Scroll untuk baca artikel
Wisata/Kuliner

Waduk Saguling, Objek Wisata Alam dengan Panorama Keindahan Memukau di Bandung 2023

846
×

Waduk Saguling, Objek Wisata Alam dengan Panorama Keindahan Memukau di Bandung 2023

Sebarkan artikel ini
waduk saguling

Waduk Saguling – Ada beragam tempat wisata yang wajib dikunjungi saat libur Lebaran. Salah satunya, Waduk Saguling. Waduk yang berada di Kabupaten Bandung Barat ini merupakan salah satu dari tiga waduk yang membendung aliran Sungai Citarum, yang tak lain adalah sungai terbesar di Jawa Barat.

Siapa sangka, Waduk Saguling menjadi salah satu destinasi wisata favorit saat libur Lebaran. Apalagi bagi masyarakat yang ingin berlibur dengan budget terbatas.

Baca juga: Pesona Telaga Biru Cawene, Wisata Alam Terbaik di Bogor yang Menawan 2023

Waduk ini juga disebut dengan Bendungan Saguling merupakan salah satu waduk terbesar yang ada di Provinsi Jawa Barat. Tempat yang sudah beroperasi sejak tahun 1985 ini memiliki luas sekitar 5600 hektar.

Pada awalnya, waduk ini hanya dijadikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA dengan kapasitasnya yang mencapai 1400 megawatt. Namun, suasananya yang menarik membuat banyak orang berkunjung ke tempat ini sampai pada akhirnya tempat ini menjadi salah satu obyek wisata andalan dari Kabupaten Bandung Barat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Luasnya kawasan waduk membuat tempat yang menarik ini mempunyai berbagai titik wisata yang tersebar di beberapa tempat, salah satunya berada di Cibaregbeg Pasir Nangka, Saguling, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Untuk mengunjungi titik ini, sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum sebab rute perjalanan yang anda tempuh tidak semuanya dilalui oleh kendaraan umum. Fitur peta daring seperti google maps tentu dapat membantu anda dalam bertandang ke tempat wisata air yang indah ini.

Namun, berikut merupakan gambaran yang dapat disampaikan mengenai rute menuju Waduk Saguling. Jika anda datang dari arah Exit Tol Purbaleunyi di Padalarang, anda dapat mengarahkan kendaraan anda ke Jalan Cimareme.

Baca Juga:  Patung Depati Amir Akan Tertampang di Parkiran Bandara

Setelah itu, anda akan memasuki kawasan Kota Baru Parahyangan yang kemudian dilanjutkan dengan menyusuri Padalarang-Ciburuy-Gunung Masigit-Citatah-Margaluyu-Cipatat.

Setelah melewati jalur tersebut, anda akan memasuki wilayah Rajamandala dan anda akan melewati tempat PLTA Saguling berdiri sebelum akhirnya tiba di lokasi kepariwisataan Waduk Saguling.

Daya Tarik yang Dimiliki Waduk Saguling

Waduk indah ini berada pada ketinggian kurang lebih 630 meter di atas permukaan laut. Hal ini membuat tempat wisata yang indah ini memiliki hawa yang sejuk dan menyegarkan. Letaknya yang tidak begitu dekat dengan hiruk-pikuk kendaraan pun menambah keasrian tempat ikonik ini.

Tempat wisata yang menawarkan ketenangan ini memiliki pemandangan deretan bukit yang indah. Bukit-bukit tersebut menjadi sumber aliran air bagi waduk ini sendiri. Paduan antara pemandangan bukit dan danau ini mampu memanjakan anda dari kejenuhan yang sedang dirasakan.

Area perairannya yang luas membuat Waduk Saguling dijadikan sebagai tempat beragam jenis ikan tawar oleh para petani tambak. Maka dari itu, anda dapat mengamati kegiatan para petani sekaligus menambah ilmu mengenai sistem budi daya ikan ini.

Di tempat ini, anda dapat menjelajahi danau secara langsung dengan menggunakan perahu yang sudah banyak tersedia. Semilir angin yang segar dapat membuat tubuh anda menjadi rileks. Selain itu, aroma perairan yang khas bisa membuat anda menjadi lebih tenang lagi.

Waduk Saguling memiliki spot lain yang bisa anda jadikan latar belakang foto sembari menikmati pemandangan danau buatan ini dari ketinggian, yakni Bunker Batujajar. Jika anda tertarik untuk bermain air, di area tempat wisata yang hits ini terdapat beberapa danau alami yang sangat eksotis dan menarik untuk dicoba.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Waduk

Layaknya tempat wisata pada umumnya, Waduk Saguling memiliki ragam fasilitas yang dapat menunjang kegiatan rekreasi pengunjungnya. Area parkir yang luas, toilet yang nyaman, dan Mushala yang bersih membuat pengunjung tidak perlu lagi khawatir.

Baca Juga:  Eksotis Wisata Seganing Waterfall Bali, Wisata Alam Unik yang Menantang

Selain itu, anda dapat menyewa kamar di berbagai hotel atau penginapan yang ada di sekitar tempat wisata yang asri ini. Kualitas hotel dan penginapan yang ditawarkan pun beragam, mulai dari yang berkonsep rumahan juga dengan hotel berbintang.

Demikian beberapa hal menarik mengenai Waduk Saguling yang merupakan tempat multiguna yang berada di wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk mengunjungi tempat ini, pastikan kondisi anda juga kendaraan anda dalam kondisi yang prima supaya kegiatan rekreasi dapat berjalan dengan nyaman dan lebih menyenangkan.

Selain itu, anda juga harus senantiasa menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga ketertiban supaya kenyamanan pengunjung lain pun tidak terganggu. Sebaiknya anda jangan lupa untuk menggunakan pelindung kepala sebab tempat wisata yang ikonik ini mengharuskan para pengunjungnya untuk beraktivitas di luar ruangan.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas