asam fenolik serta flavonoid.

Cara kerja daun tanaman ini adalah dengan mengurangi penyerapan glukosa dalam darah yang bersumber dari makanan. Akan tetapi, manfaatnya ini perlu penelitian lebih lanjut.

6. Mengatasi Radang

Tubuh seringkali melakukan mekanisme secara alami, misalnya saja seperti peradangan atau inflamasi. Tujuannya adalah untuk memberikan perlindungan bagi tubuh supaya terhindar dari berbagai macam masalah infeksi mikroorganisme. Contohnya seperti virus, jamur, hingga bakteri.

Dengan mengonsumsi daun pepaya Jepang, dapat mengatasi peradangan. Hal ini karena sifat daun pepaya Jepang sebagai anti inflamasi. Selain itu, juga dapat bermanfaat untuk mengurangi terjadinya edema karena peradangan.

7. Mencegah Hipertensi

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam daun pepaya Jepang tidak hanya berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Akan tetapi, juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah.

Baca Juga:  Algafry dan Eva Berikan Vitamin A ke Anak PAUD Raflesia

Karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi inilah, daun pepaya Jepang mendapatkan sebutan tree spinach. Meskipun dapat menurunkan tekanan darah, tetapi belum dapat kita pastikan seberapa besar tingkat keefektivitasannya. Karena itulah, masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

8. Mencegah Penyakit Jantung

Daun pepaya Jepang juga memiliki manfaat untuk mencegah penyakit jantung. Manfaatnya ini berasal dari kandungan senyawanya seperti tannin, saponin, dan flavonoid.

Selain mencegah penyakit jantung, senyawa-senyawa ini juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Kemudian, dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat daun pepaya Jepang lainnya, yakni membantu mengurangi terjadinya peradangan hingga kerusakan sel yang dapat memicu penyakit jantung.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas