Scroll untuk baca artikel
Bangka TengahKesehatan

Pemkab Bateng Habiskan Rp 2,1 M Tiap Bulan untuk BPJS

178
×

Pemkab Bateng Habiskan Rp 2,1 M Tiap Bulan untuk BPJS

Sebarkan artikel ini
Pelayanan BPJS Kesehatan 5
Foto: ist

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah menyiapkan dana Rp 26,8 Miliar untuk bayar premi UHC dan BPJS masyarakat Bangka Tengah untuk tahun 2023.

Sebelumnya, pemerintah sudah menyiapkan dana sebesar Rp 18,6 miliar di tahun 2022 namun dimulai September 2022 kemarin. Namun, realisasi anggaran yang digunakan Rp 18,1 miliar.

Fera Hasnita, SKM, MKM Kabid Pelayanan Kesehatan mengatakan, pihaknya akan terus berupaya mengoptimalkan program UHC untuk masyarakat.

“Tahun ini kita rangkumkan agar bisa mengcover sampai 98 persen masyarakat Bangka Tengah. Kita usahakan yang terbaik untuk masyarakat,” ucapnya kepada intrik.id, Rabu (18/1/2022) di Koba.

Fera menjelaskan, pembagian dana yang ditanggung Pemkab Bateng sendiri tidak semuanya untuk UHC.

“Namanya kita sistemnya urunan kayak BPJS, jadi kita gak semua pemerintah yang cover. Pasti dibantu juga oleh pusat, mandiri dan pengusaha,” ungkapnya.

Untuk diketahui, BPJS dan UHC yang ditanggung oleh pusat berjumlah 47.133 jiwa, Pemkab Bateng berjumlah 71.702 jiwa, Pekerja Penerima Upah berjumlah 31.935 jiwa, Pekerja Bukan Penerima Upah berjumlah 41.331 jiwa dan bukan pekerja berjumlah 715 jiwa dengan total 192.816 jiwa yang tercover atau 96,36 persen warga Bangka Tengah.

Fera juga menyebutkan, jika Pemkab Bateng setiap bulan harus membayar Rp 2,1 miliar tagihan BPJS setiap bulannya.

“Kita pemkab pasti ingin membantu masyarakat yang benar-benar kurang mampu. Namun kita masih terkendala didana,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan, Anas Ma’ruf mengatakan, pihaknya akan berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Bangka Tengah.

“Jadi kita berusaha yang terbaik namun memang apa yang dikatakan bu kabid, kita masih terkendala di dana, ” ucapnya singkat.(Erwin)