Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Aplikasi Scan Foto Terbaik di Android Yang Wajib Kalian Coba

5755
×

5 Aplikasi Scan Foto Terbaik di Android Yang Wajib Kalian Coba

Sebarkan artikel ini
aplikasi scan foto

Aplikasi Scan Foto Terbaik di Android – Sekarang zaman sudah semakin modern, terkadang scan foto menjadi kebutuhan yang tak bisa diabaikan. Baik untuk urusan pekerjaan, tugas sekolah, atau bahkan kebutuhan pribadi, memiliki aplikasi scan foto yang handal di Android ]adalah sebuah keuntungan.

Tapi dengan begitu banyak pilihan di pasaran, bagaimana kamu bisa tahu mana yang terbaik untuk kebutuhan kamu? Tenang, kami telah merangkum lima aplikasi scan foto terbaik yang bisa kamu coba di Android. Dari fitur basic hingga adavance, dari gratis hingga berbayar, kami akan membahas semuanya untuk memudahkan pilihan kamu. Selamat membaca!

Baca juga: 3 Cara Scan Dokumen Tanpa Alat Scanner, Cukup Pakai Ponsel

Aplikasi Scan Foto di Android

1. CamScanner

CamScanner kami pilih sebagai salah satu aplikasi scan foto terbaik di Android karena di sini punya banyak fitur mumpuni. Salah satu fitur yang kami highlight adalah kemampuan untuk mengenali teks secara otomatis atau yang disebut dengan Optical Character Recognition (OCR).

Kelebihan lainnya, kamu bisa menyimpan hasil scan ke dalam berbagai format, mulai dari TXT dan Word hingga JPG dan PDF. Fitur lain yang memukau adalah kualitas hasil scan yang cukup tajam dan jelas. Menariknya lagi, aplikasi ini juga dilengkapi dengan tools yang lengkap untuk edit, seperti menambahkan catatan dan watermark.

2. Adobe Scan

Selain punya aplikasi untuk kompres PDF, Adobe juga punya aplikasi scan foto yang bagus dengan nama Adobe Scan. Klaimnya, aplikasi ini menawarkan alat scanning foto yang sangat canggih dan mudah digunakan. Di sini ada teknologi Optical Character Recognition (OCR) untuk mengenali teks pada foto yang kamuscan.

Dan, tentu saja hasil scan foto bisa disimpan ke dalam berbagai format termasuk JPEG dan PDF. Oh iya, sama seperti CamScanner, di sini juga ada fitur editing berupa memotong, memutar, atau mengatur tingkat pencahayaan yang ada foto. Jadi, hasil scan-nya bisa lebih bagus.

3. PhotoScan

Dari Google ada aplikasi scan foto bagus namanya PhotoScan. Nah, aplikasi ini bukan hanya sekedar untuk scan foto saja, ya, karena kamu juga bisa scan dokumen apapun dengan kualitas terbaik. Salah satu fitur andalannya adalah me-reduce tingkat kesilauan pada foto sehingga hasil scan-nya lebih natural.

Sama seperti aplikasi-aplikasi scan foto sebelumnya di mana kamu bisa langsung mengedit hasil scan fotonya. Kamu bebas melakukan crop, cut, bahkan rotation untuk dokumen/foto yang sudah di-scan. Jangan khawatir dengan kemampuan aplikasinya, di PlayStore, aplikasi ini mendapatkan rating 4,4 dan sudah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna Android.

4. Fast Scanner

Fast Scanner adalah aplikasi buatan developer CoolMobileSolution. Di sini, mereka menawarkan scan foto yang efisien. Namun, yang membuat aplikasi ini sangat menarik adalah, aplikasinya sangat ringan dengan kapasitas hanya 8,4 MB saja.

Meskipun ringan tapi jangan meremehkan kemampuannya. Fast Scanner menghadirkan fitur-fitur yang cukup mumpuni untuk scan berbagai jenis dokumen, ekspor ke format PDF, serta mengirim dokumen yang telah di-scanmelalui email. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur editor gambar yang cukup komprehensif.

Salah satu kelebihan lain dari Fast Scanner adalah tidak ada batasan jumlah scanning, yang artinya kamu bebas scan banyak foto sesuai dengan kebutuhan. Gimana, kamu tertarik mau pakai aplikasi scan foto ini?

5. Microsoft Lens

Di daftar terakhir, kami memilih aplikasi buatan Microsoft, yaitu Microsoft Lens. Aplikasi ini mengklaim mampu meningkatkan kualitas scan, memotong tepi gambar secara otomatis, dan hasil file-nya pun available untuk berbagai format. Beberapa format yang tersedia di aplikasi scan foto ini antara lain, Excel, PowerPoint, Word, dan PDF.

Asyiknya, setiap hasil scan foto bisa langsung disimpan di OneDrive, OneNote, atau bahkan disimpan di memori HP kamu. Jadi, kamu tidak perlu ragu untuk pakai aplikasinya, ya. Pasalnya, Microsoft Lens sendiri mendapatkan rating 4,9 dari Google Play Store lho.

Memilih aplikasi scan foto yang tepat bisa sangat mempengaruhi efisiensi dan kualitas pekerjaan kamu. Dari pilihan aplikasi yang telah kami ulas, tentunya ada satu yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu. Jadi, mana aplikasi yang paling sesuai untuk kamu?