Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Begini 4 Cara Mutasi Kendaraan Bermotor, Beserta Syarat dan Manfaatnya

416
×

Begini 4 Cara Mutasi Kendaraan Bermotor, Beserta Syarat dan Manfaatnya

Sebarkan artikel ini
Mutasi Kendaraan Bermotor

Cara Mutasi Kendaraan Bermotor – Cara mutasi motor bisa Anda lakukan sendiri maupun lewat jasa orang lain. Akan tetapi, mutasi motor yang Anda lakukan dengan cara pribadi lebih hemat anggaran. Perihal bagaimana mengurus BPKB motor yang ingin Anda mutasi ini, cermati saja uraian berikut.

Baca juga: 4 Cara Cek Pajak Motor Secara Offline dan Online dengan Praktis dan Cepat

Cara Mutasi Kendaraan Bermotor dan Penjelasannya

Mutasi motor sendiri merupakan proses pencabutan dokumen atau berkas dari Samsat asal sepeda motor Anda. Kemudian Anda perlu mendaftarkannya ke Samsat sesuai dengan alamat baru.

Bisa kita bilang pula bahwa hal ini adalah proses registrasi ulang sepeda motor yang Anda miliki. Hal ini bisa Anda lakukan ketika berpindah domisili.

Syarat Mutasi Motor

Untuk melakukan mutasinya, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi. Persyaratannya terbagi menjadi beberapa kategori. Mulai dari BUMN/BUMD, berbadan hukum, dan pribadi.

BUMN/BUMD

Dalam cara mutasi sepeda motor milik instansi pemerintahan (BUMN/BUMD), bisa Anda lakukan dengan syarat berupa surat kuasa ataupun surat tugas yang berbekal materai. Surat tersebut juga perlu tanda tangan sekaligus cap dari pimpinan instansinya.

Berbadan Hukum

Sepeda motor milik perusahaan atau berbadan hukum juga memiliki syarat tersendiri. Syaratnya seperti halnya fotokopi akta pendirian, surat kuasa, dan surat keterangan domisili.

Pribadi

Lain halnya untuk Anda yang ingin mutasi kendaraan bermotor milik perorangan atau pribadi. Syarat yang perlu Anda penuhi mulai dari kuitansi jual beli bermaterai, bukti cek fisik motor dari kantor Samsat, STNK, BPKB, dan KTP pemilik motor.

Panduan Mutasi Motor

Dalam melakukan mutasi motor, ada serangkaian cara yang perlu Anda lewati. Cek saja panduan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga:  3 Cara Menghubungkan Laptop ke TV Tanpa Kabel dengan Benar, Solusi Gampang Tanpa Ribet!

Lapor ke Samsat

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah lapor ke tempat terdaftar. Saat melaporkannya, Anda bisa beritahukan keinginan untuk urus sepeda motor kepada petugasnya.

Persiapkan Berkas

Setelah itu, Anda bisa menyiapkan berkas-berkas sebagaimana persyaratan tadi. Pastikan berkasnya lengkap guna melancarkan proses mutasi.

Cek Fisik Motor

Langkah berikutnya, Anda perlu melakukan cek fisik sepeda motor. Dalam pengecekan ini, mencangkup nomor rangka sampai dengan gesek mesin.

1. Pembayaran Mutasi

Usai terapkan cara cek fisik motor sampai selesai, Anda perlu membayar biaya mutasi. Anda bisa bayar sesuai dengan jumlah yang jadi ketentuan dalam proses mutasinya.

2. Penyerahan Berkas

Sesudah membayar biaya mutasi, Anda bisa menyerahkan berkas yang sudah siap tadi. Pastikan berkasnya dua rangkap dan lengkap. Anda bisa menyerahkannya ke loket mutasi.

Dari sini Anda bisa melanjutkan ke bagian fiskal untuk membayar biaya lain sesuai instruksi petugas. Anda bisa lanjutkan ke bagian mutasi untuk mencabut berkas dan membayar biaya.

3. Menunggu Penerbitan Berkas

Berkas tadi bisa Anda serahkan ke Samsat setempat dan tunggulah selama beberapa hari sampai berkas mutasi keluar. Saat Anda sudah mendapatkan surat jalan sementara, laporkan ke Samsat.

Anda tinggal melakukan cek fisik pembayaran biaya mutasi lintas provinsi dan mengambil plat nomor sekaligus STNK baru. Kemudian Anda tinggal menunggu penerbitan BPKB baru dan mengambilnya jika sudah keluar.

Manfaat Mutasi Motor

Ada banyak keuntungan atau manfaat yang bisa Anda peroleh apabila mutasi sepeda motor dengan cara tepat. Berikut beberapa manfaatnya.

1. Mudah Saat Membayar Pajak

Tak bisa kita pungkiri bahwa mutasi ini memberikan kemudahan saat membayar pajak. Proses pembayaran pajak bisa berlangsung lebih cepat apabila sepeda motor sudah sesuai domisili terbaru.

Baca Juga:  Bupati Bangka Selatan : Kita Pakai Sekda Nilai Tertinggi, Bukan Titipan !

Bukan hanya mudah, proses membayar pajak juga relatif lebih murah. Hal ini lantaran Anda tidak perlu menggunakan jasa biro untuk membayar pajak motor.

2. Tenang dalam Berkendara

Merasa lebih tenang, aman, dan nyaman apabila menggunakan sepeda motor yang sudah sesuai dengan domisili terbaru. Terasa semakin tenang karena Anda juga bisa memperoleh banyak kemudahan ketika ingin mendapatkan layanan Samsat.

3. Memudahkan Klaim Asuransi

Keuntungan berikutnya yaitu Anda bisa mendapatkan pengetahuan ketika ingin klaim asuransi kecelakaan. Hal ini bisa meningkatkan keamanan Anda dalam berkendara karena mendapatkan perlindungan asuransi.

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara mutasi motor sesuai dengan aturan yang berlaku. Tak hanya cara saja, namun juga syarat sampai dengan manfaatnya penting untuk Anda ketahui.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas