Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

6 Cara Ampuh untuk Mempercepat Koneksi Internet di Android, Browsing Semakin Lancar!

207
×

6 Cara Ampuh untuk Mempercepat Koneksi Internet di Android, Browsing Semakin Lancar!

Sebarkan artikel ini
mempercepat koneksi internet

Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet di Android – HP Android tanpa koneksi internet mirip seperti benda tidak berguna. Harus diakui memang, banyak aktivitas di HP yang membutuhkan sambungan internet, seperti membuka media sosial, berbalas pesan di WhatsApp, atau mendengarkan musik di Spotify.

Rasanya sangat menjengkelkan bila koneksi internet di HP Android tidak stabil. Padahal, kamu harus segera membalas pesan atau mencari informasi penting.

Baca juga: 5 Cara Hemat Data Internet Buat Pengeluaran Lebih Irit, Langsung Coba Sekarang!

Eits, tapi gak perlu risau lagi, karena cara mempercepat koneksi internet di Android ini bisa kamu coba. Simak tutorialnya, ya.

Penyebab koneksi internet di Android lemot

Cara mempercepat koneksi internet di Android sebenarnya sesuai penyebabnya. Kamu harus tahu penyebab koneksi internet tiba-tiba memburuk. Setelah menemukan akar penyebabnya, baru atasi dengan cara tepat.

Nah, penyebab koneksi internet di HP lemot pun bermacam-macam, bukan sekadar jaringan buruk, ya. Dilansir Gotechtor, berikut beberapa penyebab yang harus kamu perhatikan:

  • Jaringan internet bermasalah

Kecepatan internet akan menurun jika jaringannya tidak stabil karena mungkin terjadi gangguan. Ini menjadi penyebab utama yang kerap membuat internet HP Android lemot.

  • Cache browser menumpuk

Browser memang akan lebih tangkas dan intuitif dengan adanya cache. Akan tetapi, cache yang menumpuk juga bisa memperlambat kinerja browser. Akibatnya, aktivitas di HP yang menggunakan internet terasa lama.

  • Pengaturan jaringan di HP

Pengaturan HP memang wajar, terutama bila ada pembaruan. Namun, perubahan tersebut dapat menurunkan kecepatan internet. Untuk itu, harus ada tindakan lebih lanjut untuk mengatasinya.

  • Usia HP yang sudah tua

HP yang sudah bertahun-tahun digunakan, kemungkinan besar performanya pun sudah tidak optimal. Salah satunya saat digunakan untuk aktivitas yang membutuhkan internet.  Bisa jadi HP sudah tidak mumpuni untuk browsing informasi.

Tips Agar Koneksi Internet di Android Lancar

Apabila mulai merasakan koneksi internet di HP Android tidak lagi suportif, coba lakukan cara penanganan di bawah ini, ya.

1. Bersihkan cache secara rutin

Cache adalah ruang yang menyimpan data sementara. Fungsinya, untuk membantu mempercepat proses loading pada HP.

Sayangnya, cache dapat menghambat kinerja HP, termasuk mengganggu proses browsing. Cache dapat memakan banyak ruang penyimpanan di HP. Sehingga, penggunaan koneksi internet pun bisa berdampak kurang lancar.

Oleh sebab itu, kamu harus rajin membersihkan cache di browser atau memori internal. Lalukan pembersihan secara manual atau mengunduh aplikasi pembersih. Setelah itu, coba gunakan HP lagi untuk memastikan koneksi internet sudah atau belum membaik.

2. Restart HP

Cara mempercepat koneksi internet di Android selanjutnya, dengan me-restart HP. Sehingga, HP dapat melakukan pengaturan jaringan ulang.

Dengan cara ini, data di ponsel tetap aman kok. Kamu gak perlu cemas bila data HP akan terhapus.

Me-restart bisa dibilang cara HP untuk ‘menyegarkan diri’ lagi agar bisa performanya meningkat, termasuk performa browsing.

3. Hapus aplikasi yang jarang dipakai

Salah satu alasan masuk akal koneksi internet di HP lemot adalah banyaknya aplikasi yang tidak terlalu sering dipakai. Sebaiknya, hapus aplikasi-aplikasi tersebut sebagai cara mempercepat koneksi internet di Android.

Jika opsi menghapus aplikasi terlalu berat hati dilakukan, pilih opsi menonaktifkan penggunaan data latar belakang agar aplikasi menghabiskan lebih sedikit bandwidth.

4. Update sistem operasi Android

Sistem operasi (Operating System/OS) Android bisa kedaluwarsa, lho. Ini bisa jadi menyebabkan koneksi internet melambat. Cara mempercepat koneksi internet di Android adalah dengan meng-update sistem operasi HP.

Cara update-nya sangat gampang kok. Cek langkah-langkahnya berikut:

  1. Buka fitur ‘Settings/Pengaturan’ di HP
  2. Pilih ‘Tentang Telepon’
  3. Klik ‘Versi MIUI’> klik ‘Update OS’
  4. Tunggu hingga sistem terunduh dan proses instalasi selesai.

5. Nonaktifkan pembaruan aplikasi

Aplikasi akan terus melakukan pembaruan sesuai dengan update dari penyedia aplikasinya. Ini ternyata bisa menyebabkan kecepatan internet menurun.

Sebaiknya, nonaktifkan pembaruan aplikasi secara otomatis. Ini cara mempercepat koneksi internet di Android yang bisa kamu coba. Alih-alih otomatis, lakukan update aplikasi secara manual.

6. Periksa jaringan internet Android

Umumnya, HP Android mendapatkan jaringan internet lewat WiFi atau data kuota. Apabila jaringan mulai lemot, coba cek kestabilan jaringan WiFi.

Tak jarang, jaringan ini juga bermasalah atau mengalami gangguan. Sehingga, internet berjalan lambat. Jika menggunakan data kuota, cek apakah kuotanya masih mencukupi. Biasanya, data kuota yang menipis akan memengaruhi koneksi internet juga.

Pastikan kuotanya masih banyak, ya. Kalau habis, belikan kuota internet lagi.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas