Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

6 Cara Mengatasi Microphone Laptop Tidak Berfungsi, Dijamin Ampuh!

339
×

6 Cara Mengatasi Microphone Laptop Tidak Berfungsi, Dijamin Ampuh!

Sebarkan artikel ini
microphone laptop

Cara Mengatasi Microphone Laptop Tidak Berfungsi – Laptop merupakan sebuah perangkat yang bisa dibilang multifungsi. Bagaimana tidak, hanya dengan benda tipis dan ringkas satu ini, banyak keperluan bisa dikerjakan. Mulai dari menyelesaikan pekerjaan, mencari informasi, hingga mendapat hiburan bisa dilakukan dengan mudah.

Namun selayaknya barang buatan manusia, tentu laptop bukan barang yang sempurna. Tetap saja terdapat banyak kesalahan dan error pada perangkat ini. Salah satu kesalahan yang biasa terjadi pada laptop adalah kerusakan di bagian microphone.

Penyebab dari kerusakan microphone sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti salah penggunaan, pengoperasian yang terlalu sering, atau memang umur yang sudah lawas.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Indikator Laptop Tidak Menyala, Tetapi Lampu Power Hidup

Kerusakan microphone laptop tentu menjadi hal penting yang perlu segera diatasi. Pasalnya, jika microphone laptop mengalami kerusakan, setiap pengguna tidak bisa menggunakan perangkat tersebut dengan maksimal. Namun layaknya sebuah masalah, kerusakan pada microphone laptop tentu bisa diatasi.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut intrik.id telah merangkum dari berbagai sumber cara mengatasi microphone laptop tidak berfungsi.

Penyebab microphone laptop tidak berfungsi

Sebelum mengatasi permasalahan yang ada, terlebih dahulu perlu dikenali sumber dari masalah tersebut. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat microphone laptop tidak berfungsi dengan baik.

Beberapa faktor penyebab kerusakan seperti umur yang sudah lama, pemakaian yang berlebihan, serta perawatan yang kurang tepat menjadi beberapa penyebab kerusakan pada microphone laptop.

Tidak hanya itu, beberapa error seperti pengaturan microphone yang salah serta driver microphone yang sudah lawas atau error juga bisa menyebabkan microphone pada laptop tidak bekerja dengan maksimal.

Baca Juga:  Penyebab Alarm HP Tidak Berfungsi, Ini 4 Cara Mengatasinya

Cara mengatasi microphone laptop tidak berfungsi

Setelah memahami masalah yang bisa mengakibatkan microphone laptop mengalami kerusakan, tentu kurang lengkap jika tidak membahas cara menyelesaikan persoalan tersebut. Pada dasarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi microphone laptop yang tidak berfungsi.

Kamu bisa menggunakan beberapa cara yang tersedia. Untuk membahas cara tersebut, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Periksa pengaturan microphone

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi microphone tidak berfungsi pada laptop adalah memeriksa pengaturan microphone yang dipakai. Ada kemungkinan microphone laptop yang tidak berfungsi disebabkan karena pengaturan yang salah.

Kamu bisa membuka pengaturan yang ada pada microphone untuk mengatasi masalah tersebut. Kamu bisa mengakses Control Panel dan masuk ke bagian Sound untuk membuka beberapa pengaturan microphone yang ada.

2. Periksa pengaturan microphone di aplikasi

Tidak melulu soal pengaturan microphone pada laptop, beberapa aplikasi yang memerlukan perizinan microphone juga perlu diperhatikan. Sering terjadi microphone yang tidak berfungsi dengan baik dikarenakan masalah perizinan.

Pada dasarnya, beberapa aplikasi di laptop memerlukan perizinan microphone agar bisa menangkap suara dengan baik. Kamu hanya perlu mengizinkan microphone yang diperlukan pada setiap aplikasi di laptop.

3. Jalankan Troubleshooter

Pada dasarnya Troubleshooter merupakan salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada laptop. Dengan cara ini, kamu juga bisa mengetahui masalah pada microphone laptop kamu.

Untuk menggunakan Troubleshooter pada laptop, kamu bisa klik Start > Control Panel > Troubleshooting > Hardware and Sound > Recording > Next lalu tunggu prosesnya selesai. Jika laptop kamu mengalami kerusakan, Troubleshooter akan mendeteksi masalah yang ada.

Baca Juga:  Laptop Lemot? Inilah 4 Penyebab Utama Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

4. Periksa kerusakan fisik

Tidak melulu soal masalah software, microphone laptop yang sudah lama beroperasi mungkin meminta segera dipurnatugaskan. kamu perlu mengetahui barangkali microphone laptop yang tidak berfungsi disebabkan oleh hardware yang telah rusak. Tidak ada cara lain, kamu hanya bisa memperbaikinya atau mengganti dengan yang baru.

5. Pastikan mikrofon sebagai default

Anda mungkin sebelumnya sempat menggunakan mikrofon lain atau headset saat memakai laptop. Jika demikian, Windows mungkin menyetel mikrofon lain sebagai default.

Cara untuk mengubah mikrofon menjadi default adalah dengan buka Control Panel, klik Hardware and Sound, klik Sound, klik Recording, lalu klik microphone dan klik Set Default.

6. Mikrofon eksternal

Cabut dan pasang kembali jika Anda menggunakan mikrofon eksternal. Laptop dirancang untuk secara otomatis beralih antara mikrofon internal dan perangkat keras eksternal saat dicolokkan.

Jika tidak berhasil, cobalah untuk mencolokkan mikrofon eksternal dan cabut stekernya untuk menggunakan perangkat keras internal. Hal itu membuat perangkat lunak beralih ke mikrofon yang ingin digunakan.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas