Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

4 Cara Cek Pajak Motor Secara Offline dan Online dengan Praktis dan Cepat

401
×

4 Cara Cek Pajak Motor Secara Offline dan Online dengan Praktis dan Cepat

Sebarkan artikel ini
pajak motor

Cara Cek Pajak Motor Secara Offline dan Online – Cara cek pajak motor cukup beragam dan mudah. Anda bisa mencoba cara cek nominal pajak motor ini secara offline maupun secara online. Nah, berikut akan kita bahas beberapa cara untuk mengecek besarnya pajak kendaraan yang harus kita bayarkan.

Setiap kendaraan baik motor maupun mobil memang wajib membayar pajak sesuai peraturan. Pajak kendaraan termasuk pajak objektif yang harus dibayar tanpa melihat penghasilan pemiliknya. Akan tetapi nominal pajak kendaraan tergantung nilai jual kendaraan setiap tahunnya.

Karena itu tidak heran jika besaran pajak kendaraan bisa berubah dari tahun ke tahun. Sebagai pemilik motor, Anda harus selalu membayar pajaknya dengan taat dan tepat waktu. Tujuannya yaitu agar tidak mendapat denda dan membuat STNK kendaraan motor tetap aktif.

Baca juga: Inilah 7 Cara dan Tips Merawat Motor Injeksi yang Tepat Agar Performanya Tetap Terjaga

Cara Cek Pajak Motor yang Bisa Anda Terapkan

Sebelum membayar, beberapa orang mungkin ingin mengetahui jumlah pajak yang harus mereka bayarkan. Sehingga mereka bisa menyiapkan uang yang cukup untuk membayar pajak tersebut. Mengetahui jumlah pajak kendaraan sepeda motor memang bukan hal yang mustahil.

Kita memang bisa mengetahui terlebih dahulu berapa jumlah pajak motor yang harus kita bayarkan. Bahan caranya juga cukup mudah dan beragam, baik secara online maupun secara offline. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengecek pajak yang bisa Anda terapkan:

1. Melihat Pajak Motor Melalui STNK

Cara melihat pajak motor pertama yang paling mudah dan sederhana yaitu melalui STNK. Pada STNK memang membuat berbagai rincian informasi seperti PKB, BBNKB, SWDKLLJ dan lainnya. PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor, BBNKB yaitu Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.

Sedangkan SWDKLLJ yaitu singkatan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Selain beberapa istilah tersebut dalam STNK terdapat info lain yaitu biaya admin dan denda pajak. Untuk mengecek pajak hanya perlu melihat tabel informasi pajak yang tercantum dalam STNK.

2. Cara Cek Pajak Motor Melalui Website e-samsat.id

Cara mudah untuk mengetahui pajak motor lainnya yaitu melalui website e-samsat.id. Metode ini menjadi alternatif yang bisa Anda lakukan dengan ketika tidak memegang STNK. Caranya yaitu pertama bukalah website https://e-samsat.id/ melalui browser ponsel Anda.

Setelah website terbuka maka isilah data mulai dari plat, nomor, seri, no rangka dan provinsi. Kemudian klik “Cek Sekarang” dan Anda bisa melihat info nominal pajak kendaraan Anda. Info pajak tersebut dengan rincian PKB POK, PKB DEN, SWDKLLJ POK dan berbagai keterangan lainnya.

3. Aplikasi Sambara

Untuk warga Jawa Barat, Anda bisa menggunakan aplikasi yang bernama Sambara. Sambara merupakan aplikasi Samsat Mobile Jawa Barat untuk semua warga Jawa Barat. Fungsinya yaitu untuk mengetahui tarif pajak, status pajak hingga untuk melakukan pembayaran pajak.

Cara cek pajak motor dengan Sambara pertama, unduh aplikasinya pada ponsel melalui Playstore. Setelah itu log-in menggunakan data diri Anda serta data dari dari kendaraan motor. Setelah login, Anda akan melihat banyak pilihan menu yang tersedia dalam aplikasi Sambara.

Untuk mengetahui berapa nominal pajak sepeda motor motor maka pilihlah menu “Pendaftaran”. Setelah itu isilah formulir dengan data akurat untuk keperluan pengecekan pajak kendaraan. Kemudian Anda bisa melihat informasi pajak hingga jatuh tempo pembayarannya.

4. Melalui Aplikasi Signal

Cara cek pajak motor selanjutnya menggunakan aplikasi Signal yang berlaku di berbagai provinsi. Melalui aplikasi ini Anda bisa melihat informasi pajak, membayar pajak hingga perpanjangan STNK. Cara menggunakannya, pertama unduh dan pasang aplikasi Signal melalui Google Play Store.

Selanjutnya lakukan registrasi dengan pengisian data sepert NIK, nama, email dan lainnya. Kemudian upload foto KTP Anda, selfie wajah, verifikasi e-mail hingga verifikasi OTP. Selanjutnya tambahkan data kendaraan bermotor berupa NRKB dan nomor rangka dan lakukan proses pengesahan.

Setelah itu akan muncul informasi SKK pembayaran PKB dan SWDKLLJ yang harus Anda bayar. Melalui aplikasi ini, Anda juga bisa langsung membayarkan pajak kendaraan tersebut. Adanya aplikasi ini tentunya sangat memudahkan banyak orang dalam pembayaran pajak.

Itulah beberapa cara cek pajak motor yang mudah untuk Anda terapkan. Anda bisa menggunakan metode di atas untuk mengetahui besarnya nominal pajak motor. Bahkan Anda bisa sekaligus membayarnya secara online tanpa perlu repot bepergian ke mana pun.