Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 5 Dampak Positif dan Negatif Teknologi AI (Artificial Intelligence)

687
×

Inilah 5 Dampak Positif dan Negatif Teknologi AI (Artificial Intelligence)

Sebarkan artikel ini
teknologi ai

Dampak Positif dan Negatif Teknologi AI – Artificial Intelligence atau yang disebut AI ini menjadi salah satu teknologi canggih di masa depan. Dimana semua pekerjaan ini bisa mempermudah pekerjaan manusia menjadi lebih efisien dan lebih cepat.

Apalagi Artificial Intelligence ini menjadi salah satu tren teknologi muktahir untuk beberapa tahun ke depan. Tapi perlu kamu ingat, hadirnya Artificial Intelligence ini memberikan banyak dampak positif dan negatif seperti berikut ini!

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Wix Custom Domain dan 4 Cara Menggunakannya

Dampak Positif dari Teknologi AI (Artificial Intelligence)

Untuk kamu yang penasaran apa sih emang dampak positif dari hadirnya teknologi AI, kamu bisa simak artikel berikut ini!

1. Pekerjaan Menjadi Lebih Efisien

Dampak positif dari teknologi Artificial Intelligence (AI) yang pertama adalah pekerjaan menjadi lebih efisien. Yups, teknologi AI ini hadir untuk mempermudah pekerjaan manusia. Dimana salah satunya bisa digunakan untuk mengoreksi suatu tulisan.

Selain itu, teknologi AI bisa digunakan juga untuk merangkum tulisan maupun teks tanpa kamu harus menggunakan aplikasi tambahan. Makanya gak heran kalau teknologi AI ini membuat pekerjaan menjadi lebih efisien.

2. Meningkatnya Keamanan

Dampak positif dari teknologi Artificial Intelligence (AI) berikutnya adalah bisa meningkatkan keamanan. Seperti yang kita ketahui, teknologi AI hadir untuk mempermudah pekerjaan manusia dengan mesin.

Untuk menghindari kegagalan pada penggunaan mesin, teknologi AI ini bisa mengoptimasi proses dalam pengawasan keamanan. Sehingga kegagalan pada mesin bisa terhindarkan dan tentunya bisa meningkatkan keamanan.

3. Adanya Kemajuan di Bidang Kesehatan

Dampak positif dari teknologi Artificial Intelligence (AI) selanjutnya adalah adanya kemajuan di bidang kesehatan. Saat ini sudah ada diagnosis medis menggunakan teknologi AI. Bahkan menariknya diagnosis tersebut lebih cepat dan juga akurat.

Sehingga pengembangan obat baru lebih cepat dan akurat, perawatan pasien juga lebih terarah dan lain sebagainya. Makanya gak heran kalau teknologi AI ini bisa memajukan perkembangan di bidang kesehatan.

4. Membantu Digitalisasi Pendidikan

Dampak positif dari teknologi AI (Artificial Intelligence) berikutnya adalah membantu digitalisasi pendidikan. Yups, teknologi AI ini bisa meningkatkan keterlibatan murid dalam memahami materi pembelajaran.

Bukan hanya dari murid aja, tapi dari pengajar pun bisa lebih menghemat waktu ketika membuat soal. Makanya gak heran kalau perkembangan teknologi AI ini bisa mempengaruhi perubahan sistem pendidikan.

5. Berkembangnya Sistem Transportasi

Dampak positif dari teknologi AI (Artificial Intelligence) terakhir adalah berkembangnya sistem transportasi. Seperti yang kita ketahui, saat ini sudah banyak sekali mobil listrik di Indonesia yang berteknologi canggih, dimana teknologi AI yang ditanamkan pada mobil listrik tersebut.

Contohnya, salah satu mobil listrik bisa berkendara sendiri atau otamatis driver, dimana bisa meminimalisir kecelakaan pada pengendara. Makanya gak heran, hadirnya teknologi AI ini menjadi pengaruh untuk pengembangan sistem transportasi.

Dampak Negatif dari Teknologi AI (Artificial Intelligence)

Setelah membahas apa saja dampak positif dari hadirnya teknologi AI, tentu terdapat juga dampak negatifnya bagi kehidupan. Nah, berikut ini dampak negatif dari teknologi AI!

1. Memanipulasi Banyak Informasi dan Objek

Dampak negatif dari teknologi Artificial Intelligence (AI) yang pertama adalah memanipulasi banyak informasi dan objek. Sekarang ini sudah banyak orang yang menyalahgunakan AI dengan membuat konten yang menyesatkan.

Dengan begitu, teknologi AI ini berpotensi sekali merugikan orang lain, dimana bisa meningkatkan risiko terjadinya penyebaran berita HOAX dan juga penipuan. Karena bisa mengubah objek menjadi tampak nyata.

2. Mengganti Pekerjaan Manusia

Dampak negatif dari teknologi Artificial Intelligence (AI) berikutnya adalah berpotensi besar mengganti pekerjaan manusia. Teknologi AI dirancang sedemikian mungkin agar bisa bekerja seperti layaknya manusia sehingga hal tersebut bisa berpotensi membuat banyaknya pengangguran.

Karena dengan menggunakan teknologi AI perusahaan akan lebih hemat dalam pengeluaran. Makanya saat ini banyak yang mulai aware dengan skill yang dimilikinya agar bisa mendapatkan pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh teknologi.

3. Menjadi Ketergantungan

Dampak negatif dari teknologi Artificial Intelligence (AI) selanjutnya adalah membuat teknologi ini menjadi ketergantungan. Seperti yang kita ketahui kalau dampak positif dari teknologi kecerdasan buatan ini tentu membuat pekerjaan menjadi lebih efisien.

Hal tersebut justru akan membuat penggunannya menjadi ketergantungan, dimana perlahan-lahan dirinya sudah tidak bisa berpikir secara kreatif dan berpikir kritis. Padahal kedua hal tersebut menjadi salah satu skill yang wajib dikuasai jika ingin sukses.

4. Berpotensi Melanggar Privasi

Dampak negatif dari teknologi AI (Artificial Intelligence) berikutnya adalah berpotensi melanggar privasi. Buat kamu yang belum tau, ternyata teknologi AI ini mampu mengumpulkan bahkan melacak data privasi pribadi orang lain.

Dengan begitu, akan sangat berpotensi terjadinya pelanggaran privasi dimana bisa digunakan untuk propaganda, target iklan, serangan siber perang bahkan konflik. Jadi percuma juga kamu menjaga privasi media sosial karena hadirnya teknologi canggih ini.