Scroll untuk baca artikel
Wisata/Kuliner

Pesona Keindahan Desert Point Pantai Bangko Bangko di Lombok, Surganya Para Selancar 2023

288
×

Pesona Keindahan Desert Point Pantai Bangko Bangko di Lombok, Surganya Para Selancar 2023

Sebarkan artikel ini
desert point lombok

Desert Point Lombok – Pantai Bangko Bangko, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Desert Point, adalah salah satu pantai yang terletak di ujung barat daya Pulau Lombok.

Pantai ini terkenal karena ombaknya yang besar sehingga banyak wisatawan yang datang dengan tujuan berselancar. Selain ombak, tempat yang menjadi wisata pantai ini juga memiliki pemandangan alam yang indah.

Air lautnya biru dan sangat jernih, bahkan anda dapat melihat bagian dasar yang dihuni oleh berbagai macam biota laut. Sebagaimana pantai di Lombok pada umumnya, di sini juga memiliki pasir putih yang lembut. Saking putihnya, ketika siang hari seperti memantul ketika terkena cahaya matahari. Di tepi pantai terdapat banyak sekali tebing menjulang tinggi.

Baca juga: Waduk Saguling, Objek Wisata Alam dengan Panorama Keindahan Memukau di Bandung 2023

Lokasi Desert Point

Mengunjungi objek wisata berupa pantai pastinya tidak sulit, termasuk Desert Point yang kita bahas kali ini. Secara administratif, pantai ini berada di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Jarak dari pusat kota sekitar 15 kilometer, kemungkinan anda dapat menempuhnya selama 1 jam dengan kendaraan bermotor.

Pantai cantik ini dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Namun demikian, tetap disarankan membawa kendaraan pribadi. Perjalanan yang lumayan jauh seharusnya tidak terasa karena anda akan melewati banyak pantai eksotis. Apabila anda berangkat dari pusat Sekotong, silahkan menuju ke Jalan Raya Siung.

Ambil arah yang menuju ke Kantor Desa Batu Putih, kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Raya Labuan Poh. Perjalanan ke Desert Point dilanjutkan dengan mengambil sepanjang Jalan Raya Selegong. Dari titik ini, silahkan melihat papan petunjuk yang berada di seberang jalan, anda pun bisa menanyakan langsung pada warga sekitar.

Baca Juga:  Menikmati Sunset Pantai Double Six Bali, Pantai Cantik Sangat Cocok Untuk Bersantai

Harga Tiket Masuk Desert Point

Tidak perlu mahal untuk mendapatkan pengalaman seru selama liburan. Ada banyak sekali objek wisata murah di Lombok yang dapat anda tuju. Di Desert Point yang kita bahas ini, anda hanya wajib membayar 10.000 rupiah sebagai tiket masuk. Dengan harga murah tersebut, anda dapat menjelajahi setiap sudut pantai dan melakukan banyak aktivitas.

Namun apabila anda ingin surfing dan tidak membawa papan selancar, maka harus menyediakan biaya tambahan untuk menyewa. Biaya lain yang wajib dibayar ketika anda berada di sini yaitu retribusi parkir. Cukup sediakan 3.000 rupiah apabila anda membawa sepeda motor. Sedangkan jika membawa mobil, harga parkir berlaku 5.000 rupiah.

Daya Tarik Wisata Desert Point

Setiap hati, Desert Point dipenuhi pelancong dari berbagai daerah, bahkan tidak sedikit dari turis asing. Kebanyakan dari mereka bertujuan untuk selancar karena karakteristik ombaknya tinggi. Namun tentu bukan hanya itu saja, masih bayak alasan lain yang menjadi daya tariknya.

1. Ombak yang Cocok untuk Surfing

Ombak di pantai ini sangat cocok dijadikan lokasi surfing dan sekaligus menjadi daya atrik utamanya. Karakter ombaknya cepat dan memiliki bentuk yang berbeda-beda, tergantung pada kondisi cuaca dan arah angin. Namun ombak utamanya adalah barrel yang berbentuk pipa. Pengalaman surfing yang paling menarik adalah saat berhasil masuk ke dalam ombak tersebut.

Karena ombaknya yang sangat kuat dan berbahaya, perlu pengalaman dan keterampilan yang cukup untuk bisa surfing di Desert Point dengan aman. Selain itu, pastikan untuk menggunakan perlengkapan dan peralatan yang sesuai. Tidak hanya papan surfing yang tepat, namun juga perlengkapan keselamatan jika perlu.

2. Air Laut Biru nan Indah

Daya tarik selanjutnya adalah dari air laut yang sangat jernih kebiruan dan menakjubkan. Kejernihan dan kedalaman laut di sekitar area surfing membuat pengalaman semakin menarik. Seperti halnya pantai atau lautan, ada perbedaan warna atau yang disebut dengan gradasi. Perbedaan ini dikarenakan faktor kedalaman dan juga arus yang pasang atau surut.

Baca Juga:  Istana Taman Cadas, Taman Pasir Negeri Dongeng di Cilegon 2023

Gradasi warna ini sangat indah dari kejauhan, seolah menyempurnakan pesona Desert Point. Birunya semakin menakjubkan tatkala cuaca cerah, dimana langit kebiruan memantul dengan indahnya. Dengan air yang jernih ini, banyak pengunjung yang menyempatkan diri untuk snorkeling. Apalagi ada banyak biota laut yang cantik dari berbagai ikan dan terumbu karang.

3. Tebing Eksotis

Desert Point tidak hanya menarik karena pantai yang biru dengan karakter ombak tinggi. Selain itu, ada pesona lain yang didapatkan ketika anda berkunjung ke sini. Di tepi pantai terdapat tebing yang menjulang tinggi, sangat terlihat eksotis. Tebing yang mirip bukit ini sebagian ditumbuhi oleh pepohonan rindang sehingga terlihat warna hijaunya.

Sebagian lagi tidak, jadi terlihat kecokelatan dan menciptakan gradasi yang kontras. Tidak jauh berbeda dengan tebing di pantai pada umumnya, di sini juga terbentuk dari batuan yang tererosi oleh air laut selama berabad-abad. Formasinya sangat unik, meski tidak beraturan sehingga menciptakan pemandangan yang eksotis.

Fasilitas Penunjang di Desert Point

Desert Point merupakan salah satu pantai di Lombok yang dikenal luas oleh wisatawan. Untuk itu, pengelola menyediakan banyak sekali fasilitas penunjang yang memadai. Anda tidak kesulitan jika membawa kendaraan bermotor, karena area parkir nya cukup luas.

Bagi yang ada keperluan buang air, silahkan menggunakan toilet. Tempat ini juga menyediakan tempat penyewaan peralatan surfing dan lain sebagainya.

Tujuan utama ketika liburan yakni mendapatkan hiburan, selain itu juga untuk mendapatkan pengalaman yang berkesan. Dari banyaknya objek wisata di Lombok, Desert Point dapat dijadikan pilihan utama karena memiliki banyak daya tarik yang dijelaskan diatas. Selain itu, anda pun bisa melakukan banyak hal seru dan menarik, bahkan mungkin tidak didapatkan di pantai lain.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas