Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

2 Cara Mengatasi LCD HP Tidak Menyala, Serta Ketahui Penyebabnya

1792
×

2 Cara Mengatasi LCD HP Tidak Menyala, Serta Ketahui Penyebabnya

Sebarkan artikel ini
LCD HP Tidak Menyala

Cara Mengatasi LCD HP Tidak Menyala – LCD HP tidak menyala pastinya sangat membingungkan. Jika HP menyala tetapi LCD tidak hidup, tandanya ada yang bermasalah. Ini merupakan salah satu ciri kerusakan LCD HP.

Zaman sekarang ini semua HP sudah berupa smartphone yang menggunakan layar sentuh. Kehadiran teknologi layar sentuh ini memang memberi kenyamanan pd pengguna smartphone.

Akan tetapi, HP dengan layar sentuh lebih rentan mengalami kerusakan, khususnya pada bagian LCD. Bagian LCD pada layar HP ini memang rentan mengalami kerusakan jika penggunaannya sembarangan.

Salah satu kerusakan yang seringkali ditemukan adalah LCD yang tidak mau menyala padahal HP dalam keadaan hidup. Jika sudah begini, apa yang harus pengguna lakukan?

Baca juga: Inilah 5 Tips Mencegah HP Tidak Terkena Air Saat Hujan, Bisa Lebih Awet!

Penyebab dan Cara Mengatasi LCD HP Tidak Menyala

Sebagian besar HP saat ini menerapkan teknologi layar sentuh yang canggih. Layar sentuh pada HP ini memang bisa memberikan kenyamanan lebih dan berbagai tujuan komunikasi lainnya.

Selain lebih nyaman, layar sentuh pada HP juga memberikan kesan yang lebih elegan. Akan tetapi, HP layar sentuh juga membutuhkan perawatan ekstra karena LCD mereka yang rentan mengalami kerusakan.

Salah satu ciri utama LCD HP rusak adalah tidak ingin menyala. Ketika LCD HP mati padahal HP dalam kondisi hidup, artinya sudah tidak berfungsi lagi.

Adapun hal kerusakan ini bisa terjadi karena berbagai faktor. LCD mati bisa karena pemakaian yang berlebihan, terlalu lama terpapar sinar Matahari, atau terkena air.

Apa yang Dimaksud dengan LCD HP?

LCD merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display. Ini merupakan jenis layar yang terdapat di produk elektronik, seperti ponsel, laptop, televisi, bahkan hingga kalkulator.

Baca Juga:  Inilah 5 Cara Cek Chipset HP Android Melalui Aplikasi, Dijamin Akurat!

Meski terbilang komponen lama, tetapi pemakaian LCD hingga saat ini masih mendominasi. Bahkan layar LCD menjadi salah satu terobosan baru di bidang teknologi.

LCD merupakan jenis layar yang menggunakan susunan kristal cair yang mendapat penerangan dari lampu latar untuk menghasilkan gambar. Layar ini memiliki performa yang cukup bagus dengan tampilan gambar serta keakuratan warna cukup baik.

Namun demikian, LCD HP tidak menyala bisa terjadi kapan saja karena berbagai faktor.

Penyebab LCD HP Tidak Mau Menyala

LCD HP tentu tidak akan rusak begitu saja. Komponen ini bisa mati dan rusak karena berbagai faktor.

Faktor kerusakan LCD pertama adalah karena konektor layar sentuh yang mengalami kerusakan. Jika LCD HP tidak menyala, kemungkinan ada masalah di bagian konektornya yang memang cukup sensitif.

Ketika konektor kotor sedikit saja, maka fungsi layar akan sangat terganggu. Jika bagian konektor layar berwarna hitam, Anda bisa membersihkannya terlebih dahulu agar kembali normal.

Penyebab LCD tidak menyala yang kedua adalah karena rusaknya dioda yang terhubung dengan komponen filter backlight.

Untuk memperbaikinya, maka Anda harus mencari komponen dioda yang terhubung dengan fitur backlight ini. Agar bisa mengetahui kondisinya, Anda membutuhkan alat yang bernama multitester.

Cara Mengatasi LCD Tidak Menyala

Ketika LCD HP tidak menyala dan mati artinya sudah blank. Anda bisa mengetahui hal ini ketika layar muncul warna hitam dan sudah tidak dapat Anda perbaiki lagi.

Jika sudah begini, Anda bisa mencoba cara mengatasinya dengan melakukan re-flash. Konsekuensi dari tindakan ini adalah seluruh data di dalam HP akan menghilang.

Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan menginstal drive re-flash pada laptop dan kemudian menyambungkan HP dengan USC, selanjutnya hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang ada.

Baca Juga:  Rekomendasi 6 HP dengan Harga Murah 2023, Spek Dewa!

Cara selanjutnya adalah membawa HP ke tempat service. Bila hal-hal sederhana tidak bisa memperbaiki LCD, maka jalan terakhir adalah membawa ke tukang service untuk menggantinya.

Tukang service pastinya akan lebih paham mengenai masalah yang terjadi. Jika Anda tidak memiliki dasar yang kuat, sebaiknya jangan coba-coba memperbaiki sendiri.

Jika Anda salah langkah sedikit saja akan terjadi hal yang fatal. Kerusakan yang sebelumnya hanya terjadi di LCD bisa menyebar dan mempengaruhi bagian HP lain.

Sebaiknya memang ketika LCD HP tidak menyala segera Anda bawa ke tempat perbaikan akan tidak semakin parah. Setelah itu, Anda lebih baik menjaga HP dengan benar dan tidak berlebihan menggunakannya agar LCD semakin awet.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas