Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

3 Cara Mengatasi Senter HP Nyala Terus, Inilah Solusi Ampuh Mengatasinya!

3321
×

3 Cara Mengatasi Senter HP Nyala Terus, Inilah Solusi Ampuh Mengatasinya!

Sebarkan artikel ini
senter hp

Cara Mengatasi Senter HP Nyala Terus – Senter HP nyala terus bukan hal yang normal. Ketika senter HP terus menyala, bisa jadi terjadi error. Oleh karena itu, Anda perlu mengatasi masalah pada senter HP Android ini.

Untuk Anda para pengguna ponsel Android, senter menjadi salah satu komponen yang bermanfaat. Keberadaan senter ini pada dasarnya berfungsi sebagai flash kamera ketika berfoto.

Baca juga: Rekomendasi 6 HP Oppo Harga Murah Spek Tinggi untuk Lebaran 2023

Selain itu, keberadaan senter pada HP juga sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya senter menjadi salah satu komponen HP Android yang jarang rusak.

Salah satu jenis kerusakan pada senter yang sering kali terjadi adalah terus menyala dan tidak bisa mati. Bagaimana cara mengatasinya?

Senter HP Nyala Terus Atasi dengan Cara Ini!

Sekarang ini, smartphone banyak memiliki fitur yang menarik. Salah satu fitur yang wajib ada di smartphone Android adalah senter.

Rasanya hampir semua HP Android memiliki senter dengan lampu LED. Senter pada HP ini juga banyak disebut sebagai lampu flash.

Ada banyak kegunaan dari lampu senter di HP, mulai dari untuk menerangkan cahaya ketika berfoto, bisa menjadi notifikasi, dan bahkan menjadi senter untuk membantu menerangi tempat gelap.

Lampu senter pada HP dapat pengguna nyalakan dan matikan. Akan tetapi, apa yang akan terjadi ketika lampu senter justru terus menyala? Ini penyebab sekaligus cara mengatasinya.

1. Adanya Perubahan Pengaturan

Penyebab pertama dari lampu senter HP nyala terus adalah karena sebelumnya Anda mengubah pengaturan yang ada.

Biasanya ini terjadi ketika Anda akan melakukan pengaturan kamera. Anda akan menemukan tombol pengaturan pada lampu senter dan terdiri dari 3 pilihan, mematikan lampu flash, nyala terus, atau membuatnya menyala otomatis.

Ketika senter menyala terus, maka bisa jadi Anda memilih pengaturan “Nyala terus” atau On”. Jika ini terjadi, selesaikan dengan langkah berikut:

  1. Masuk ke dalam menu kamera dan pilih bagian “Pengaturan” atau “Setting”.
  2. Lihat ikon flash yang biasanya memiliki gambar seperti listrik, kemudian klik.
  3. Pilihlah menu menjadi “Off” atau “Otomatis” agar lampu senter tidak menyala terus.

2. Mengalami Error

Penyebab selanjutnya dari flash HP yang tidak mau mati adalah karena mengalami error. Artinya, terjadi kerusakan pada bagian lampu senter tersebut.

Biasanya error ini tidak hanya menyerang lampu senter saja, melainkan bisa menyerang kamera. Salah satu kondisi yang terjadi ketika kamera juga bermasalah adalah keluar dengan sendirinya.

Untuk mengatasi penyebab senter HP nyala terus ini, Anda bisa mencoba untuk kembali ke pengaturan pabrik. Dengan kata lain, Anda perlu mereset HP Android agar kembali seperti baru lagi.

Namun begitu, Anda tetapi harus ingat dan memastikan bahwa seluruh data di dalam ponsel sudah di backup. Sebab, reset pabrik akan menghapus seluruh data terkini pada ponsel. Jadi, semua data, bahkan yang penting sekalipun, bisa saja terhapus.

3. Terjadi Konsleting pada Keypad

Selain dua penyebab di atas, alasan kenapa senter HP nyala terus pada Android bisa jadi karena adanya konsleting pada bagian keypad.

Ketika terjadi konsleting pada bagian tersebut, maka HP akan secara otomatis selalu berada di dalam mode aktif. Hal ini sama halnya ketika keypad dalam kondisi Anda tekan secara terus-menerus.

HP akan selalu berada di dalam mode on, termasuk bagian pengaturan senter. Masalah ini akan berakibat pada lampu senter yang mengalami error karena tidak bisa mati.

Untuk mengatasinya, Anda perlu pergi ke pengaturan di bagian kamera lagi. Ubah pengaturan lampu flash dari yang sebelumnya “On” menjadi “Auto” atau “Off”.

Selain itu, Anda juga pelu memperbaiki masalah pada keypad. Anda bisa melakukannya sendiri, tetapi harus memastikan bahwa sudah benar-benar paham dengan komponen tersebut.

Jika Anda memang masih awam dan tidak memahami cara kerja ponsel, sebaiknya perbaiki error atau konslet pada keypad smartphone Android ke tukang service profesional.

Jangan sampai Anda mendiamkan lampu senter yang terus menyala karena akan membuat ponsel menjadi panas. Suhu panas dari senter tersebut nantinya akan memberikan efek buruk pada kamera.

Cobalah untuk memperbaiki senter HP nyala terus  secara mandiri terlebih dahulu. Jika memang merasa tidak mampu, maka baru bawa ke pusat perbaikan.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas