Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

7 Cara Mengatasi Screenshot Tidak Muncul di Galeri, Ketahui Solusi Efektifnya

2013
×

7 Cara Mengatasi Screenshot Tidak Muncul di Galeri, Ketahui Solusi Efektifnya

Sebarkan artikel ini
Screenshot

Cara Mengatasi Screenshot Tidak Muncul di Galeri – Screenshot tidak muncul di galeri akan membuat kesal pengguna. Pasalnya, pengguna terkadang mengalami masalah screenshot yang tidak muncul di galeri. Jika benar terjadi, pengguna perlu segera mencari tahu tutoriah HP yang tepat atau solusinya.

Padahal, screenshot menjadi cara yang umum saat akan menyimpan momen penting. Untuk menggunakan fitur tersebut, banyak cara yang bisa pengguna pakai. Biasanya setiap model HP akan memiliki metode berbeda-beda.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian, Ketahui Penyebab dan Solusinya

Namun, terkadang muncul masalah tidak bisa menyimpan screenshot tersebut. Masalah tersebut yang akan menghambat pengguna dalam menyimpan kenangan atau informasi penting. Sehingga perlu mengatasinya agar tidak menghambat setiap aktivitas.

Screenshot Tidak Muncul di Galeri, Ketahui Cara Mengatasinya

Salah satu hal yang cukup membuat kesal pengguna saat mengecek screenshot, namun ternyata tidak tersimpan. Sehingga pengguna perlu mengulang momen yang seharusnya Anda abadikan.

Mungkin sebagian pengguna pernah mengalami hal serupa. Padahal sebelumnya yakin bahwa telah melakukan tangkap layar. Selain itu, juga muncul notifikasi bahwa tangkap layar atau screenshot berhasil Anda ambil.

Namun setelah mengeceknya kembali tidak muncul di galeri. Masalah kecil tersebut menjadi sebuah hal yang cukup menjengkelkan.

Oleh karena itu, Anda perlu mencari solusi cepat serta efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Adapun cara mengatasi screenshot tidak muncul di galeri, sebagai berikut.

Hapus File yang Tidak Penting

Jika penyimpanan internal sudah penuh, kemungkinan akan menghambat kemampuan perangkat dalam menyimpan screenshot baru. Sehingga Anda perlu menghapus file-file yang tidak penting.

Selain itu, juga bisa menggunakan aplikasi pembersih bawaan saat akan membersihkan penyimpanan perangkat. Sebaiknya memeriksa kapasitas memori, cukup untuk menyimpan screenshot atau tidak.

Baca Juga:  2 Penyebab Tombol Volume HP Lepas, Ketahui Cara Mengatasinya

Reboot HP Anda

Jika screenshot tidak muncul di galeri, maka pengguna bisa mencoba melakukan reboot HP. Rebooting atau me-restart HP bisa membantu mengatasi masalah sementara yang terjadi pada perangkat Anda.

Sehingga perlu mematikan HP dan biarkan beberapa saat. Kemudian, bisa hidupkan kembali perangkat tersebut. Langkah ini akan membantu menyegarkan perangkat serta memungkinkan Anda mengambil screenshot tanpa ada masalah.

Matikan Perekam Layar

Salah satu cara mengatasi screenshot yang tidak tersimpan yakni mematikan perekam layar. Jika tengah menggunakan perekam layar maupun aplikasi yang lainnya, berhubungan pengambilan screenshot, maka perlu terlebih dahulu mematikan aplikasi tersebut.

Pasalnya beberapa aplikasi perekam layar bisa mengganggu kemampuan perangkat saat melakukan screenshot. Pastikan bahwa aplikasi perekam layar Anda matikan, kemudian coba kembali melakukan screenshot.

Penyebabnya

Pada beberapa kasus, masalah screenshot yang tidak bisa tersimpan di galeri terjadi karena beberapa masalah. Bahkan ada hal yang lebih kompleks, seperti masalah software atau konflik aplikasinya. Adapun beberapa penyebabnya untuk Anda kenali, sebagai berikut:

Gagal Melakukan Tangkap Layar

Salah satu penyebab screenshot yang tidak bisa tersimpan yakni human error atau kesalahan sendiri. Misalnya Anda terburu-buru dan menekan tombol yang salah.

Sehingga proses tangkap layar tersebut tidak bekerja. Kemungkinan lain yang paling sering terjadi, layar pada perangkat Anda sudah pindah halaman serta tampilan layar tersimpan berbeda.

Menghapus Pemberitahuan Screenshot pada Notifikasi Bar

Penyebab screenshot tidak muncul di galeri berikutnya yakni saat terlalu cepat menghapus pemberitahuan screenshot telah Anda ambil yang ada pada notifikasi bar.

Perlu Anda ketahui setelah melakukan screenshot tentu akan muncul pemberitahuan bahwa tangkap layar berhasil. Biasanya Anda akan segera menghapus notifikasi yang muncul.

Baca Juga:  4 Cara Mudah Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bisa di Klik pada Laptop

Anda segera menghapus pemberitahuan jika tangkap layar tersebut berhasil dari notifikasi bar. Sebab, proses penyimpanannya belum berhasil, maka screenshot menjadi gagal tersimpan.

Efek Penyimpanan Penuh

Penyebab lainnya kemungkinan karena efek ruang penyimpanan telepon maupun penyimpanan internal penuh. Semua hasil screenshot akan tersimpan dalam memori telepon jika Anda belum memasang kartu SD. Setelah menambahkan kartu SD, maka akan tersimpan dalam kartu SD.

Masalah screenshot yang tidak tersimpan di perangkat bisa diatasi cukup mudah. Anda perlu menghapus file-file yang tidak penting jika penyimpanan internal sudah penuh.

Namun, jika masih gagal, pengguna bisa mencoba atasi screenshot yang tidak tersimpan dengan melakukan reboot HP. Bahkan, solusi terakhirnya bisa mencari bantuan dari sumber yang lebih ahli.

Screenshot tidak muncul di galeri perlu Anda kenali penyebab dan solusinya. Pastikan mengikuti beberapa langkahnya hingga masalah bisa teratasi.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas