Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

7 Jenis Tanaman Indoor Bikin Ruangan Terasa Lebih Sejuk Saat Cuaca Panas

1298
×

7 Jenis Tanaman Indoor Bikin Ruangan Terasa Lebih Sejuk Saat Cuaca Panas

Sebarkan artikel ini
tanaman hias buat rumah sejuk
Sumber: theselfsufficientliving.com

Jenis Tanaman Indoor Bikin Ruangan Terasa Sejuk – Saat ini, Indonesia sedang menghadapi sebuah fenomena cuaca panas yang mencapai suhu hingga 36°C di beberapa daerah. Penggunaan Air Conditioner (AC) tentu menjadi salah satu solusi untuk mengatasi suhu panas di Indonesia.

Namun, tidak semua rumah bisa memiliki AC untuk mendapatkan udara sejuk. Tidak melulu harus memakai AC dan kipas angin, ternyata ada alternatif lain yang bisa memberikan kesejukkan di dalam rumah, loh.

Baca juga: Selain Cantik, 7 Tanaman Hias Ini Efektif Usir Debu Bandel di Rumah

Selain membuka jendela, kamu bisa juga meletakkan tanaman hias di dalam sudut rumah. Tanaman hias bisa menghasilkan oksigen segar melalui proses fotosintesis setiap harinya. Jadi, tidak perlu menggunakan elektronik mahal, deh.

Lalu, Apa Saja Jenis Tanaman Hias yang Bikin Rumah Sejuk?

Untuk menghadapi cuaca panas, berikut ini kami akan punya beberapa rekomendasi tanaman hias yang buat rumah jadi lebih sejuk.

1. Lidah Mertua

Tanaman hias yang buat rumah sejuk yang pertama adalah tanaman lidah mertua. Beberapa orang sebut sebagai tanaman purba (old century plant) karen abentuk daunnya yang tegak serupa lidah.

Lidah mertua biasanya akan melepaskan oksigen di malam hari dan banyak menjadi hiasan di dalam kamar tidur. Tanaman ini juga bisa menyerap racun yang terdapat dalam partikel udara, loh. Cocok sekali menjadi alat pembersih udara alami.

2. Pohon Palem

Pohon palem pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tanaman hias ini bisa membuat dekorasi ruangan terlihat lebih mewah. Bahkan, ada juga yang menggunakan pohon palem sebagai sekat ruang.

Selain menjadi hiasan, pohon palem juga bisa menurunkan suhu di dalam ruangan. Soalnya, daun dari tanaman ini mengeluarkan oksigen lebih banyak daripada tanaman lainnya, loh.

Baca Juga:  5 Manfaat Daun Pecah Beling Bagi Kesehatan Tubuh, Dapat Mengobati Luka Hingga Penyakit Kronis

3. Pakis

Jenis tanaman hias yang bisa buat rumah sejuk berikutnya adalah tanaman pakis atau tanaman paku-pakuan. Tanaman ini sering menjadi hiasan di area indoor. Biasanya, tanaman pakis mencapai tinggi 40-90 cm.

Sama seperti tanaman lainnya, pakis juga bisa menyaring kotoran di udara untuk melepaskan udara segar. Selain itu, tanaman pakis mampu meningkatkan kelembaban udara secara alami.

4. Lidah Buaya

Banyak orang sudah mengetahui betapa kayanya manfaat lidah buaya. Selain bisa mengobati beberapa jenis penyakit, tanaman ini juga bisa menjadi alat untuk mempercantik kulit, loh.

Ternyata, lidah buaya pun bisa menjadi alternatif alami untuk menyejukkan rumah. Selain itu, warna hijau daunnya bisa memberikan ketenangan dan kenyaman di dalam rumah.

5. Sirih gading

Sirih gading terkenal mampu membersihkan udara. Daunnya yang berwarna hijau bisa menghilangkan racun di udara, seperti xilenabenzena, karbon dioksida, dan formaldehid.

Perawatan tanaman hias ini juga cukup mudah. Kamu tidak perlu menyiramnya terlalu sering dan cukup pastikan sirih gading mendapatkan cahaya matahari langsung.

Karena tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat, kamu perlu meletakkan tanaman di tempat yang cukup luas.

6. English Ivy

English Ivy atau daun ivy adalah tanaman hias yang merabat dan punya bentuk daun cukup unik. Tanaman ini dipercaya mampu menghilangkan racun dalam tubuh dan mengurangi alergi.

Selain kaya manfaat bagi kesehatan, tanaman ini juga bisa menghasilkan udara sejuk di dalam ruangan, loh.

7. Aglaonema

Aglaonema juga menjadi salah satu tanaman hias yang bisa membuat rumah sejuk. Memiliki bentuk daun yang indah, tanaman ini bisa sering dijadikan hiasan rumah.

Perawatan Aglaonema pun cukup mudah karena hanya membutuhkan air yang sedan dan cahaya matahari yang rendah.

Baca Juga:  Review 8 Manfaat Akar Bajakah untuk Kesehatan Tubuh

Nah, itu tadi beberapa jenis tanaman hias yang bisa membuat rumah sejuk. Jadi, kamu bisa mencoba merawat tanaman hias tersebut di rumah. Semoga Bermanfaat ya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas