Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 4 Fungsi Tombol Fn pada Laptop yang Wajib Kalian Ketahui!

408
×

Inilah 4 Fungsi Tombol Fn pada Laptop yang Wajib Kalian Ketahui!

Sebarkan artikel ini
fungsi tombol fn

Fungsi Tombol Fn pada Laptop – Fungsi tombol Fn pada laptop cukup beragam. Berikut ini adalah berbagai fungsi dari tombol Fn pada keyboard laptop yang sangat berguna. Untuk Anda yang belum mengetahui fungsi tombol di keyboard laptop ini maka harus menyimaknya.

Ketika memperhatikan keyboard laptop, kita akan melihat banyak jenis tombol yang berbeda. Terdapat tombol huruf a sampai z, tombol simbol, panah, angka, dan sebagainya. Tentunya kita sudah mengerti sebagian besar fungsi tombol tersebut.

Baca juga: Apa Dampak Sleep Laptop Terlalu Lama, Berikut ini 4 Penjelasannya

Akan tetapi beberapa orang mungkin masih kurang paham mengenai fungsi beberapa tombol. Terutama tombol yang masih asing seperti Fn, PrtSc, Alt, Ctrl, dan sebagainya. Dari banyaknya tombol tersebut kali ini kita akan membahas mengenai tombol Fn.

Fungsi Tombol Fn pada Laptop yang Beragam

Tombol Fn tentunya sudah tidak asing dan sering kita lihat ketika menggunakan laptop. Tombol ini biasanya berada di pojok kiri dan posisinya di samping tombol CTRL. Fn sendiri merupakan singkatan dari Function yang dalam Bahasa Indonesia berarti Fungsi.

Sama seperti tombol Shift dan Ctrl, Fn juga memiliki fungsi atau kegunaan tersendiri. Namun beberapa orang mungkin termasuk Anda masih belum terlalu memahami fungsinya. Apalagi bagi orang-orang yang memang jarang menggunakan laptop.

Sebenarnya tombol Fn memiliki banyak sekali fungsi yang cukup penting. Fn berfungsi mengaktifkan fungsi tambahan pada tombol lain yang memiliki dua fungsi. Jadi dengan menekan Fn dan tombol lain maka Anda bisa mengakses fungsi tambahan.

Namun fungsi tambahan dengan tombol Fn pada laptop ini juga bervariasi. Tergantung jenis keyboardnya dan juga merek laptop yang Anda gunakan. Namun terdapat beberapa fungsi Fn yang paling umum pada setiap laptop. Berikut adalah fungsinya:

1. Mematikan Speaker

Fungsi yang pertama yaitu untuk mematikan volume speaker (mute). Caranya juga cukup mudah yang mana Anda hanya perlu menekan Fn dan F7 secara bersamaan. Setelah itu maka volume speaker sudah akan mati.

2. Memutar MP3

Tombol Fn juga bisa kita manfaatkan untuk menghidupkan aplikasi pemutar musik pada laptop. Anda hanya perlu menekan tombol Fn dan tombol F3 secara bersamaan.

Namun setiap laptop mungkin tidak sama dan kembali pada keyboard masing-masing.

3. Menyalakan Backlite

Fungsi selanjutnya yaitu untuk menyalakan backlite atau lampu latar pada keyboard. Caranya cukup dengan menekan tombol Fn bersamaan dengan tombol Esc atau Spacebar. Fungsi tombol Fn pada laptop ini tentunya sangat bermanfaat.

4. Mengatur Volume Speaker

Fungsi selanjutnya yaitu untuk memperbesar dan memperkecil suara volume speaker laptop. Biasanya untuk mengatur volume suara laptop kita menggunakan ikon speaker di pojok layar. Selain cara ini ternyata masih ada cara lain untuk mengatur volume menggunakan Fn.

Untuk menambah atau menaikkan volume Anda hanya perlu menekan tombol Fn tanpa melepasnya. Kemudian tekanlah tombol F9 yang memiliki simbol speaker dan tanda + di bawahnya. Setelah itu maka volume suara dari laptop akan naik menjadi lebih tinggi.

Sementara itu, untuk memperkecil volume maka tekan tekanlah tombol Fn. Kemudian tekan pula tombol F8 yang memiliki simbol speaker dan tanda -. Fungsi ini bisa berbeda pada merek laptop, tergantung pada simbol dalam tombol F1-12 pada keyboard.

Fungsi Tombol Fn pada Laptop untuk Mengatur Kecerahan Layar

Selain berfungsi untuk mengatur volume, tombol Fn juga bisa mengatur kecerahan layar. Untuk menaikkan kecerahan layar cukup dengan menekan tombol Fn dan F5. Kemudian untuk menurunkan kecerahan layar maka tekan tombol Fn dan F6 bersamaan.

Fungsi Lainnya

Selain berbagai fungsi di atas, masih ada banyak fungsi lainnya dari tombol Fn. Misalnya yaitu Fn + Del untuk mengaktifkan atau mematikan fungsi scroll lock. Tombol Fn + Ins untuk mengaktifkan keyboard numerik bawaan laptop.

Fn + V berfungsi untuk memulai aplikasi kamera dan juga mengambil foto. Tombol Fn + C berfungsi untuk mengubah pengaturan warna layar ke warna lainnya. Fn + 1 berfungsi untuk masuk ke mode sleep atau siaga dan masih banyak lagi fungsinya.

Demikianlah pembahasan mengenai fungsi tombol Fn pada laptop. Banyaknya fungsi tersebut membuktikan bahwa tombol Fn termasuk tombol penting.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas