Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Inilah 6 Cara Membakar Kalori saat Jam Kerja, Tak Perlu Beranjak dari Kursi

225
×

Inilah 6 Cara Membakar Kalori saat Jam Kerja, Tak Perlu Beranjak dari Kursi

Sebarkan artikel ini
bakar kalori

Cara Bakar Kalori saat Jam Kerja – Tak punya waktu buat olahraga? Sembari kerja, Anda tetap bisa olahraga dan bakar lemak. Kabar baiknya, Anda tak harus beranjak dari kursi kantor.

Duduk berjam-jam tanpa ‘jeda’ perlahan bisa membunuh Anda. Terlalu lama duduk bisa memicu aneka masalah kesehatan dan memperlambat metabolisme. Anda mungkin tak banyak ngemil, tapi berat badan tetap naik sebab terlalu banyak duduk.

Berikut cara membakar kalori selama kerja tanpa harus beranjak dari kursi kantor.

Baca juga: 5 Tips yang Bisa Kalian Ketahui Sebelum Membeli Laptop Baru

1. Kerja sambil berdiri

Coba sesekali bekerja sembari berdiri. Carilah meja-meja tinggi yang bisa dimanfaatkan untuk mengeksekusi ide ini.

Seperti dinukil dari Harvard Health Publishing, riset menemukan bahwa bekerja sambil berdiri membakar lebih banyak kalori meski tak banyak. Riset yang diterbitkan di Journal of Physical Activity and Health ini menyebut saat duduk, partisipan membakar 80 kalori per jam. Sementara itu, partisipan yang berdiri membakar sekitar 88 kalori per jam.

Peneliti menyarankan untuk memberikan jeda dengan berjalan-jalan terutama saat jam makan siang. Cara ini bisa memberikan pembakaran kalori ekstra sebanyak 100 kalori.

2. Peregangan

Tanpa sadar, Anda sudah duduk berjam-jam dan tubuh terasa pegal. Ketegangan sebenarnya bisa diredakan dengan peregangan. Peregangan pun bisa membantu membakar kalori.

Seperti dikutip dari Live Strong, ada dua peregangan yang bisa dilakukan di meja kerja. Berikut di antaranya:

  • Peregangan samping

Duduk tegak lalu angkat tangan ke atas kepala. Tautkan kedua tangan dan condongkan tubuh ke kiri dan kanan hingga terasa regangan di sisi kiri dan kanan tubuh. Tahan selama 10-20 detik.

  • Posisi cat-cow

Pertahankan tangan di atas kepala lalu condongkan ke depan hingga tubuh seperti membentuk huruf C. Lakukan ini sambil melepas napas, lalu tarik napas, dan lengkungkan tubuh ke belakang.

3. Jaga postur tetap tegak

Postur tubuh yang tepat akan melatih beberapa otot badan, punggung, dan bahu. Postur yang baik juga akan membakar lebih banyak kalori.

Sementara itu, Anda disarankan untuk mengencangkan perut sesering mungkin selama 60 detik.

4. Push up meja

Tim Liu, pelatih kebugaran dan nutrisi, menyarankan untuk melakukan push up di kantor. Tak perlu push up seperti yang biasa dilakukan di rumah atau gym.

Dikutip dari Eat This, Not That, biarkan tangan menumpu pada meja. Anda tidak harus melakukan beberapa set sekaligus. Cukup sedikit demi sedikit asal konsisten.

5. Latihan angkat kaki

Latihan ini sangat baik untuk mengencangkan tubuh bagian bawah dan membakar kalori. Coba duduk tegak dan angkat tumit dari lantai. Ulangi gerakan naik turun ini sebanyak 10-15 kali.

Untuk menciptakan tantangan sekaligus upaya membakar lebih banyak kalori, tekan tangan ke lutut agar ada resistensi atau beban tambahan. Jika Anda mengenakan sepatu hak tinggi, sebaiknya lepas sepatu terlebih dahulu.

6. Pura-pura jalan kaki

Sebenarnya beranjak dari kursi dan berjalan-jalan adalah cara terbaik membakar kalori selama jam kerja. Namun, jika kondisinya memaksa Anda untuk ‘terikat’ lebih lama di kursi, pura-pura jalan kaki juga bisa memberikan manfaat.

Anda cukup duduk tegap sementara kaki kiri dan kanan diangkat secara bergantian seperti sedang jalan kaki. Ulangi beberapa kali sebanyak yang Anda bisa.