Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

6 Manfaat Daun Selada yang Penting untuk Kesehatan, Jarang Orang Mengetahui

383
×

6 Manfaat Daun Selada yang Penting untuk Kesehatan, Jarang Orang Mengetahui

Sebarkan artikel ini
Manfaat Daun Selada

Manfaat Daun Selada yang Penting untuk Kesehatan – Manfaat daun selada memang banyak untuk kesehatan tubuh kita saat ini. Beberapa manfaat dari daun selada ini bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Daun selada juga memiliki kandungan nutrisi baik untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Sayuran hijau ini juga enak dan cocok untuk menemani segala hidangan.

Baca juga: 8 Manfaat Daun Pepaya Jepang, Si Pahit Dapat Mencegah Kanker dan Anemia

Manfaat Daun Selada yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Selada menjadi salah satu sayuran pelengkap sajian yang populer untuk berbagai hidangan. Sayuran ini juga sering menjadi lalapan, asinan, sampai isian sandwich dan burger.

Selada menjadi salah satu sayuran yang menyehatkan karena banyak memiliki kandungan nutrisi. Sayuran ini mengandung fosfor, zat besi, kalsium, natrium, sampai kalium.

Tidak hanya itu, selada juga mengandung karbohidrat, serat, protein, dan lemak. Bahkan, selada juga mengandung vitamin K dan A yang cukup tinggi. Pada satu cangkir daun selada bisa memenuhi sebesar 82% kebutuhan harian vitamin A.

Sedangkan untuk vitamin K bisa memenuhi 60% kebutuhan hariannya. Daun selada juga mengandung folat dan kalsium yang bisa membuatnya semakin bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari selada untuk kesehatan tubuh:

1. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat daun selada yang pertama itu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Bagi para penderita kolesterol mengonsumsi daun selada menjadi pilihan yang tepat. Daun selada bisa membantu Anda untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Konsumsi daun selada dengan langkah yang tepat, maka bisa semakin membuat kolesterol tubuh lebih terkontrol. Apabila kadar kolesterol dan kontrol dengan baik, maka bisa membuat Anda terhindar dari penyakit lainnya seperti jantung.

2. Membantu Menjaga Hidrasi Kulit

Selada juga memiliki manfaat untuk membantu menjaga hidrasi kulit. Daun selada memiliki kandungan air sebanyak 98 persen.

Hal ini tentu bisa membantu tubuh untuk memiliki hidrasi yang tetap terjaga. Apabila hidrasi tubuh tetap terjaga dengan baik, maka bisa membuat kesehatan kulit semakin optimal.

Kulit Anda akan terhindar dari kondisi buruk seperti kusam, kering, dan gatal. Walaupun begitu, sebaiknya Anda tetap mengonsumsi air putih dalam jumlah yang dianjurkan. Hal ini akan membuat kesehatan kulit Anda akan tetap terjaga sepanjang hari.

3. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat daun selada selanjutnya yaitu bisa membantu menurunkan tekanan darah. Dalam daun selada memiliki kandungan potasium yang baik untuk para penderita darah tinggi. Potasium bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengurangi efek natrium.

Kandungan potasium dalam selada juga bisa membantu melebarkan pembuluh darah. Dengan mengonsumsi dan selada bisa membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan potasium dalam tubuh. Hal ini akan membuat tekanan darah tinggi menjadi turun.

4. Mengoptimalkan Penglihatan

Rutin mengonsumsi daun selada juga bisa membuat penglihatan menjadi lebih optimal. Hal itu karena dalam selada memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A ini memiliki dampak baik untuk menjaga kesehatan mata.

Apabila dalam tubuh terpenuhi kandungan vitamin A maka bisa membantu Anda meningkatkan kualitas penglihatan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa terhindar dari berbagai penyakit seperti katarak sampai degenerasi makula.

Tidak hanya itu, dalam daun selada juga memiliki kandungan antioksidan zeaxanthin yang bisa mengoptimalkan kesehatan mata dan mencegah berbagai penyakit.

5. Dapat Mencegah Kelelahan

Daun selada memiliki kandungan folat yang penting untuk mencegah kelelahan. Kandungan folat tersebut bisa membantu proses produksi sel darah merah yang sehat.

Apabila tubuh terpenuhi kandungan sel darah merah, maka Anda bisa terhindar dari kondisi kelelahan yang terus-menerus. Sehingga jika Anda rutin mengonsumsi selada juga bisa membuat terhindar dari kelelahan.

6. Mencegah Kanker                     

Selada juga memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya kanker. Daun selada menjadi sayuran yang kaya akan antioksidan.

Antioksidan dalam daun selada bisa melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Hal ini akan membuat tubuh terlindungi dari radikal bebas yang bisa memicu munculnya dan berkembangnya sel kanker.

Nah, itu tadi ulasan tentang beberapa manfaat daun selada yang bisa Anda ketahui. Daun selada memang memiliki berbagai manfaat yang penting untuk kesehatan tubuh. Apabila Anda rutin mengonsumsi selada, maka bisa mendapatkan dampak baik setiap harinya.