Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 3 Cara Mengatasi Agar Kamera Laptop Buram Kembali Jernih, Dijamin Ampuh!

841
×

Inilah 3 Cara Mengatasi Agar Kamera Laptop Buram Kembali Jernih, Dijamin Ampuh!

Sebarkan artikel ini
kamera laptop buram

Cara Mengatasi Agar Kamera Laptop Buram – Kamera laptop buram tentunya sangat mengganggu. Berikut akan kita bahas bagaimana cara untuk mengatasi kamera pada laptop yang buram. Tips laptop ini cukup mudah dan pastinya bisa Anda terapkan sendiri di rumah kapan saja.

Kamera pada laptop tentunya bermanfaat dan sering kita gunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya yaitu untuk melakukan video call atau Zoom bersama dengan beberapa teman. Selain itu, bisa juga untuk urusan penting yang menyangkut pekerjaan seperti rapat online.

Baca juga: Inilah 4 Fungsi Tombol Fn pada Laptop yang Wajib Kalian Ketahui!

Karena itu tentunya kita selalu menginginkan kondisi kamera laptop tetap jernih dan bagus. Namun terkadang muncul masalah yang mengganggu kegiatan kita seperti kamera buram. Berikut akan kita bahas mengenai penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab dan Cara Mengatasinya Kamera Laptop Buram

Kamera yang buram bisa terjadi karena beberapa penyebab yang tidak kita ketahui. Salah satu penyebab yang paling sepele yaitu karena lensa kamera yang kotor. Bisa saja kotor karena debu yang sudah menumpuk dan memang tidak pernah kita bersihkan.

Kemudian penyebab lainnya yaitu karena driver kamera yang ternyata sudah jadul. Apalagi jika Anda memang tidak pernah mengupdate drivernya dalam waktu sangat lama. Sehingga hasilnya kamera malah merekam gambar dengan kualitas yang kurang bagus.

Selain itu, tentunya masih ada penyebab lainnya yang bisa terjadi pada kamera laptop. Nah, jika Anda mengalami masalah kamera yang buram ini jangan dulu khawatir. Sebab, Anda bisa mencoba mengatasinya sendiri dengan beberapa cara yang mudah. Berikut adalah caranya:

1. Bersihkan Lensa Kamera Laptop

Cara mengatasi kamera laptop buram pertama yaitu dengan membersihkan lensa kamera. Sebab, bisa saja lensa memang kotor sehingga membuat kamera tidak bisa merekam dengan jernih. Untuk membersihkannya Anda juga tidak boleh secara sembarangan.

Baca Juga:  Inilah 4 Tips Membeli Laptop Baru Agar Tidak Tertipu

Gunakanlah kain lembut atau tisu untuk mengusap permukaan lensa kamera laptop. Bersihkan secara merata hingga bagian lensa benar-benar terbebas dari debu dan kotoran. Setelah itu cek apakah kamera laptop sudah bisa merekam dengan jernih atau belum.

2. Cek Pengaturan Kualitas Gambar

Banyak laptop telah menawarkan pengaturan kamera yang bisa kita manfaatkan untuk mengatur kualitas gambar.

Anda bisa mengecek pengaturan tersebut kemudian tingkatkan kualitas gambarnya. Dengan begitu maka harusnya kualitas gambar dari kamera laptop akan membaik.

Cara Mengatasi Kamera Laptop Buram dengan Update Driver

Cara selanjutnya yaitu dengan mengupdate driver kamera laptop yang mungkin sudah terlalu jadul. Anda bisa menggunakan fitur Windows Update untuk memeriksa dan memperbarui driver kamera. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur Device Manager untuk mengupdatenya.

Untuk mengupdate melalui Device Manager Anda hanya tinggal membuka Control Panel lalu pilih Devices and Printer. Kemudian masuk ke Device Manager dan klik kanan pada webcam laptop. Setelah itu Anda hanya perlu memilih Update Driver Software dan update driver.

1. Update Sistem Operasi

Memperbarui sistem operasi juga bisa Anda coba untuk mengatasi kamera buram. Apalagi jika Anda memang masih menggunakan sistem operasi lama dan ada versi baru. Selain menyelesaikan masalah kamera, laptop Anda pun pastinya juga bisa menjadi lebih baik.

2. Menggunakan Aplikasi Kamera

Cara mengatasi kamera laptop buram selanjutnya yaitu Anda bisa menggunakan aplikasi kamera laptop tambahan. Saat ini memang sudah tersedia banyak aplikasi kamera untuk laptop yang bisa Anda gunakan. Anda bisa mengunduh dan menggunakan salah satu aplikasi tersebut.

Dengan aplikasi kamera laptop tentunya Anda bisa mengambil gambar dengan jernih. Bahkan Anda juga bisa menikmati berbagai fitur yang tersedia dalam aplikasi tersebut. Misalnya seperti bisa menggunakan berbagai filter untuk mempercantik rekaman atau foto.

Baca Juga:  7 Cara Memperbaiki Baterai HP Android yang Cepat Habis dan Tidak Bisa Di-Charge

3. Ganti Kamera Laptop

Jika Anda sudah mencoba berbagai cara namun tidak berhasil, maka gantilah kamera laptop. Sebab bisa saja masalahnya memang terdapat pada kamera sehingga perlu Anda ganti. Untuk menggantinya Anda juga harus menggunakan kamera yang paling sesuai untuk laptop.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kamera laptop buram. Dengan berbagai cara di atas pastinya kamera laptop bisa kembali jernih seperti semula. Anda pun tidak perlu khawatir akan terlihat buram saat video call atau zoom.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas