Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

4 Cara Mudah Mengatasi Status WA Tidak Pecah dan Menjadi HD!

385
×

4 Cara Mudah Mengatasi Status WA Tidak Pecah dan Menjadi HD!

Sebarkan artikel ini
status wa pecah

Cara Mudah Mengatasi Status WA Tidak Pecah – Penyebab status WA pecah perlu para pengguna ketahui. Status WA yang pecah memiliki berbagai penyebab yang umum terjadi. Sudah banyak orang yang tahu bahwa aplikasi WhatsApp memiliki fitur bermanfaat bagi para pengguna yaitu story.

Dalam fitur story ini tentu sangat bermanfaat bagi para pengguna untuk membagikan foto atau video. Namun, terkadang banyak orang yang mengalami masalah ketika mengunggah status WhatsApp.

Baca juga: Inilah WhatsApp Mod APK Download for Labalabi Terbaru 2023

Penyebab Status WA Pecah dan Tips untuk Membuat Jernih

Status WhatsApp akan muncul dalam kurun waktu 24 jam. Nantinya story WA tersebut akan menghilang secara otomatis apabila sudah melewati jangka waktu. Para pengguna hanya bisa membagikan foto dan video dalam status dengan kualitas yang rendah.

Maka dari itu, apabila mengunggah foto atau video dengan kualitas tinggi hasilnya bisa menjadi pecah atau bahkan buram.

Resolusi maksimal dari foto atau video yang bisa pengguna unggah dalam status WhatsApp yaitu 200 KB. Resolusi tersebut tentunya lebih kecil daripada foto atau video yang ponsel Android atau iOS hasilkan. Rata-rata ponsel Android atau iOS menghasilkan foto atau video dengan ukuran 1 MB lebih.

Maka dari itu ketika terpangkas secara otomatis hasil foto atau video tersebut menjadi pecah. Selain itu juga masih terdapat penyebab lain status pada WhatsApp menjadi pecah. Berikut merupakan penyebab status WA pecah dan solusi untuk mengatasinya:

Koneksi Internet Buruk

Koneksi internet yang buruk bisa menjadi salah satu penyebab status WA pecah. Umumnya ketika koneksi internet Anda buruk tentu saat upload story menjadi buram. Koneksi internet yang tidak stabil bisa menyebabkan story WA Anda menjadi pecah.

Maka dari itu, sebelum upload story pastikan bahwa koneksi internet Anda stabil dan lancar. Anda bisa berganti pada jaringan WiFi apabila sedang menggunakan data seluler untuk upload status WhatsApp. Dengan begitu, story WhatsApp Anda bisa menjadi jernih tanpa harus pecah.

File Status Terhapus

Apabila file story WhatsApp terhapus bisa menyebabkan gambar atau video menjadi pecah. Jika file yang Anda buat status tersebut hilang dari penyimpanan tentu kualitas gambar pada story WhatsApp menjadi berkurang. Maka dari itu, sebaiknya jangan hapus file status WhatsApp dari penyimpanan.

Anda bisa menunggu terlebih dahulu supaya status WhatsApp hilang selama 24 jam. Setelah itu, Anda bisa langsung menghapus file status dari penyimpanan. Dengan begitu ketika status WhatsApp masih ada, gambarnya tidak akan pecah atau buram.

Versi WhatsApp

Penyebab story WhatsApp pecah selanjutnya yaitu bisa dari versi WhatsApp. Apabila Anda tidak melakukan update WhatsApp ke versi yang terbaru, bisa memungkinkan status menjadi pecah.

Maka dari itu, pastikan bahwa Anda menggunakan WhatsApp versi terbaru supaya saat membuat status tidak pecah.

Anda bisa langsung cek pada Google Play Store bagi Android dan App Store bagi iPhone. Apabila terdapat pembaruan Anda bisa langsung memperbarui WhatsApp.

Ukuran Foto Terlalu Besar

Ukuran foto yang terlalu besar bisa menjadi penyebab story WhatsApp menjadi pecah. Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa whatsApp akan secara otomatis kompres foto atau video.

WhatsApp otomatis akan mengkompres foto atau video sesuai dengan ketentuan ukuran. Maka dari itu, ukuran foto yang tadinya besar akan berubah menjadi kecil. Sehingga hal tersebut bisa membuat story menjadi pecah.

Tidak perlu khawatir, terdapat solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Anda bisa mengompres foto terlebih dahulu sebelum upload ke story.

Anda bisa menggunakan LitPhoto yang tersedia di Google Play Store atau App Store. Berikut ini merupakan cara kompres foto menggunakan aplikasi LitPhoto:

  1. Langkah pertama download aplikasi edit foto pada Play Store atau App Store terlebih dahulu.
  2. Kemudian lakukan registrasi untuk login.
  3. Setelah itu, buka LitPhoto, lalu pilih menu kompres foto.
  4. Selanjutnya cari foto yang ingin Anda kompres pada galeri smartphone.
  5. Kemudian, klik centang di pojok kanan layar, lalu klik tab size pada menu compression options.
  6. Pastikan Anda memilih size 149 kb, lalu klik kompres.

Nah, itu dia ulasan tentang berbagai penyebab status WA pecah yang bisa Anda ketahui. Banyak orang yang mengalami masalah status WA pecah tetapi, tidak perlu khawatir. Terdapat beberapa solusi yang bisa Anda lakukan supaya status pada WhatsApp tidak pecah lagi.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas