Keindahan Pulau Sempu, Surga Bahari Tersembunyi dan Terlarang di Malang

pulau sempu

Pulau Sempu memang terkenal sebagai tempat konservasi cagar alam di Malang yang menyuguhkan pemandangan nan menakjubkan, terutama lagunanya. Meski terlarang untuk wisatawan, Anda bisa berkunjung asalkan memiliki surat izin dari pemerintah.

Kota Malang memang terkenal akan wisata kebun buah apel hijaunya. Tidak hanya wisata tersebut yang dapat Anda kunjungi, ada salah satu wisata baru yang wajib Anda sambangi saat berada di kota ini yakni Pulau Sempu.

Baca juga: Destinasi Kebun Teh Wonosari, Objek Wisata Alam Hits dan Sarana Edukasi di Malang

Tempat wisata ini menyuguhkan sebuah pemandangan pulau kecil yang memiliki beragam kekayaan laut. Pengunjung yang akan mendatangi wisata ini diharuskan menyebrangi lautan terlebih dahulu, karena letak pulau ini berada terpisah dengan pulau Jawa.

Berbagai kegiatan menarik bisa Anda lakukan saat mengunjungi wisata tersebut. Kegiatan ini akan didukung oleh beragam fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola wisata. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai wisata Pulau Sempu di wilayah Malang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Sempu

pulau sempu

1. Sebagai Area Konservasi

Sejak 1928, Pulau Sempu Malang telah diresmikan menjadi cagar alam yang dikelola oleh pemerintah setempat. Beragam jenis flora dan fauna di pulau ini dilindungi karena keberadaanya yang terancam punah.

Awalnya area pulau ini tidak ditujukan untuk kawasan wisata, namun beberapa waktu belakangan ini, pulau tersebut dibuka untuk wisatawan umum. Asal saja pengunjung yang akan mendatangi wisata ini harus mengantongi surat ijin dari pihak BKSDA.

2. Kawasan yang Tenang

Pengunjung yang sedang mencari tempat untuk menyendiri, Pulau Sempu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Letak pulau yang berada jauh dari pusat kota, membuat suasana kawasan pulau menjadi lebih sepi dari hiruk-pikuk perkotaan.

Selain sebagai tempat yang tepat untuk menyendiri, pulau ini juga bisa membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih rileks. Anda bisa datang saat malam atau sore hari jika ingin merasakan ketenangan pulau pada pagi harinya.

Kicauan dari burung yang masih hidup di alam liar akan menambah ketenangan saat Anda berada di pulau ini. Suara deburan ombak dari laguna akan terdengar hingga ke tengah pulau. Sungguh perpaduan melodi alam yang dapat menangkan pikiran dan hati.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Sempu

pulau sempu

Pengunjung dengan tujuan wisata Pulau Sempu, bisa menggunakan jalur dari arah kota yang tidak terlalu sulit.

Jika Anda merupakan pengunjung yang berasal dari luar kota Malang, Terminal Bungrasih akan menjadi tempat kedatangan pertama Anda. Perjalanan selanjutnya akan menggunakan kendaraan umum yang bisa Anda sewa dengan ongkos yang lumayan.

Tujuan saat berada di kendaraan umum ini adalah Pantai Sendang Biru terlebih dahulu, jangan berharap Anda akan dibawa langsung menuju kawasan pulau ini. Akses jalan untuk kendaraan darat memang belum tersedia di pulau ini.

Setelah memakan waktu kurang lebih 2 jam dari pusat kota, Anda akan tiba di pantai yang menjadi pintu masuk wisata pulau konservasi ini. Agar segera sampai di tujuan utama, carilah teman yang sama-sama akan pergi ke pulau tersebut.

Mengapa perlu mencari teman? Ini karena perahu yang akan Anda gunakan bisa memuat hingga 10 orang. Secara bersamaan ini, biaya yang akan dikeluarkan untuk menyewa perahu tidak terlalu mahal. Jika dibagi rata, harga sewa perahu untuk setiap orangnya hanya perlu membayar Rp 15.000.

Jika Anda dan rombongan sudah sampai di Pulau Sempu, jangan lupa untuk meminta kontak dari pemilik perahu tersebut. Ini dilakukan karena pemilik perahu tersebut, akan bisa menjemput Anda kapan saja saat sudah selesai mengunjungi pulau ini.

Memasuki kawasan pulau, jalan setapak yang akan Anda lewati memiliki struktur tanah dan berbatu yang tak sedikit tajam. Dengan melewati jalan inilah, Anda akan dituntun menuju ikon utama dari pulau eksotis ini.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Sempu Malang

pulau sempu

Tiket masuk kawasan pulau cantik di Malang ini dikenakan biaya Rp 20.000. Biaya ini memang tidak terlalu bersahabat, namun jika ingin melihat keindahan pulau ini tidak ada salahnya untuk mencoba mendatanginya.

Sebelum sampai di Pulau Sempu, penunjung harus memasuki Pantai Sendang Biru yang menjadi pintu masuk menuju pulau tersebut. Tiket masuk kawasan pantai tersebut dibandrol dengan harga Rp 5.000 per orangnya. Terdapat biaya parkir kendaraan yang harus pengunjung bayar saat memilih menggunakan kendaraan pribadi.

Setelah berhasil memasuki pantai, Anda bisa menggunakan perahu bermesin motor dengan sistem sewa. Agar lebih menghemat biaya, Anda bisa mengajak pengunjung lain saat akan menyebrang dengan kapal ini. Biaya sewa kapal tersebut merogoh kocek sebesar Rp 150.000 dengan muat hingga 10 orang.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas