Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

8 Khasiat Daun Ungu untuk Kesehatan Paling Mujarab, Dapat Mengatasi Ambeien dan Rematik

4751
×

8 Khasiat Daun Ungu untuk Kesehatan Paling Mujarab, Dapat Mengatasi Ambeien dan Rematik

Sebarkan artikel ini
khasiat daun ungu

Khasiat Daun Ungu untuk Kesehatan – Manfaat daun ungu populer sebagai obat herbal. Daun ungu memiliki berbagai manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Hal ini berkat kandungan aktif yang terdapat di dalam tanaman herbal tersebut seperti flavonoid, saponin, serta alkaloid.

Menggunakan daun ungu untuk obat sangatlah aman, karena tidak menimbulkan efek samping jangka panjang. Daun ungu biasa tumbuh di dataran rendah hingga kawasan pegunungan setinggi 1.250 MDPL. Sejumlah informasi yang beredar menyebutkan, daun ungu berasal wilayah Papua Nugini dan Polinesia.

Baca juga: Manfaat Daun Cuciwis Bagi Kesehatan, Mencegah Diabetes hingga Jaga Berat Badan

Namun, kini telah banyak tumbuh di kawasan Indonesia. Bahkan menjadi budidaya apotek hidup di pekarangan rumah.

Menariknya, setiap daerah memiliki sebutan atau nama khusus untuk daun ungu. Misalnya di daerah Jawa menyebutnya dengan demung atau wungu. Sementara masyarakat Sunya menyebutnya dengan handeuleum.

Inilah Khasiat Daun Ungu untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kesehatan

Di tengah hingar-bingar kehidupan modern, seringkali kita melupakan harta karun alam yang berlimpah di lingkungan sekitar. Salah satu contohnya adalah daun ungu, yang secara tradisional telah digunakan dalam pengobatan alternatif.

Daun ungu memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini mengandung senyawa bioaktif, yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, sementara sifat anti inflamasi dapat membantu mengurangi peradangan. Senyawa analgesiknya juga efektif meredakan nyeri, setelah mengonsumsi dosis sekitar 6 mg/kg. Beberapa manfaat daun ungu lainnya meliputi:

1. Mengatasi Ambeien atau Wasir

Ambeien atau wasir adalah kondisi pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah di area anus. Daun ungu mengandung senyawa anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Baca Juga:  8 Buah Paling Ampuh Jaga Kolesterol Saat Lebaran, Segar dan Tinggi Serat

Sekaligus meredakan gejala wasir seperti rasa gatal, nyeri, serta pendarahan. Anda dapat mengkonsumsi daun ungu dalam bentuk teh atau sebagai kompres di area wasir.

2. Menyembuhkan Bisul

Bisul adalah infeksi kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau kelenjar minyak tersumbat dan terinfeksi. Daun ungu memiliki sifat antibakteri alami, yang mampu melawan infeksi serta mengurangi peradangan pada bisul. Caranya cukup mengoleskan tumbukan daun ungu dengan air santan sebagai kompres.

3. Melancarkan BAB

Kondisi buang air besar yang kurang lancar atau susah BAB tentu sangat mengganggu. Terkadang orang-orang yang mengalami sembelit berupaya mencari obat untuk melancarkan keluarnya tinja. Jika ingin cara yang aman dan lebih efektif, Anda bisa mengandalkan manfaat daun ungu.

Daun ungu mengandung serat alami yang dapat membantu meningkatkan gerakan usus dan memperlancar pencernaan. Cukup mengkonsumsi daun ungu dalam bentuk teh atau menambahkannya ke makanan maka sembelit langsung teratasi.

4. Mengatasi Rematik

Rematik atau peradangan sendi menyebabkan rasa nyeri, kaku, hingga pembengkakan. Pengobatannya bisa mengandalkan manfaat daun ungu yang mengandung senyawa antiinflamasi dan antioksidan tinggi.

Sehingga ampuh meminimalisir efek peradangan sekaligus meredakan gejala rematik. Cara menggunakannya cukup mengonsumsi air rebusan daun ungu secara teratur.

5. Membantu Mengatasi Diabetes

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun ungu mengandung senyawa yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Senyawa tersebut bekerja dengan meningkatkan produksi insulin, hormon yang bertanggung jawab dalam mengatur gula darah. Sehingga zat glukosa di dalam tubuh menjadi semakin terkontrol.

6. Menjaga Kesehatan Organ Ginjal

Efek nephroprotective yang terdapat pada daun ungu terbukti ampuh dalam menjaga kesehatan organ ginjal. Hal ini karena aktivitas nephroprotective efektif dalam menekan tingkat kreatinin dan urea.

Baca Juga:  Diknas Bangka : Siswa Belum Divaksin, Tidak ada Larangan Belajar Tatap Muka

Selain itu, senyawa antioksidan di dalamnya turut melawan efek radikal bebas dan peradangan. Cara menggunakannya yakni dengan mengonsumsi air rebusan daun ungu.

7. Sebagai Alat Kontrasepsi Alami Wanita

Tak banyak yang tahu jika manfaat daun ungu ternyata bisa menjadi alat kontrasepsi alami bagi wanita. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam daun ungu mampu menghambat produksi hormon progesterone. Namun, efektivitas daun ungu sebagai metode kontrasepsi masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

8. Sebagai Alat Kontrasepsi Alami Pria

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun ungu memiliki efek negatif dalam pembentukan sperma. Senyawa yang terkandung dalam daun ungu diketahui dapat menurunkan kualitas sperma, motilitas, dan morfologi atau strukturnya. Namun, para peneliti masih terus melakukan pengkajian untuk memahami mekanisme yang terlibat serta efek spesifiknya.

Demikian tadi ulasan tentang manfaat daun ungu untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Guna memperoleh efek yang optimal dari obat herbal ini, upayakan memperhatikan cara serta takarannya. Tidak ada salahnya berkonsultasi dengan para ahli sebelum mencoba menggunakannya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas