Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Praktis! Begini 4 Cara Ngeprint Lewat HP, Cepat Tanpa PC

428
×

Praktis! Begini 4 Cara Ngeprint Lewat HP, Cepat Tanpa PC

Sebarkan artikel ini
ngeprint lewat hp

Praktis Begini Cara Ngeprint Lewat HP – Cara ngeprint lewat HP terbukti praktis. Tanpa PC, ngeprint ternyata juga bisa Anda lakukan dengan cara mudah hanya lewat HP. Untuk mengetahui seperti apa tutorial HP ini, Anda bisa cek uraian berikut.

Cara Ngeprint Lewat HP Praktis

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa ngeprint hanya bisa lancar jika menggunakan PC. Namun tahukah Anda bahwa ngeprint juga bisa lancar meski hanya mengandalkan ponsel.

Mengenai caranya, Anda bisa memanfaatkan OTG adapter. Dengan kabel tersebut, Anda bisa cetak teks, dokumen, foto, maupun PDF secara mudah.

Selain kabel OTG, Anda juga perlu menyiapkan printer dan aplikasi printer. Adapun salah satu rekomendasi aplikasi printer yang bisa Anda pilih ialah Android NokoPrint. Berikut cara ngeprint lewat HP.

Baca juga: 5 HP dengan Audio Terbaik Aneka Brand, Suara Dahsyat!

  1. Setelah semua persiapannya sudah lengkap, Anda bisa langsung download dan instal aplikasi Android NokoPrint dari Google Play Store.
  2. Apabila aplikasi Android NokoPrint sudah terpasang di ponsel, maka Anda bisa langsung membukanya.
  3. Langkah berikutnya, Anda bisa menghubungkan kabel printer dengan smartphone Android menggunakan kabel OTG.
  4. Lalu hidupkan printer.
  5. Jika sudah, Anda bisa pilih aplikasi untuk perangkat USB ketika ada pop-upyang muncul.
  6. Setelah itu, Anda bisa memilih NokoPrinter. Sebagai solusi apabila tak ada pilihan tersebut, maka Anda bisa klik ikon yang ada di bawah tulisan Tidak Pilih. Dari sini Anda bisa pilih Tersambung Ke USB OTG.
  7. Langkah selanjutnya, Anda bisa klik tipe printer yang akan digunakan untuk ngeprint.
  8. Nantinya akan muncul permintaan untuk download driver printer. Anda bisa klik Ya dan tunggulah sampai proses downloadnya selesai.
  9. Anda bisa lanjutkan dengan memilih file yang ingin diprint. Apakah dokumen, foto, maupun file lainnya.
  10. Kemudian Anda bisa klik Preview File yang terlihat.
  11. Klik tombol Mencetak dan tunggulah sampai proses pencetakan selesai. Apabila ada kertas yang keluar dari printer, menandakan bahwa proses pencetakannya sudah usai dan berhasil.

Cara Ngeprint Menggunakan Google Cloud Print

Cara ngeprint lewat HP juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan Google Cloud Print. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama-tama, Anda bisa membuka aplikasi browser berupa Google Chrome yang ada di HP.
  2. Setelah aplikasi browsernya terbuka, Anda bisa akses laman Google Cloud Print.
  3. Jika sudah, Anda bisa tekan tombol Tambahkan Printer.
  4. Kemudian Anda bisa meninggalkan tanda centang pada tipe printer yang sesuai.
  5. Klik tombol Tambahkan Printer lagi dan buka HP untuk mengakses menu Pengaturan.
  6. Langkah selanjutnya, Anda bisa akses menu Print dan memilih Service.
  7. Lalu klik Cloud Print dan cetak dokumen yang Anda butuhkan.
  8. Anda tunggu saja sampai proses pencetakan dokumennya selesai.

Printer yang Bisa Print dari HP

Setelah Anda tahu bagaimana cara ngeprint lewat HP, pastikan tepat dalam memilih brand printernya. Berikut beberapa rekomendasi printer yang bisa Anda manfaatkan untuk mencetak dari HP.

Epson L565

Printer yang satu ini terbilang multifungsi karena bisa Anda pakai untuk mencetak, fotocopy, dan memindai dokumen. Menariknya lagi, printer ini juga bisa terhubung dengan Wi-Fi sehingga semakin memudahkan dalam proses pencetakan lewat HP.

Canon Pixma Mobile iP110

Anda juga bisa pilih printer ini untuk coba cara ngeprint lewat HP. Printer portable ini menggunakan baterai untuk bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Uniknya, printer Canon Pixma Mobile iP110 tak hanya bisa Anda andalkan untuk mencetak dari HP Android saja, melainkan juga iPhone. Hal ini berkat bantuan Wi-Fi.

Brother PocketJet PJ-773

Rekomendasi printer yang bisa print lewat HP selanjutnya yaitu Brother PocketJet PJ-773. Printer ini termasuk produk inkless yang mengusung teknologi Thermal Printing.

Ukuran printer Brother PocketJet PJ-773 ini juga terbilang mini sehingga memberikan kemudahan bagi Anda ketika ingin membawanya kemanapun itu. Semakin berkualitas karena printer ini telah berbekal baterai. Hal ini memungkinkan printer jadi lebih hemat listrik ketika Anda operasikan.

Dari uraian di atas, Anda bisa tahu bagaimana cara ngeprint lewat HP. Nyatanya proses pencetakan lewat HP terbilang mudah, bahkan pemula juga bisa melakukannya. Prosesnya akan semakin mudah apabila Anda menggunakan printer yang sesuai sebagaimana rekomendasi di atas.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas