Scroll untuk baca artikel
BangkaPeristiwa

Bongkar Muat BBM Malam Hari di Pantai Rambak, LSM KPMP Babel akan Kordinasi BPMIGAS

440
×

Bongkar Muat BBM Malam Hari di Pantai Rambak, LSM KPMP Babel akan Kordinasi BPMIGAS

Sebarkan artikel ini
IMG 20230721 WA0000
Caption : Satu Unit mobil tangki BBM saat menunggu BBM Jenis Solar dari laut di Pantai Rambak. Sumber foto LSM KPMP Babel

BANGKA. SUNGAILIAT. INTRIK.ID – Bukan sulap bukan sihir, aktivitas bongkar muat Bahan Bakar Minyak ( BBM ) seharusnya dilakukan sesuai aturan yang sudah ditetapkan pihak berwenang. Tidak boleh dilakukan di sembarang tempat, itu perintah aturan namun tidak demikian terjadi di pesisir Pantai Rambak Sungailiat.

Menurut Pantauan LSM KPMP Babel beberapa hari lalu, telah terjadi bongkar muat BBM Jenis Solar di seputaran wilayah Pantai Rambak. Sebuah mobil tangki bermuatan belasan ton nangkring di bibir pantai menunggu BBM datang dari laut.

Ketua LSM Babel Suhendro mengatakan bongkar muat BBM dimaksud diduga tidak sesuai, Pedoman Teknis Pembongkaran Instalasi Lepas Pantai Minyak dan Gas Bumi dikeluarkan kementerian ESDM.

“Setelah kita amati dan mempelajari beberapa pedoman bongkar muat BBM lepas pantai dari Kementrian ESDM, aktivitas bongkar BBM di pesisir pantai Rambak kuat dugaan tidak sesuai pedoman Yang ada,” kata Suhendro, Jumat ( 21/7/2023) sore.

Suhendro juga menguraikan sejumlah dugaan pelanggaran merujuk pada Pedoman Teknis bongkar muat BBM lepas pantai atas aktivitas bongkar muat BBM di Pantai Rambak.

“Bongkar muat BBM lepas pantai berdasarkan pedoman harus ada Kontraktor Kontrak Kerja Sama ( KKKS ). Kemudian KKKS mengajukan kepada Dirjen Migas Melalui BPMIGAS untuk melakukan pembongkaran BBM lepas pantai dengan melengkapi sejumlah dokumen. Setelah itu Dirjen Migas melakukan evaluasi sesuai atau tidak dilakukan pembongkaran BBM lepas Pantai. Pertanyaan apakah aktivitas BBM di Pantai Rambak sudah sesuai pedoman diatas?,” tanya Suhendro .

Untuk memperkuat dugaan tersebut, menurut Suhendro dirinya sudah menghubungi ketua RT setempat apakah ada sosialisasi kepada masyarakat atas kegiatan bongkar muat BBM. sesuai pedoman Kementerian ESDM pihak berkepentingan harus mensosialisasikan kepada masyarakat .

Baca Juga:  Dump Truk Bawa BBM Pertalite Terbakar, Supir Kabur

“Jadi berdasarkan Pedoman Teknis Pembongkaran BBM lepas Pantai dari Kementerian ESDM, pihak KKKS harus mensosialisasikan kegiatan bongkar muat . Nah saya cek kepada ketua RT 04 Lingkungan Rambak kebetulan lokasi bongkar muat BBM dimaksud masuk wilayah RT 04. Menurut keterangan ketua RT 04 tidak ada sama sekali sosialisasi atas kegiatan bongkar muat BBM jenis Solar tersebut,” ungkapnya.

Disinggung apakah mengetahui pihak mana melakukan bongkar BBM jenis solar di Pantai Rambak? Pentolan LSM KPMP Babel itu menjawab sudah mendapatkan gambaran.

“Pihak mana yang melakukan aktivitas bongkar BBM itu, beberapa hari kita lakukan pemantauan dan berdasarkan keterangan masyarakat sekitar. kita sudah mendapatkan gambaran siapa saja pihak terlibat dan kegiatan dimaksud sudah sering terjadi, BBM Jenis Solar datang dari laut ke darat. Namun lebih pasti saya ingin berkordinasi dulu dengan pihak BP Migas, apakah pantai Rambak masuk wilayah pesisir Bongkar muat BBM di Babel atau tidak,” tutup Suhendro.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas