Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 4 Penyebab Layar Android Berubah Warna Hijau, Berikut Solusi Terbaik!

1058
×

Inilah 4 Penyebab Layar Android Berubah Warna Hijau, Berikut Solusi Terbaik!

Sebarkan artikel ini
Layar Android Berubah Warna Hijau

Penyebab Layar Android Berubah Warna Hijau – Layar Android berubah warna hijau tentunya mengganggu. Berikut adalah penyebab dan solusi layar HP Android berubah warna menjadi hijau. Pastikan Anda menyimak mengenai pembahasan layar HP yang berubah warna ini

Masalah layar hijau ini mungkin terdengar aneh, namun benar-benar bisa terjadi. Umumnya masalah ini terjadi pada ponsel Android, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada HP iOS. Mungkin Anda sendiri juga pernah atau sedang mengalami masalah satu ini.

Saat layar menjadi hijau, tentunya akan sangat mengganggu ketika kita menggunakannya. Sebab layar HP menjadi tidak bagus dan tidak bisa menampilkan konten dengan jelas. Akibatnya kita tidak bisa melihat gambar maupun tulisan yang ada di dalam layar.

Baca juga: 3 Cara Menampilkan Clipboard Android dengan Aplikasi Google Keyboard, Tampilan Fitur Lebih Menarik

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Android Berubah Warna Hijau

Masalah layar HP ini tentunya tidak bisa terjadi dengan sendirinya, pasti ada penyebabnya. Secara umum terdapat dua penyebabnya yaitu dari segi software dan hardware. Terkadang pembaruan sistem operasi atau restore bisa membuat layar menjadi hijau.

Masalah ini sebenarnya juga cukup sering terjadi pada smartphone Android. Selain pembaruan sistem operasi, bisa juga layar menjadi hijau karena adanya bug. Penyebab tersebut juga bisa terjadi pada pengguna iOS yang menggunakan panel OLED.

Adanya bug tersebut membuat layar menjadi kehijauan dan semakin terlihat saat kecerahan Anda tambah. Jika kesalahan tidak terjadi pada software, maka bisa saja masalahnya terletak pada hardware. Misalnya yaitu karena konektor layar yang tidak terpasang dengan baik pada motherboard.

Jika konektor longgar maka muncul kemungkinan layar Android berubah warna menjadi hijau. Selain itu bisa juga karena adanya kerusakan pada layar HP sendiri. Untuk mengatasi masalah hardware ini tentunya memerlukan cara tersendiri.

Baca Juga:  Review Barbie Flip Phone, HP Lipat HMD dengan Gaya Retro Cek Keunggulannya

Masalah layar yang menjadi hijau ini tentunya tidak bisa Anda biarkan berlama-lama. Sebab, pastinya akan sangat mengganggu dan mengurangi kinerja HP.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi masalah layar ini? Berikut adalah beberapa cara mengatasi layar hijau yang bisa Anda terapkan:

1. Matikan Ponsel Secara Paksa

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya yaitu dengan mematikan ponsel. Anda bisa mematikannya secara paksa dengan menekan tombol power selama 10 detik. Jika HP sudah mati maka biarkan selama beberapa saat.

Setelah itu, maka coba nyalakan HP kembali seperti biasanya. Lihatlah apakah layar masih menampilkan warna hijau atau sudah kembali normal. Jika sekiranya layar masih hijau maka Anda bisa mengulanginya kembali hingga layar normal.

2. Restart HP

Cara mengatasi layar Android berubah warna hijau selanjutnya dengan merestart HP. Seperti yang kita tahu, restart bisa membantu menghilangkan bug atau error. Sehingga dengan merestart maka bug yang menyebabkan layar hijau bisa hilang.

Dengan demikian layar bisa kembali normal seperti sebelumnya, tidak terlihat hijau lagi. Untuk merestart Anda bisa menekan tombol power selama beberapa saat lalu pilih “Mulai Lagi”. Setelah itu maka HP akan mati dan menyala kembali secara otomatis.

3. Reset HP

Selain merestart HP juga bisa mencoba untuk mereset smartphone Anda. Berbeda dengan restart, cara reset ini akan menghilangkan data yang tersimpan dalam ponsel. Sehingga sebelum mereset HP, Anda harus melakukan pencadangan data terlebih dahulu.

Jika tidak maka data baik foto, video, maupun dokumen akan terhapus semua. Untuk mereset HP pertama bukalah menu Setelan atau Pengaturan pada HP.

Kemudian carilah menu “Buat Cadangan & Setel Ulang” lalu akan muncul menu “Mencadangkan & Memulihkan”.

Baca Juga:  Review HP Red Magic 10, Resmi Meluncur Bawa Snapdragon 8 Gen 4

Cara mengatasi layar Android berubah warna hijau berikutnya pilihlah menu “Reset Data Pribadi”. Selanjutnya ponsel akan melakukan proses reset dan HP akan kembali ke setelan pabrik. Ponsel pun akan kembali normal dan warnanya pasti akan kembali normal.

4. Bawa ke Tempat Service

Jika sudah mencoba berbagai cara namun tidak berhasil, Anda bisa membawanya ke tukang service. Sebab bisa saja masalahnya terdapat pada bagian hardware sehingga perlu penanganan sendiri. Karena itu lebih baik jika Anda membawanya ke tempat service HP.

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi layar Android berubah warna hijau. Semoga cara ini bisa membantu bagi Anda yang sedang mengalami masalah layar hijau ini.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas