Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Cara Mengatasi Tombol Back Android Tidak Berfungsi Tanpa Service, Dijamin Berhasil!

918
×

5 Cara Mengatasi Tombol Back Android Tidak Berfungsi Tanpa Service, Dijamin Berhasil!

Sebarkan artikel ini
Tombol Back Android

Cara Mengatasi Tombol Back Android Tidak Berfungsi – Mengatasi tombol back android tidak berfungsi pada layar sangat mudah. Tombol back Android yang tidak berfungsi menjadi masalah. Anda sebenarnya bisa mengatasinya dengan tips HP yang mudah dan cepat.

Ponsel pintar atau smartphone saat ini sebagian besar sudah berbentuk full touch screen. Artinya, hampir tidak ada tombol fisik pada layar ponsel.

Baca juga: Inilah 4 Penyebab Layar Android Berubah Warna Hijau, Berikut Solusi Terbaik!

Seiring berjalannya waktu pemakaian, ponsel Anda pasti akan mengalami penurunan kinerja. Salah satu hal yang dapat terjadi adalah tombol kembali atau back yang rusak.

Ketika tombol mengalami kerusakan, maka akan sulit untuk Anda gunakan. Bahkan jika sudah parah, tombol back tidak bisa berfungsi lagi. Tidak perlu khawatir, simak cara mengatasinya di sini!

Cara Mengatasi Tombol Back Android Tidak Berfungsi

Tombol back pada HP Android menjadi komponen yang sangat penting. Meski sudah sudah touchscreen, tetapi kerusakan tombol back ini masih sering terjadi.

Hal ini dapat terjadi karena kerusakan software atau hardware ponsel. Biasanya ini menjadi dampak dari ponsel yang terlalu sering mengalami overheat.

Ketika komponen ini rusak, maka Anda pasti akan merasa tidak nyaman dalam menggunakan ponsel. Sebelum membawanya ke tempat service, Anda bisa melakukan cara perbaikan berikut ini.

1. Unroot Ponsel

Tanpa Anda sadari, sebenarnya root memang seringkali menjadi salah satu penyebab kerusakan pada software ponsel, termasuk tombol back ini.

Jika anda melakukan rooting ponsel beberapa hari sebelum tombol back error, maka bisa jadi itu menjadi penyebab utamanya.

Untuk mengatasi tombol back Android tidak berfungsi, Anda harus melakukan unroot ponsel. Anda membutuhkan aplikasi unroot yang tersedia resmi dan gratis di Google Play Store.

Baca Juga:  6 Cara Buat Filter Bunga Nama Jadi Wallpaper HP, Kreatif Visual Kekinian di TikTok

2. Tutup Seluruh Aplikasi dan Restart

Ketika tombol back Android Anda tidak berfungsi, sebaiknya segera tutup semua aplikasi yang terbuka.

Setelah semua aplikasi tertutup, segera lakukan restart HP. Hal ini bisa menjadi langkah pertolongan pertama ketika tombol back tidak berfungsi. Terdapat cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Pertama adalah pergi ke menu “Setelan” atau “Settings”
  2. Kemudian klik pilihan “Application manager” atau “Manager Aplikasi”.
  3. Carilah aplikasi yang telah berjalan, kemudian ketuk tombol “Berhenti Paksa” atau “Force Stop.

3. Melakukan Kalibrasi

Mengatasi tombol back Android tidak berfungsi juga bisa dengan cara melakukan kalibrasi pada smartphone. Kalibrasi ponsel ini memperbaiki berbagai tombol yang bermasalah, termasuk tombol back. Caranya hanya perlu pergi ke “Pengaturan”.

Setelah itu, pilih menu “Tampilan” dan klik “Kalibrasi Horizontal”. Pilih letak permukaan datar dan juga tap tombol kalibrasi yang tersedia.

Agar masalah tombol back tidak berfungsi terulang kembali, akan lebih baik apabila Anda melakukan kalibrasi ini secara berkala.

4. Melakukan Factory Reset

Factory reset atau reset pabrik juga dapat mengatasi tombol back yang tidak berfungsi. Cara ini sebenarnya tergolong cukup mudah karena semua HP memiliki fiturnya.

Melakukan factory reset dapat membantu perbaikan perangkat agar dapat kembali berfungsi dengan baik karena error yang terjadi. Untuk mengatasi tombol back Android tidak berfungsi, berikut ini cara melakukan factory reset yang benar:

  • Masuk ke menu “Setelan” atau “Settings” pada ponsel.
  • Selanjutnya pilih menu “Backup and Restore” atau “Reset”/
  • Ketuk pilihan “Factory Data Reset” yang tersedia.

Anda hanya perlu menunggu proses factory reset selesai. Cara ini termasuk paling ampuh untuk mengatasi masalah tombol back yang rusak.

Baca Juga:  Inilah 3 Cara Mengunci Aplikasi di HP dengan Mudah, Solusi Menjaga Privasi Lebih Aman

5. Update Sistem Android

Jarang disadari, bisa jadi masalah tombol back Android yang rusak itu terjadi karena bug sistem yang tidak dapat pembaruan. Itulah kenapa, sebenarnya Anda perlu melakukan pembaruan ponsel secara teratur ketika muncul pemberitahuan update sistem

Jika seperti ini, maka Anda perlu memperbarui sistem Android tersebut agar bug pada sistem hilang. Berikut caranya:

  1. Pergi ke menu “Setelan” yang memiliki logo roda gigi.
  2. Cari dan pilih menu “Tentang Ponsel” atau “About Phone”
  3. Klik pilihan “Perbarui Sistem” atau “System Updates”.

Melakukan cara mengatasi tombol back Android tidak berfungsi di atas bisa menjadi solusi utama. Baru apabila masalah tidak teratasi Anda bisa membawanya ke tempat service untuk memperbaikinya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas