Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

6 Manfaat Daun Sukun, Meningkatkan Kesehatan Serta Efektif Lancarkan ASI Secara Herbal

686
×

6 Manfaat Daun Sukun, Meningkatkan Kesehatan Serta Efektif Lancarkan ASI Secara Herbal

Sebarkan artikel ini
manfaat daun sukun

Manfaat Daun Sukun – Manfaat daun sukun bisa Anda rasakan untuk kesehatan. Pada bagian daun sukun ternyata memiliki banyak manfaat. Sehingga tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi daun sukun ini.

Sukun merupakan salah satu buah yang bisa Anda temui dengan mudah di tanah air. Buah ini yang memiliki daging warna putih dengan rasa manis serta gurih.

Biasanya bisa mengolahnya sebagai gorengan yang lezat. Selain memiliki buah yang lezat, daun sukun juga bisa memberikan banyak khasiat tak terduga.

Baca juga: 7 Khasiat Air Daun Salam, Membuat Tubuh Lebih Sehat Serta Meningkatkan Sistem Pencernaan

Manfaat Daun Sukun sebagai Herbal yang Baik

Sukun bukan hanya memiliki buah yang bisa Anda konsumsi. Pasalnya, bagian daun juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Daun ini memiliki banyak kandungan nutrisi untuk kesehatan

Misalnya seperti asam amino, omega 3, omega 6, tanin, polifenol serta kalium. Semua kandungan nutrisinya bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Bahkan juga sangat baik untuk menjaga kecantikan kulit serta lainnya.

Untuk bisa mendapatkan manfaat daun ini, maka bisa mengolahnya dalam berbagai bentuk sajian. Mulai dari air rebusan, hingga mengolahnya menjadi teh tergantung pilihan Anda.

Adapun manfaat bagian daun tanaman ini yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut.

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Banyak penderita gangguan jantung yang mengonsumsi ramuan daun sukun ini. Pasalnya, minuman ini bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol darah.

Menurut penelitian yang menguji pemberian ekstrak daun sukun saat akan mengatasi hiperlipidemia pada tikus percobaannya. Manfaat ekstrak daun sukun ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol total.

Selain itu, kolesterol LDL, trigliserida hingga meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Manfaatnya yang berasal dari adanya kandungan flavonoid. Salah satu jenis fitonutrien yang banyak terdapat pada tanaman serta memiliki efek antioksidan kuat.

2. Bantu Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Selain wilayah Indonesia, manfaat daun ini cukup populer pada berbagai negara lainnya. Misalnya pada Jamaika menjadi pengobatan dalam mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Jika memberikan ekstrak pada daun Artocarpus altilis untuk tikus percobaan secara intravena maupun langsung pada pembuluh darah. Sehingga membuat penurunan tekanan darah secara signifikan.

Ternyata ada efek penurunan tekanan darah maupun hipotensi dari daun sukun. Hal tersebut berasal dari penghambatan pada saluran alfa-adrenoseptor serta ion kalsium pada otot pembuluh darah.

3. Mengatasi Alergi

Manfaat daun sukun berikutnya untuk mengatasi alergi. Pasalnya alergi yang terjadi jika sistem kekebalan tubuh bereaksi dengan zat-zat asing yang masuk ke tubuh.

Sistem kekebalan pada tubuh yang menghasilkan zat antibodi sehingga melawan zat asing yang masuk. Saat Anda memiliki alergi, maka sistem kekebalan tubuh mengidentifikasi adanya zat asing.

Bahkan alergen sebagai zat berbahaya sehingga tubuh bereaksi dengan menghadapi zat alergen tersebut. Daun sukun kering kaya akan kandungan Vitamin B serta Zat Kapur yang tinggi. Untuk itu, bisa menghilangkan reaksi alergi tubuh.

4. Menyembuhkan Luka

Daun sukun juga kaya akan kandungan anti-hemorrhage  tinggi. Kandungan anti-hemorrhage sebagai salah satu kandungan yang akan menstimulasi agen hemostasis  dalam tubuh. Sehingga akan merangsang dalam upaya mempercepat pemberhentian luka.

Selain itu, daun tanaman ini juga memiliki kandungan antioksidan serta anti radang yang bisa mencegah infeksi pada luka.

5. Menyembuhkan Penyakit Ginjal

Jika ginjal bermasalah, maka akan membuat tubuh menjadi kehilangan kemampuan dalam membuang zat berbahaya. Manfaat daun sukun jika Anda konsumsi secara teratur, bisa menyembuhkan penyakit serta menjaga kesehatan ginjal.

Namun, akan lebih baik seimbangkan juga dengan mengonsumsi air mineral secara rutin. Bahkan hingga mencapai 3,7 liter setiap harinya.

6. Mencegah Serangan Jantung

Penyakit jantung bisa terjadi akibat berbagai macam hal. Mulai dari masalah komplikasi darah tinggi, kolesterol tinggi, hingga adanya penyumbatan akibat nikotin.

Untuk bisa mencegah serangan jantung, maka perlu mengonsumsi air rebusan daun sukun setiap hari secara teratur. Pasalnya berkat kandungan asam amino, polifenol, serta omega 3 akan menjaga kesehatan jantung.

Manfaat daun sukun ini yang akan membantu menjaga hidup lebih sehat. Namun, penting untuk selalu berhati-hati jika mengonsumsi herbal apa pun. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terkait penggunaan daun sukun ini.