Yuk Intip Keindahan Desa Wisata pujon yang Lagi Hits dan Instagramable di Malang

wisata pujon

Desa Wisata Pujon Kidul salah satu desa wisata yang populer di Malang, Jawa Timur yang menawarkan pemandangan gunung Dorowati dan persawahan. Objek wisata ini memiliki beragam fasilitas permainan anak-anak, tempat selfie, kegiatan outbound dan tempat kuliner.

Desa Wisata Pujon Kidul merupakan objek wisata yang ada di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Terkenal karena dikelilingi oleh areal persawahan dan pegunungan. Desa ini dibangun dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat. Pihak pengelola membuat roadmap serta transparansi laporan keuangan yang dapat dipantau melalui website.

Baca juga: Keindahan Pulau Sempu, Surga Bahari Tersembunyi dan Terlarang di Malang

Beragam aktivitas seru sarat akan nuansa alam menjadi daya tarik utamaContohnya, beternak, outbond, mengolah susu, camping, hingga belajar membuat biogas. Diliputi suasana yang tenteram dan nyaman. Udara sejuk khas pedesaan berguna sebagai ajang relaksasi dari kepadatan kota.

Lanskap Gunung Dorowati semakin menambah keindahan. Anda akan dibuat terpaku ketika memandang panorama nun jauh di sana. Perpaduan padi dan aneka bunga cantik turut serta memanjakan mata. Di samping itu, penduduk setempat senantiasa siap sedia menyambut wisatawan. Wisata Pujon Kidul menjadi destinasi yang asyik untuk rekreasi bersama orang terkasih.

Daya Tarik yang Dimiliki Desa Wisata Pujon Kidul

wisata pujon

1. Cafe Sawah

Sesuai namanya, Anda akan disuguhkan panorama persawahan di atas lahan seluas 3 hektare. Aneka bunga dan sayuran ditata sedemikian apik sehingga tampak indah dipandang mata. Dibangun pula sejumlah saung yang tersebar hampir di seluruh penjuru taman. Fasilitas ini diperuntukkan gratis bagi pengunjung.

Beberapa kolam kecil diisi air jernih berfungsi sebagai hunian ikan koi. Anda bisa bebas memberi makan ikan-ikan ini. Menariknya, air tersebut ternyata memanfaatkan limbah domestik dari rumah-rumah penduduk. Dikelola dengan menggunakan struktur IPAL, yang mana ampas limbah kerap dijadikan pupuk.

Kawasan kafe juga sangat bersih, Anda tidak akan disuguhi sampah berserakan. Pihak pengelola menyatukan seluruh sampah di TPS desa. Sebagian diubah jadi kompos, sisanya dijual ke bank sampah. Dalam konteks menyeluruh, Cafe Sawah merupakan bukti nyata mengenai kesuksesan Desa Wisata Pujon Kidul.

Biasanya, beroperasi pada pukul 08.00 sampai maksimal 22.00 WIB. Anda harus membeli kupon Rp 8.000 untuk masuk ke sini. Kupon ini nantinya dapat digadaikan dengan menu tertentu sebesar Rp 5.000. Anda masih perlu membayar parkir Rp 5000 saat membawa mobil, sedangkan motor hanya dikenai Rp 2.000.

Alternatif menunya memiliki cita rasa rumahan disertai harga bersahabat. Variasi lalapan, bakso, ikan, olahan nasi, teh, kopi, susu, dan lain-lain. Bermodalkan uang Rp 30.000 saja, Anda sudah bisa mencicipinya. Di samping itu, juga ditunjang oleh fasilitas dan pelayanan yang optimal.

2. Variasi Air Terjun

Berlokasi di dataran tinggi, tidak mengherankan bila akan ditemukan banyak air terjun di Desa Pujon Kidul. Setiap objek memiliki keunikan tersendiri. Beberapa sudah menjadi bahan perbincangan sejak lama, sisanya masih belum begitu terjamah. Sebagai bahan perbandingan, ambil contoh Coban Sumber Pitu dan Manan.

Dikatakan Sumber Pitu karena memiliki tujuh titik pancuran air. Pitu berarti tujuh dalam bahasa Jawa. Ada dua pos yang harus dilewati untuk tiba di sini. Anda akan dikenai biaya Rp 10.000 di pos pertama. Kontur jalanan menuju pos kedua cukup terjal dan berliku. Butuh waktu setidaknya 30 menit jika berjalan kaki dan 15 menit berkendara.

Tidak berhenti sampai di situ, Anda masih harus melintasi jalan setapak sekurang-kurangnya 1 jam agar dapat menyaksikan air terjun. Namun, jangan khawatir karena pihak pengelola menyediakan sejumlah bangku untuk menghela napas sejenak. Panorama hijau di tengah hutan siap menemani perjalanan Anda.

Selanjutnya, ada yang disebut Coban Manan. Keberadaannya belum begitu terjamah, masih asri dan terjaga. Tersembunyi di antara hutan lebat dan medan yang ekstrem. Debit air terjunnya cukup deras, jatuh mengenai bebatuan licin. Disarankan meminta bantuan warga lokal untuk memandu perjalanan Anda agar tidak tersesat.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata Pujon Kidul

wisata pujon

Terpaut sejauh 30 kilometer, sekurang-kurangnya butuh waktu 1 jam jika berangkat dari pusat Kota Malang. Terletak di kawasan Pujon, Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun dua. Dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB. Jalanannya sudah diaspal dan mudah diakses.

Namun demikian, Anda harus waspada saat melintasi rute Kota Wisata Batu ke arah Kediri. Pasalnya, jalanan di sana menanjak, sempit, dan berliku. Di masing-masing sisi terdapat jurang. Termasuk daerah rawan kecelakaan. Apalagi, lalu lintasnya juga ramai karena menghubungkan antarkota.

Tiket masuk dipatok sebesar Rp 12.500. Ini tidak termasuk dalam biaya per objek wisata. Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, banyak ikon menari di Desa Wisata Pujon Kidul. Setiap ikon memiliki rentangan biaya masuk sebesar Rp 5.000 – Rp 20.000. Biasanya, sewa parkir dibuat terpisah. Motor dikenai Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas