Scroll untuk baca artikel
Politik

Surat Suara Capres dan DPR RI Mulai Dilipat, Kiki Senang Dapat Uang

203
×

Surat Suara Capres dan DPR RI Mulai Dilipat, Kiki Senang Dapat Uang

Sebarkan artikel ini
IMG 20240105 WA0006

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Sebanyak 144.784 surat suara DPR RI untuk Kabupaten Bangka Tengah dipindahkan dari gudang logistik KPU Bangka Tengah untuk disortir dan dilipat oleh 221 warga di Gedung Serba Guna Bangka Tengah, Jumat (5/1/2024).

Ketua KPU Bangka Tengah Supendi menjelaskan, jika surat suara akan dilipat bertahap. Mulai dari surat suara DPR RI hingga nanti suara suara DPRD Kabupaten akan dilipat.

“Terhitung hari ini 5 Januari hingga nanti 15 Januari semua surqt suara harus sufah selesai disortir dan dilipat,” ucapnya kepada intriki.id.

Supendi menyebutlan, dalam pernyortiran dan pelipatan ini akan diawasi ketat oleh pihak kepolisian, Bawaslu, Sat Pol PP dan pihak KPU sendiri yang akan mengawal teknisnya.

“Gak ada yang boleh masuk kecuali yang punya name tag agar seluruh proses tidak terganggu,” ujar Supendi.

Supendi melanjutkan, semua surat suara nanti akan dipastikan tidak ada yang rusak sedikitpun agar bisa digunakan dalam pemilu 2024 pada tanggal 14 februari mendatang.

“Nanti kita berikan arahan kepada ibu-ibu mana surat suara yang bisa dilipat dan mana surat suara yang rusak agar terjaga proses dan keamanan surat suara tentunya yang didampingi kepolisian dan bawaslu,” tegasnya.

Ia juga mengatakan orang yang melipat juga akan mendapatkan gaji sebesar Rp 300 perlembar untuk surat suara presiden dan wakil preseiden dan sisanya mendapat gaji Rp 450 perlembar untuk surat suara DPR-DPD.

“Ini memamg meningkat dari 5 tahun lalu yang 130 rupiah menjadi 450 dan 300 rupiah. Tapi harapan kami adalah berjalannya proses pemilu yang baik dengan banyaknya partisipasi masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Bangka Tengah Marhendra mengatakan, pihaknya hanya mengawasi proses pelipatan saja tanpa ikut campur dalam teknisnya.

“Semua teknis ada di KPU. Kami hanya memantau dan membuat laporan jika memang ada surat suara yang rusak atau ada hal yang menurut kami janggal. Itu saja,” ucapnya singkat.

Ditempat yang sama, Kiki (35) warga Keluraham Arung Dalam itu mengaku senang dilibatkan dalam pelipatan surat suara tersebut.

“Dari pada di rumah, anak juga sekolah gak ada temen saya kan. Mending melipat ini (surat suara). Mikirin baju numpuk mager. Kalau ini dapet duit,” ucapnya sembari tertawa.

Kiki juga menyebutkan, dengan diikutkan masyarakat dalam proses pemilu ini, maka akan menambah kesadaran masyarakat untuk mencoblos nantinya.

“Kalau kayak gini orang juga seneng mau ke TPS nyoblos karena ikut berperan. Apalagi ibu-ibu pasti cerita sana sini,” tandasnya.