Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

4 Manfaat Bunga Pepaya, Memiliki Antioksidan Tinggi dan Ampuh Mengontrol Kolesterol

235
×

4 Manfaat Bunga Pepaya, Memiliki Antioksidan Tinggi dan Ampuh Mengontrol Kolesterol

Sebarkan artikel ini
manfaat bunga pepaya

Manfaat Bunga Pepaya – Manfaat bunga pepaya yang melimpah di dunia kesehatan mengejutkan banyak pihak. Selama ini bunga pepaya terkenal dengan rasanya yang pahit, namun ternyata kaya manfaat. Bahkan khasiatnya tak kalah ampuh dari buah pepaya.

Manfaat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan

Anda sudah pernah mencicipi bunga pepaya? Jika pernah, bagaimana rasanya? Pahit bukan? Namun jangan salah sangka. Di balik rasanya yang pahit, ternyata bunga pepaya menyimpan banyak manfaat.

Baca juga: 6 Manfaat Daun Sirih Merah, Sebagai Antiseptik Sampai Mengobati Pneumonia

Bisa kita bilang bahwa rasa pahitnya jadi gerbang kesembuhan berbagai jenis penyakit. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar khasiat bunga pepaya ini pun, bisa Anda ketahui dengan menyimak uraian berikut. Pastikan Anda mencermatinya baik-baik.

1. Mencegah Kanker

Siapapun pasti ingin terhindar dari berbagai jenis penyakit mematikan, tak terkecuali kanker. Untuk mencegah kanker, Anda bisa ambil manfaat bunga pepaya.

Di dalam bunga pepaya ini, Anda bisa temukan antioksidan dan flavonoid yang berperan penting dalam menangkal radikal bebas. Sebagaimana yang kita tahu bahwa radikal bebas menjadi salah satu pemicu kanker.

Selain menangkal radikal bebas, senyawa penting di dalam bunga pepaya tersebut juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Daya tahan tubuh yang baik bisa menjaga Anda dari berbagai jenis penyakit.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari bunga pepaya yaitu menjaga kesehatan jantung. Jantung bisa sehat apabila mengonsumsi bunga pepaya karena mengandung glycosides dan sterol.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa glycosides mampu mengatasi beragam masalah kesehatan jantung. Kemudian untuk kandungan sterol sangat ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol yang ada di tubuh.

Kombinasi kedua bahan tersebut bisa meningkatkan kemampuan jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan demikian, kerja jantung bisa lebih efisien dan optimal.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang melimpah di tubuh bisa memicu penyakit diabetes. Oleh karena itu, sudah seharusnya kadar gula darah dikontrol dengan baik. Adapun salah satu caranya yaitu memanfaatkan bunga pepaya.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda hanya perlu mengolah bunga pepaya jadi teh terlebih dahulu. Teh bunga pepaya mengandung karbohidrat yang lebih rendah daripada teh biasanya. Tak heran apabila teh bunga pepaya sangat disarankan bagi penderita diabetes.

4. Menurunkan Berat Badan

Untuk Anda yang tengah menjalankan program diet sehat, jangan ragu mengonsumsi bunga pepaya. Bunga pepaya terbukti memiliki manfaat dalam menurunkan berat badan. Mengingat bunga pepaya memang minim karbohidrat.

Selama ini kita tahu bahwa karbohidrat yang berlebihan bisa memicu kenaikan berat badan. Apabila dibiarkan saja, bisa menyebabkan obesitas.

Namun dengan Anda mengonsumsi bunga pepaya yang mengandung karbohidrat rendah, program diet pasti berjalan lancar. Hasilnya bisa semakin cepat terlihat apabila Anda mengimbangi dengan rutin berolahraga.

Efek Bunga Pepaya

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa bunga pepaya bisa menimbulkan efek samping berbahaya apabila mengonsumsinya secara berlebihan. Akan tetapi, belum ada penelitian lebih lanjut yang menyebutkan efek sampingnya.

Alih-alih efek negatif, bunga pepaya memberikan dampak positif bagi kesehatan. Di dalam bunga pepaya ada kandungan enzim yang mampu meningkatkan sirkulasi darah di tubuh.

Tips Aman Mengonsumsi Bunga Pepaya

Untuk mendapatkan manfaat bunga pepaya, Anda harus tepat dalam mengonsumsinya. Supaya tidak salah, pastikan Anda tahu apa saja tips aman mengonsumsinya.

Sebagai tipsnya, Anda bisa mencuci bunga pepaya terlebih dahulu dengan air mengalir. Setelah benar-benar bersih, biarkan sampai bunga pepaya tersebut mengering dengan sendirinya.

Saat bunga pepaya sudah kering, Anda bisa menumisnya dengan sedikit minyak. Tumislah sebentar sembari menambahkan bumbu sesuai selera.

Akan tetapi, Anda jangan berlebihan saat menambahkan garam maupun rempah lainnya. Hal ini bertujuan supaya zat gizi yang ada di dalam bunga pepaya tidak rusak.

Meski belum terungkap apa efek samping dari konsumsi bunga pepaya yang terlalu berlebihan, namun Anda tetap harus membatasi porsinya. Sebaiknya konsumsi bunga pepaya secukupnya saja.

Dari review di atas, Anda bisa tahu beragam manfaat bunga pepaya bagi dunia kesehatan. Kandungan gizi melimpah di dalamnya terbukti mampu menyehatkan tubuh. Anda bisa buktikan sendiri khasiatnya dengan mengonsumsi bunga pepaya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas