Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

7 Cara Menghilangkan Noise Audio Melalui Aplikasi dengan AI, Cepat dan Gratis!

178
×

7 Cara Menghilangkan Noise Audio Melalui Aplikasi dengan AI, Cepat dan Gratis!

Sebarkan artikel ini
noise

Cara Menghilangkan Noise Audio Melalui Aplikasi dengan AI – Anda pasti pernah mendengar yang namanya fitur noise cancelling pada headset, TWS, headphone, hingga microphone yang dijual di pasaran. Seperti yang diketahui, noise audio adalah suara yang tidak diinginkan atau gangguan yang hadir dalam sinyal audio.

Noise ini bisa berasal dari berbagai sumber dan dapat merusak kualitas rekaman atau reproduksi audio. Lalu bagaimana cara menghilangkan noise?

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Microphone Laptop Tidak Berfungsi, Dijamin Ampuh!

Cara Menghilangkan Noise

Untuk mengurangi atau menghilangkan noise audio, produser atau editor audio menggunakan berbagai teknik pengolahan suara seperti penggunaan perangkat noise gate, penghapusan noise dengan algoritma khusus, atau bahkan merekam ulang jika memungkinkan. Namun, saat ini sudah banyak aplikasi noise reducer yang bisa Anda coba. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. AI Adobe Enhance Podcast

AI satu ini mampu memperbaiki kualitas audio pengguna dengan menghilangkan bising dan mempertajam ucapan kata artikulasi di audio. Dikembangkan oleh Adobe Podcast dan tersedia secara gratis untuk dinikmati pengguna umum.

Tidak perlu mengunduh aplikasi, cukup buka situs resmi Adobe Enchance dan upload rekaman audio yang ingin dihilangkan noisenya.

2. Reduce Noise in Audio

Aplikasi Reduce Noise in Audio adalah solusi praktis untuk mengurangi noise pada file audio atau video. Meskipun lebih dioptimalkan untuk file audio, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk video.

Dengan fitur pemangkasan audio dan konverter audio, aplikasi ini mendukung berbagai format file dan bahkan memungkinkan perekaman suara langsung. Menariknya, semua fitur tersebut dapat dinikmati secara gratis.

3. Audacity

Audacity adalah perangkat lunak pengurangan noise gratis, open-source, dan lintas platform yang mudah digunakan dan ideal untuk pengeditan audio dasar. Fiturnya termasuk pengurangan noise otomatis dan kemampuan pratinjau sebelum menyimpan perubahan.

Meskipun gratis, Audacity memiliki beberapa kelemahan seperti potensi masalah saat digunakan dan hasil rekaman yang mungkin kurang berkualitas dibandingkan dengan perangkat berbayar. Namun, sebagai alat pembelajaran, Audacity memberikan pengalaman yang berharga dalam pengeditan audio bagi pemula.

4. Lexis Audio Editor

Lexis Audio Editor adalah aplikasi penghilang noise terbaik untuk smartphone Android yang dapat digunakan secara gratis. Aplikasi ini memiliki fitur editor pengurangan noise otomatis dan memungkinkan pengeditan file audio dengan beragam fitur unggulan seperti pengeditan audio terperinci, tempo, kecepatan, kompresor, dan penyesuaian nada.

Aplikasi ini juga dapat membantu menghilangkan suara bising pada video dengan langkah-langkah yang mudah, seperti menggunakan fitur Noise Reduction. Pengguna dapat melakukan penyesuaian dan pengujian sebelum menyimpan hasil akhir.

5. Super Sound

Super Sound adalah aplikasi serba guna untuk mengedit audio yang juga dapat digunakan untuk menghilangkan noise. Dengan fitur penghilang noise otomatis, pengguna dapat dengan mudah mendapatkan suara yang lebih jernih dan jelas. Jika perlu, hasilnya dapat disesuaikan secara manual sesuai keinginan.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur lain secara gratis, termasuk editing audio dan video, konversi audio dan video ke MP3, pengubahan suara, dan menghapus vokal. Tampilannya sederhana dengan berbagai pilihan kategori pengeditan suara yang mudah dipilih oleh pengguna.

6. AndroSound Audio Editor

AndroSound Audio Editor adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna dengan mudah menghilangkan suara mengganggu dari hasil rekaman audio dan video. Dengan fitur noise reduction yang mudah diaktifkan, pengguna dapat langsung merekam suara dan melihat perbedaan hasil rekaman yang lebih baik.

Aplikasi ini mendukung berbagai format audio dan video seperti MP3, ACC, FLAC, dan WAV. Selain itu, fitur utamanya meliputi ekstraksi audio dari video, penambahan efek echo, perubahan tempo audio, penggabungan audio, dan kemampuan merekam audio.

7. Accusonus Era Bundle

Aplikasi satu ini cocok digunakan untuk mengurangi noise pada Windows dan Mac. Sudah dilengkapi dnegan plugin pengurangan noise yang mampu menghilangkan suara buruk dalam rekaman audio dengan mudah seperti suara AC, kipas angin, dan lainnya.

Fitur penghapus reverb memungkinkan untuk memperbaiki audio yang terdengar terlalu gema, pengatur level suara untuk menyelaraskan suara secara otomatis, dan de-esser untuk menyamarkan konsonan sibilan dalam rekaman audio.

Itulah deretan cara menghilangkan noise pada audio yang bisa Anda coba. Nah, agar mengedit audio tidak susah, tidak ada salahnya untuk menggunakan perangkat rekaman yang sudah memiliki fitur noise cancelling seperti clip on atau microphone terbaik dari Saramonic dan JETE.

Home
Adv
Kontak
Cari
Ke Atas