Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

Kelas BPJS Dihapus, Pemkab Bateng Buat Ruangan Baru Disemua Fasilitas Kesehatan

211
×

Kelas BPJS Dihapus, Pemkab Bateng Buat Ruangan Baru Disemua Fasilitas Kesehatan

Sebarkan artikel ini
IMG 20230412 WA0012
Foto: Kepada Dinas Kesehatan Bareng, Anas Maaruf. (Erwin)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah sedang mempersiapkan fasilitas Rumah Sakit untuk memenuhi standar pelayanan.

Hal itu untuk mengikuti instruksi pemerintah yang akan menghapus pelayanan pasien semua kelas pada peserta BPJS Kesehatan mulai tahun 2024.

Pasalnya, pihak BPJS tidak akan membagi lagi antara pasien kelas I, II ataupun kelas III.

Kepala Dinas Kesehatan M. Annas Ma’ruf mengatakan aturan tersebut sudah dikeluarkan oleh Menteri Kesehatan terkait kebijakan pelayan standar sama kepada semua masyarkat.

“Tahun depan, sesuai Permenkes semua pasien BPJS Kesehatan akan mendapat pelayanan yang sama tanpa ada pembedaan kelas di semua rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan termasuk pelayanan kesehatan di Bangka Tengah,” ungkapnya kepada intrik.id.

Annas menyebutkan, pihaknya sedang fokus membangun gedung rumah sakit dan kamar untuk memenuhi standar pelayanan yang tertuang dalam Permenkes.

“Jadi ada 13 indikator nantinya untuk pelayanan tanpa membedakan kelas atau kita sebut standar pelayanan masyarakat. Nanti 1 ruangan hanya 4 pasien gak boleh 6 atau 8 lagi, gak ada kelas-kelas, lantai fasilitas semua sama dan ini sedang kami sosialisasikan, ” jelasnya.

“Kami sedang membangun ruangan-ruangan baru di RSUD, RSPP, Puskesmas dan juga pelayanan tingkat desa untuk membuat standar pelayanan ini,” lanjutnya.

Annas mengatakan, untuk biaya pembayaran BPJS Kesehatan belum ada tarif yang disosialisasikan oleh pihak BPJS. Namun akan ditarik titik temu yang pas untuk standar ini.

“Bisa jadi yang kelas 1 diturunkan, yang kelas 3 dinaikan dengan harga tarif kelas 2. Tapi nanti tunggu kebijakan BPJs, ” ucapnya.

“Intinya kami sudah diperintahkan membuat faskes (Fasilitas Kesehatan-Red) dengan standar yang sama dan sedang kami upayakan dan kelas-kelas dalam pelayanan BPJS akan dihapuskan, ” tutupnya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas