Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Tips Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian, Ketahui Penyebab dan Solusinya

1533
×

5 Tips Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian, Ketahui Penyebab dan Solusinya

Sebarkan artikel ini
Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Tips Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh – Layar HP tidak bisa disentuh sebagian sangat mengganggu. Tentunya ada penyebab dari layar HP yang sebagian tidak bisa disentuh ini. Kondisi layar HP seperti ini tidak bisa Anda biarkan begitu saja.

Pada smartphone layar sentuh, tentunya layar menjadi hal bagian yang paling penting. Melalui layar kita dapat mengoperasikan semua fitur di dalam HP.

Tentu saja jika terdapat masalah pada layar akan sangat mengganggu. Apalagi jika masalah layar HP tersebut tidak dapat tersentuh.

Baca juga: Inilah 6 Cara Mengatasi Layar HP Ungu Lengkap Dengan Penyebabnya, Anti Gagal!

Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian, Penyebab dan Cara Mengatasi

Layar HP yang tidak dapat Anda sentuh sebenarnya bukan masalah baru. Seringkali masalah seperti ini terjadi. Arti layar yang tidak dapat tersentuh sebenarnya adalah layar yang tidak merespon.

Anda tidak dapat menyentuh bagian layar karena bermasalah. Jika hanya sebagian kecil saja mungkin tidak masalah, tetapi jika sampai setengah tentunya sangat mengganggu.

Penggunaan HP pasti akan menjadi terhambat. Jika Anda merasakan hal tersebut, maka sebaiknya segera coba perbaiki layar tersebut.

Penyebab Layar HP Tidak Berfungsi Sebagian

Tentu saja layar HP yang rusak, terutama dalam skala yang sangat parah hingga layar tidak berfungsi itu tidak terjadi secara tiba-tiba.

Pasti ada penyebab dari masalah yang satu ini. Penyebab layar bermasalah hingga tidak berfungsi ini bahkan terdengar cukup sepele.

Biasanya layar sampai tidak berfungsi setengah bisa karena HP terlalu sering jatuh. Kemungkinan lainnya adalah HP yang terkena air.

Air yang ada di dalam HP akan membuat keadaan layar lembab dan akhirnya rusak. Selain air, HP yang terkena benda berat juga rentan mengalami kerusakan layar.

HP yang terlalu panas juga bisa membuat kinerja tidak normal. Sementara itu, umur HP yang sudah terlalu lama juga terbukti bisa membuat layar HP tidak bisa disentuh sebagian.

Tips Mengatasi Layar HP Tidak Berfungsi

Ketika HP Anda mengalami masalah ini, sebaiknya segera Anda atasi. Berikut beberapa pilihan cara yang dapat Anda lakukan.

1. Matikan HP

Ketika sebagian layar HP tidak dapat Anda sentuh, maka pilihan cara pertama untuk mengatasinya adalah dengan mematikan perangkat terlebih dahulu.

Umumnya temperatur HP bisa mempengaruhi layar HP tidak bisa disentuh sebagian ini. Oleh karena itu, Anda perlu mematikan HP terlebih dahulu jika suhu terlalu panas.

Matikan HP hingga suhu mulai membaik. Setelah suhu normal, baru Anda bisa menyalakannya kembali.

2. Tekan-Tekan Layar

Menekan-nekan area layar HP juga bisa menjadi salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi layar HP yang sebagian tidak berfungsi.

Tujuan dari menekan layar HP untuk memperbaiki layar yang kemungkinan saja longgar. Layar yang longgar dapat menyebabkan bagian tersebut tidak berfungsi dengan baik.

Anda tidak perlu menekan layar terlalu kencang, karena justru bisa tambah merusak komponennya.

3. Melepas Tempered Glass

Jika tempered glass Anda terlalu tebal atau sudah rusak, salah satu dampaknya adalah layar HP yang tidak berfungsi. Kehadiran tempered glass tersebut membuat respon sentuhan berkurang.

Itulah kenapa, Anda perlu melepas tempered glass tersebut. Bersihkan layar dan Anda baru bisa mengganti tempered glass dengan yang baru.

4. Membersihkan Konektor Touchscreen dengan Thinner

Konektor touchscreen adalah bagian HP yang berfungsi untuk menghubungkan layar dengan komponen lainnya.

Kalau ada masalah di konektor touchscreen, misalnya kotor, maka akan menimbulkan masalah pada pemakaian. Bahkan konektor yang kotor bisa menyebabkan layar HP tidak bisa disentuh sebagian.

Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan thinner atau cairan IPA (Iso Propanol Alcohol) dengan kain halus. Namun, Anda perlu bisa membongkar HP untuk melakukan cara ini.

5. Mengganti Touchscreen

Jika sudah semakin parah, akan lebih baik jika Anda langsung mengganti touchscreen HP ke yang baru. Anda bisa membawa HP tersebut ke pusat service untuk menggantinya.

Apabila masalah ini terjadi pada HP yang tergolong baru Anda beli dan masih ada garansi, maka bisa klaim garansi tersebut sehingga tidak perlu mengeluarkan uang untuk membenarkannya.

Anda bisa mencegah layar HP tidak bisa disentuh sebagian dengan menggunakan HP secara hati-hati. Jika sebagian layar tidak berfungsi, segera lakukan beberapa pilihan cara di atas agar HP bisa kembali berfungsi dengan normal.