Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

4 Cara Ampuh Mengetahui Akun Google Aman dari Peretas atau Tidak

401
×

4 Cara Ampuh Mengetahui Akun Google Aman dari Peretas atau Tidak

Sebarkan artikel ini
Akun Google

Cara Ampuh Mengetahui Akun Google Aman – Mengetahui akun Google aman dari peretas atau tidak cukup mudah. Berikut kita bahas cara mengetahui akun Google milik kita aman atau tidak. Hal ini tentunya penting demi keamanan akun Google kita sendiri dan mencegah berbagai risiko buruk lainnya.

Akun Google sering kali terhubung dengan berbagai hal lainnya yang sangat penting. Misalnya yaitu terhubung dengan akun keuangan hingga akun berbagai media sosial. Hal tersebut membuat para peretas sering menargetkan akun Google daripada akun lainnya.

Sebab dengan meretas akun Google mereka bisa dengan mudah mendapat berbagai hal. Peretasan akun Google tersebut tentunya juga akan sangat merugikan bagi pada pemiliknya. Apalagi pemilik akun sebenarnya tidak sadar jika akun Google miliknya telah di retas.

Baca juga: Waduh! Google Hapus Gmail 1 Desember, Berikut Cara Agar Email Tak Hilang

Mengetahui Akun Google Aman dari Peretas atau Tidak, Berikut Caranya

Anda banyak cara untuk mengecek apakah akun Google aman dari peretas atau tidak. Anda pun bisa mencobanya demi menjaga keamanan akun Google dan akun lainnya yang terhubung. Berikut adalah beberapa cara mengeceknya yang bisa Anda terapkan dengan mudah:

1. Cek Perangkat Apa Saja yang Login ke Akun Google

Cara pertama yaitu dengan mengecek perangkat apa saja yang login ke akun Google Anda. Pertama bukalah browser melalui perangkat Anda, baik laptop maupun ponsel. Kemudian masuklah ke alamat https://myaccount.google.com/, lalu pada panel navigasi klik Keamanan.

Gulir ke bawah dan temukan panel Perangkat Anda lalu pilihlah menu Kelola Perangkat. Setelah itu Anda bisa melihat perangkat mana saja yang tengah login ke akun Google Anda. Untuk bisa melihatnya lebih detail, Anda juga bisa klik pada perangkat yang ada tersebut.

Untuk mengetahui akun Google aman, lihatlah apakah semua perangkat tersebut benar milik Anda atau bukan. Jika semuanya memang milik Anda artinya akun Google masih aman. Namun jika terdapat perangkat yang tidak Anda ketahui maka bisa jadi akun Anda sedang di hack.

2. Cek Kata Sandi

Peretas mungkin juga akan mengganti kata sandi dari akun Google Anda dengan sandi baru. Tujuannya tentu saja agar ia bisa menguasai akun Google tersebut sepenuhnya.

Karena itu cobalah cek kata sandi akun Google Anda, apakah ada perubahan yang tidak Anda lakukan.

3. Melihat Perangkat yang Logout dari Akun Google

Cara mengetahui akun Google aman atau tidak selanjutnya dengan melihat perangkat yang sudah log out. Caranya yaitu dengan mengunjungi https://myaccount.google.com/. Setelahnya Anda bisa membuka menu “Perangkat yang Anda Gunakan untuk Logout”.

Setelah itu Anda bisa melihat perangkat apa yang Anda gunakan untuk logout dari akun Google dalam 28 hari terakhir. Pastikan semua perangkat milik Anda, bukan milik orang lain. Namun jika terdapat perangkat milik orang lain, artinya ia juga pernah masuk ke akun Google Anda.

Bahkan ia juga bisa keluar masuk ke akun Google milik Anda dengan mudah. Anda pun harus segera mengambil tindakan agar orang tersebut tidak bisa lagi masuk ke akun Google. Misalnya yaitu dengan mengganti password lama menjadi password baru yang lebih rumit.

4. Cara Mengetahui Akun Google Aman atau Tidak dengan Mengecek Email

Untuk mengecek apakah akun Google aman atau tidak, Anda juga bisa mengecek email. Jika seseorang meretas akun Google Anda, mungkin ia juga ingin mengakses akun lain yang terhubung. Misalnya yaitu meretas akun media sosial seperti Instagram maupun akun lainnya.

Peretas mungkin juga akan meminta perubahan sandi agar bisa masuk ke akun sosmed tersebut. Karena itu tentu akan masuk email untuk meminta perubahan kata sandi setiap platform. Jika Anda menerimanya maka bisa menjadi tanda akun Anda telah benar-benar diretas seseorang.

Selain itu peretas mungkin juga akan mengirim email ke beberapa orang untuk suatu tujuan. Anda pun harus memastikan ada atau tidaknya email yang tidak pernah Anda kirim sebelumnya. Hal ini mungkin juga cukup sulit karena peretas bisa saja langsung menghapus emailnya.

Itulah beberapa cara mengetahui akun Google aman dari peretas atau tidak. Untuk memastikan akun tetap aman Anda bisa mencoba beberapa cara untuk melindungi akun Google. Misalnya rutin mengganti password, aktifkan fitur verifikasi 2 langkah dan lain sebagainya.