Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

Bangun Tapal Batas di Wilayahnya, Algafry Minta Pemkab Bangka Selatan Hormati Permendagri

506
×

Bangun Tapal Batas di Wilayahnya, Algafry Minta Pemkab Bangka Selatan Hormati Permendagri

Sebarkan artikel ini
IMG 20230730 WA0004
Foto: Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman. (Erwin)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman meminta pemerintah Kabupaten Bangka Selatan untuk memahami persoalan tapal batas antara wilayah di daerah Desa Tepus dengan Desa Lubuk Besar.

Hal itu mengingat adanya pembangunan gapura tapal batas oleh pihak Pemkab Bangka Selatan di wilayah Bangka Tengah yakni Desa Lubuk Besar.

Menurutnya permasalahan tapal batas itu sudah ada sejak 2005. Namun Bangka Tengah mempunyai dasar yang kuat dalam perbatasan wilayah yang tertuang di Permendagri Nomor 17 tahun 2008.

“Jadi kita jangan terlalu merisaukan itu. Buat saya kita kembali kepada Kemendagri supaya semuanya berjalan normal,” ucap Algafry, Rabu (16/8/2023).

Algafry berharap agar Bupati Bangka Selatan bisa memberikan penjelasan ke warganya dan meminta warga perbatasan untuk menghormati Permendagri tersebut.

“Saya tetap menghormati apa yang telah disusun dalam Permendagri tersebut sehingga kami tau dimana titik Bangka Tengah dan dimana titik Bangka Selatan,” jelasnya.

Algafry juga akan menindaklanjuti masyarakat yang protes dan risau. Dirinya sudah menyampaikan ke Camat Lubuk Besar dan Kades Lubuk Pabrik untuk tetap menghormati siapapun ada di sana.

“Jangan merasa ada apa-apa. Tinggal nanti kita melaporkan kepada Pj Gubernur. Tadi siang saya liat juga dari bagian Tapem (Tata Pemerintahan-red) Provinsi Babel sudah ke sana untuk melihat duduk persoalan ini,” ungkapnya.

Dirinya pun berharap agar jangan sampai permasalah ini menimbulkan konflik apalagi sampai anarkis dan timbul kekerasan.

“Enggak usah anarkis, enggak usah sampai begitu. Tapi yang pasti kita sudah menyurati Bupati Bangka Selatan dan kasih kabar juga ke Pj Gubernur. Harapan saya, kita semuanya bisa menahan diri,” tambahnya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas