Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Update! 4 Syarat Monetisasi Youtube Shorts, Pendapatan Bisa Fantastis

375
×

Update! 4 Syarat Monetisasi Youtube Shorts, Pendapatan Bisa Fantastis

Sebarkan artikel ini
Youtube Shorts

Syarat Monetisasi Youtube Shorts – Perlahan tapi pasti, YouTube mulai memperkenalkan fitur YouTube Shorts yang mirip dengan video-video pendek TikTok. Sebelumnya, YouTube Shorts nggak bisa dimonetisasi oleh para YouTuber meski memiliki banyak subscriber. Rupanya, ada syarat monetisasi YouTube Shorts yang baru pihak YouTube umumkan.

Seperti kita ketahui, banyak orang yang ingin menjadi YouTuber karena potensi mendapatkan uang dari adsense. Kini, YouTube mulai berpindah untuk mengembangkan YouTube Shorts demi menyaingi Instagram Reels dan juga TikTok. YouTube kemudian hendak melakukan monetisasi untuk YouTube Shorts.

Baca juga: Rekomendasi 3 Ban Tubeless Motor Matic Terbaik dan Tips Memilihnya

YouTube Shorts Kini Bisa Monetisasi

Seperti kita ketahui, banyak YouTuber yang mengeluh karena konten video pendek mereka nggak kunjung menghasilkan uang dari adsense. Kini, YouTube sendiri telah mengumumkan bahwa kreator YouTube Shorts akan menerima bayaran gaji yang berkisar Rp1,4 juta sampai Rp143,9 juta.

Kendati begitu, YouTube masih menerapkan hal ini di 10 negara saja. Beberapa negara antara lain Indonesia, Amerika Serikat, India, Brazil, Jepang, Inggris, Meksiko, Nigeria, Rusia dan Afrika Selatan. Negara-negara lainnya juga akan menyusul.

Karena mendapat penghasilan yang cukup fantastis, tentu saja ada syarat untuk melakukan monetisasi YouTube Shorts. Emang apa aja? Daripada penasaran, yuk simak aja langsung di bawah ini!

Faktor Jumlah Monetisasi Dari YouTube Shorts

Pengumuman mengenai monetisasi ini memubuat banyak kreator yang senang. Kendati begitu, ada beberapa syarat tertentu untuk bisa monetisasi YouTube Shorts. Pembagian penghasilan atau gaji juga dihitung berdasarkan beberapa faktor;

  1. Faktor pertama adalah jumlah penayangan. Kamu mendapatkan penghasilan sesuai dengan jumlah penayangan YouTube Shorts
  2. Selanjutnya, penghasilan sendiri ditentukan juga dari mana audiens atau penonton berasal. Adsense sendiri memang ditentukan oleh masalah geografis penonton dan jumlah penduduk negara.
  3. Dan faktor-faktor lainnya

Sayangnya, pihak YouTube nggak memberikan detil mengenai jumlah minimum penayangan shorts. Namun ada beberapa syarat pasti agar seseorang menerima bayaran langsung; simak

Syarat Dapat Gaji Atau Monetisasi YouTube Shorts

Setelah mengetahui bagaimana sistem pembayarannya, kalian juga harus tahu syarat-syarat yang harus terpenuhi untuk bisa monetisasi. Berikut ini beberapa syaratnya. Simak!

  1. Kreator membuat video yang otentik dan bukan konten daur ulang yang terupload juga di media sosial lain
  2. Kreator minimal berusia 13 tahun
  3. Sang kreator harus menautkan akun AdSense. Bonus akan YouTube kirim langsung pada akun tersebut
  4. Terakhir, akun YouTube harus memiliki minimal 1 video Shorts dalam 180 hari terakhir

Kreator Shorts dapat Imbalan dari YouTube

YouTube telah mengumumkan, bahwa pada bulan Agustus ini, kreator Shorts yang berasal dari 10 negara akan mulai menerima bayaran gaji yang berkisar antara 100 hingga 10.000 dollar AS setiap bulan. Atau setara dengan Rp 1,4 juta hingga Rp 143,9 juta. Sangat menggiurkan, bukan?

Di tahap awal, kreator Shorts yang berkesempatan menerima bonus dari YouTube ini, adalah mereka yang berasal dari Indonesia, Amerika Serikat, India, Brasil, Jepang, Inggris Raya, Meksiko, Nigeria, Rusia, dan Afrika Selatan. Dan akan segera disusul oleh negara-negara lainnya.

Nantinya, YouTube akan mengirimkan notifikasi kepada ribuan kreator untuk menerima imbalan uang tersebut dari program Shorts Fund. Selanjutnya, para kreator bisa segera mengklaim imbalan itu sebelum tenggat waktu yang ditentukan, atau imbalan akan hangus.

Nah itu dia beberapa syarat monetisasi YouTube Shorts. Gimana menurut kalian? Apakah kalian tertarik untuk pindah dan membuat konten di YouTube?