Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 5 Tips Mencegah HP Tidak Terkena Air Saat Hujan, Bisa Lebih Awet!

3441
×

Inilah 5 Tips Mencegah HP Tidak Terkena Air Saat Hujan, Bisa Lebih Awet!

Sebarkan artikel ini
tips mencegah hp

Tips Mencegah HP Tidak Terkena Air Saat Hujan – Tips cegah HP tidak terkena air harus diperhatikan. Pada dasarnya, tips cegah HP supaya tidak terkena air ini sangat beragam. Untuk mengetahui apa saja tips HP tersebut, bisa simak ulasan di bawah ini.

Ragam Tips Mencegah HP Tidak Terkena Air

Ada banyak tips yang perlu untuk Anda pertimbangkan supaya HP tak terkena air. Sebagaimana yang kita tahu bahwa HP terlanjur kena air seringkali mudah rusak. Baik itu touchscreen maupun software di dalamnya.

Baca juga: 3 Cara Mengubah HP Jadi Mouse dengan Aplikasi Pihak Ketiga, Yuk Dicoba!

1. Gunakan Headset Bluetooth

Apabila Anda peduli dengan ponsel kesayangan, bisa beri perlindungan menggunakan headset bluetooth. Tips satu ini sangat sesuai bagi Anda yang suka menelpon sekaligus berkendara. Biasanya hal ini dilakukan oleh pekerja yang kerap mendapatkan telepon penting.

Selain itu, tips ini juga bisa Anda lakukan ketika terpaksa menerobos hujan dengan payung. Jika langsung mengoperasikan ponsel, jelas berisiko terkena air hujan. Oleh karena itu, gunakan headset bluetooth supaya ponsel aman.

2. Gunakan Handuk

Tips lainnya yang juga bisa Anda lakukan untuk cegah HP tidak terkena air yakni menggunakan handuk. Anda bisa bawa handuk ketika ingin bepergian selama hujan. Handuk ini bisa Anda pakai untuk membungkus ponsel sehingga tak terkena air meski menerobos hujan.

Jika Anda jalan kaki, bisa masukkan handuk berisikan ponsel tersebut ke saku. Lain halnya jika Anda membawa sepeda motor. Bisa masukkan handuk dan ponsel ke jok motor.

Hanya saja, pastikan ponsel sudah Anda matikan. Jangan sampai membahayakan keselamatan dengan tetap menyalakan ponsel. Handuk yang Anda gunakan pun pastikan bersih dan kering.

3. Pakai Casing Waterproof

Cara yang satu ini terbilang ampuh dan praktis. Apabila Anda harus terpaksa menerobos air, tak perlu khawatir ponsel akan basah kuyup karena terlindungi casing waterproof. Sesuai dengan namanya, casing ponsel ini memang bersifat tahan air.

Saat menggunakan casing waterproof, maka bukan hanya melindungi dari hujan saja, melainkan ketumpahan minum ataupun lainnya. Casing ini bisa mencegah air mengalir ke ponsel lewat port. Ponsel Anda pun terjamin keamanannya berkat mengikuti tips cegah HP tidak terkena air ini.

4. Manfaatkan Kantong Zip Lock

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kantong dengan zip lock sangat baik untuk melindungi barang dari air, termasuk ponsel. Tips ini pun jadi alternatif terbaik apabila Anda enggan memilih cara di atas. Saat Anda menggunakan kantong ini pun perlu memastikan sudah menutupnya dengan rapat.

5. Gunakan Balon

Tak banyak orang yang tahu bahwa balon juga bisa melindungi ponsel secara optimal. Cara memanfaatkannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengembangkan balon.

Langkah selanjutnya, Anda bisa memasukkan HP ke dalam balon tersebut. Ketika memasukkannya, Anda harus memastikan layar ponselnya menghadap ke bawah. Apabila salah penempatan, khawatirnya ponsel bisa tetap kemasukan air sehingga rawan mengalami kerusakan.

Ciri-Ciri HP Kemasukan Air

Pastikan Anda mempraktikkan beberapa tips cegah HP tidak terkena air di atas. Jangan sampai HP terkena air karena akan bermasalah. Pada dasarnya, HP yang sudah terlanjur terkena air menunjukkan ciri atau tanda.

Beberapa cirinya ialah kondisi touchscreen yang tidak berfungsi normal sehingga tak responsif dan kadang bergerak sendiri. Selain itu, LCD ponsel juga bermasalah. Jika sudah demikian, maka Anda akan kesulitan untuk mengoperasikan ponsel karena keterbatasan melihat bentangan layar.

Apabila kondisinya tak segera mendapatkan penanganan, maka bisa semakin parah. Mulai dari komponen ponsel lainnya yang tak berfungsi, tak bisa isi daya, dan suara smartphone terganggu. Kerusakan memang akan merembet ke banyak komponen penting di ponsel.

Ciri lainnya yang tak kalah penting untuk Anda tahu yaitu indikator water damage ponsel jadi berwarna merah. Semakin parah apabila muncul bercak merah di belakang baterainya. Mau tak mau Anda harus membawanya ke tempat service terbaik atau bahkan beli ponsel baru.

Nyatanya ada banyak tips cegah HP tidak terkena air yang bisa Anda pilih. Selain memperhatikan beberapa tips tersebut, cermati pula apa saja ciri HP yang sudah kemasukan air. Dengan mengetahui hal tersebut, maka Anda bisa langsung memberikan penanganan secara cepat dan tepat untuk menghindari kerusakan lebih parah.