Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Inilah 10 Penyebab Berat Badan Naik, Ternyata Tidak Hanya Makanan

414
×

Inilah 10 Penyebab Berat Badan Naik, Ternyata Tidak Hanya Makanan

Sebarkan artikel ini
berat badan naik

Penyebab Berat Badan Naik – Penyebab berat badan naik tidak hanya dapat dipicu oleh pola makan, bisa juga karena gaya hidup atau gangguan kesehatan tertentu. Sebagai antisipasi, ada baiknya Anda mengetahui apa saja penyebab berat badan naik.

Untuk mencegah kenaikan berat badan secara drastis, salah satu yang dapat dilakukan adalah menghindari jenis makanan penambah berat badan.

Selain itu, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, sebagai salah satu upayanya, mari simak beberapa kebiasaan yang membuat berat badan berikut ini.

Baca juga: Catat, Ini 7 Manfaat Pucuk Daun Jambu Biji, Solusi Beragam Masalah Kesehatan dan Turunkan Berat Badan!

Penyebab Berat Badan Naik

Bagi Anda yang terbiasa makan dengan porsi sedikit namun tetap mengalami kenaikan berat badan, mungkin akan bertanya-tanya, kenapa makan sedikit tapi berat badan naik?

Hal tersebut bisa saja terjadi, karena penyebab berat badan naik drastis berasal dari berbagai faktor, berikut masing-masing penjelasannya.

1. Pertambahan Usia

Penyebab berat badan naik yang pertama adalah pertambahan usia. Tahukah Anda kenapa makan sedikit tapi berat badan naik? Salah satunya adalah karena pertambahan usia.

Mengapa begitu? Pasalnya, pembakaran kalori lebih banyak berlangsung di otot, di mana seiring berjalannya usia massa otot akan mengalami penurunan.

Secara tidak langsung, penuaan menjadi penyebab berat badan naik karena menurunnya massa otot dapat mengurangi jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh.

Hal tersebut menyebabkan banyak kalori yang tersisa dan akhirnya berubah menjadi jaringan lemak sehingga berat badan naik secara cepat.

2. Faktor Stres

Mengapa stres bisa menjadi penyebab berat badan naik? Hal ini berdasarkan respon setiap orang ketika mereka menghadapi stres.

Nah, ketika stres, sebagian orang memilih makanan sebagai pengalihan dari perasaan tidak nyaman tersebut atau biasa disebut dengan emotional eating.

Yang menjadi masalah, terkadang seseorang yang melampiaskan stres dengan makanan tidak sadar seberapa banyak asupan kalori dalam tubuh sehingga berat badannya bertambah.

3. Pola Tidur Tidak Teratur

Selanjutnya, salah satu kebiasaan yang membuat berat badan naik adalah pola tidur yang tidak teratur. Kualitas tidur yang buruk, ditambah dengan kelelahan akan menyebabkan seseorang mengalami kenaikan berat badan.

Hal tersebut dipicu oleh peningkatan hormon leptin dalam tubuh yang berfungsi menghasilkan rasa kenyang dan mengendalikan nafsu makan.

Namun, apabila kadarnya terlalu tinggi, maka tubuh bisa saja mengalami gangguan dalam menerjemahkan rasa kenyang, dan menyebabkan Anda merasa lapar terus-menerus.

Selain itu, terlalu banyak tidur juga menjadi kebiasaan yang membuat berat badan naik. Berdasarkan penelitian, seseorang yang tidur lebih dari 9 jam per hari cenderung memiliki risiko terkena obesitas 21% lebih besar [3].

Jadi, untuk menjaga berat badan ideal, usahakan Anda memiliki pola tidur yang berkualitas, yaitu 6-8 jam per hari, tidak kurang dan berlebihan.

4. Penumpukan Cairan

Selain disebabkan oleh penumpukan lemak, penyebab berat badan naik drastis juga dapat dipicu oleh penumpukan cairan atau edema.

Beberapa orang yang memiliki gangguan pada jantung, ginjal, dan hati terkadang mengalami kenaikan berat badan karena hal ini.

Bertambahnya berat badan karena penumpukan cairan biasanya disertai dengan pembengkakan pada perut, tangan, dan kaki.

5. Mengonsumsi Obat-obatan

Konsumsi obat-obatan juga menjadi salah satu penyebab berat badan naik drastis. Beberapa obat memang memiliki efek samping berupa kenaikan berat badan secara signifikan.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan ahli gizi sebelum mengonsumsi obat tertentu untuk meminimalisir efek sampingnya.

6. Perubahan Hormon

Dalam hal ini, hormon yang dimaksud adalah hormon estrogen, di mana ketika mengalami menopause, hormon tersebut akan menurun.

Kondisi tersebut bisa menjadi penyebab berat badan naik, dan biasanya yang paling terlihat adalah bagian perut dan pinggul yang membesar.

Perubahan hormon ini juga menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lebih lambat sehingga memicu kenaikan berat badan.

7. Makan Terlalu Cepat

Apabila Anda sering kali makan dengan tergesa-gesa, maka ada baiknya mulai merubah kebiasaan itu dari sekarang.

Pasalnya makan terlalu cepat merupakan salah satu kebiasaan penyebab berat badan naik, karena akan cenderung membuat Anda makan secara berlebihan.

Dengan begitu, kelebihan nutrisi dari makanan tersebut justru akan tersimpan dalam bentuk lemak dan menaikkan berat badan.

8. Mengonsumsi Gula

Apabila Anda gemar mengonsumsi camilan, ada baiknya memperhatikan seberapa besar kandungan gula yang terdapat di dalamnya.

Pasalnya, kandungan gula merupakan salah satu makanan penyebab berat badan naik, sehingga alangkah baiknya jika asupannya dikurangi.

9. Kondisi Kesehatan Tertentu

Penyebab berat badan naik padahal makan sedikit bisa jadi dipicu oleh kondisi kesehatan tertentu, salah satunya hipotiroid.

Kondisi hipotiroid menyebabkan metabolisme tubuh menurun, sehingga berat badan menjadi lebih mudah naik.

10. Duduk Seharian

Apabila pekerjaan Anda mengharuskan untuk duduk sepanjang hari, maka ada baiknya jika Anda meluangkan waktu untuk berolahraga, setidaknya 30 menit per hari.

Mengapa? Pasalnya kebiasaan duduk dalam posisi yang sama sepanjang hari berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan bila tidak dibarengi dengan olahraga.

Belum lagi, apabila Anda ditemani dengan camilan saat duduk dan bekerja seharian agar lebih fokus, secara tidak sadar asupan kalori yang masuk dalam tubuh semakin besar.

Nah, itu dia penjelasan mengenai beberapa penyebab berat badan naik. Ternyata bukan hanya faktor makanan, tetapi kenaikan berat badan juga dipicu oleh banyak hal.

Home
Adv
Kontak
Cari
Ke Atas